Sukses

Lonjakan Trafik Data di DIY dan Jateng, Begini Persiapan XL Axiata

Dari total sekitar 1,1 juta pelanggan data di DIY, 91 persen merupakan pelanggan data.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jaringan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) telah siap menghadapi lonjakan trafik menjelang mudik dan masa libur panjang Lebaran. Total jaringan 4G XL Axiata di DIY telah menjangkau lebih dari 420 desa/kelurahan, 7 kecamatan, dan 5 kota/kabupaten, sedangkan di Jateng telah menjangkau lebih dari 7.900 desa/kelurahan, 547 kecamatan, dan 35 kota/kabupaten.

Dari total sekitar 1,1 juta pelanggan data di DIY, 91 persen merupakan pelanggan data. Sementara itu pelanggan data di Jateng telah mencapai 93 persen dari total sekitar 6,4 juta pelanggan. Pertumbuhan trafik data dalam dua tahun terakhir telah mencapai 51 persen untuk DIY dan 65 persen untuk Jateng.

Menurut Pj Group Head XL Axiata untuk area DIY dan Jateng, Arif Farhan Budiyanto,sama seperti tahun-tahun sebelumnya, permintaan terhadap layanan data akan mengalami peningkatan yang pesat. Ini terjadi hampir merata di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di provinsi DIY dan Jateng.

“Selain meningkatkan kapasitas, kami pun melakukan optimalisasi jaringan dengan melihat pola mobilitas pelanggan dan masyarakat pada periode libur lebaran yang tidak lama lagi. Kami juga telah memastikan ketersediaan produk unggulan terpilih di seluruh saluran distribusi, khususnya di toko-toko pulsa yang mudah dijangkau masyarakat,” ujarnya dalam siaran pers.

Secara rutin, perusahaan terus meningkatkan kualitas layanan di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di kedua provinsi ini. XL Axiata memperkirakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, peningkatan trafik secara signifikan akan terjadi di beberapa kabupaten seperti Kebumen, dengan perkiraan peningkatan mencapai 61 persen, Purworejo 58 persen, Pemalang 54 persen, Gunungkidul 44 persen, Kulon Progo 34 persen, dan Bantul 21 persen.

Untuk menjamin kemampuan jaringan dalam menampung lonjakan trafik nantinya, sejumlah langkah strategis telah XL Axiata siapkan, antara lain melalui penambahan kapasitas dibandingkan hari normal biasanya, hingga penerapan teknologi baru.

XL Axiata pun menyesuaikan pada tren penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran nantinya. Selain itu, rampungnya pembangunan infrastruktur jalan tol baru yang menghubungkan beberapa ruas di DIY dan Jawa Tengah turut menjadi perhatian perusahaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BTS

Hingga akhir Desember 2022, total BTS di seluruh DIY dan Jateng terdapat lebih dari 15.500 BTS dengan mayoritas BTS 4G. Pembangunan jaringan baru dan fiberisasi akan terus berlanjut di sepanjang tahun 2023 ini dan tahun-tahun ke depannya. Dalam dua tahun terakhir, penambahan BTS 4G oleh XL Axiata di wilayah DIY dan Jateng terus gencar dilakukan, termasuk penambahan yang tersebar antara lain di Bantul sebanyak 235 BTS, Gunung Kidul lebih dari 170 BTS, Kulon Progo sekitar 160 BTS, Kota Semarang sekitar 650 BTS, Banyumas lebih dari 450 BTS, dan Grobogan 385 BTS.

Penambahan ini tentunya disesuaikan dengan tingginya kebutuhan data yang terus meningkat di area tersebut. Beberapa titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan trafik penggunaan layanan data sepanjang libur lebaran adalah Kota Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Tawangmangu, kawasan sekitar Candi Borobudur, Prambanan, pantai-pantai di Gunung Kidul, Pantai Parangtritis, dataran tinggi Dieng, wisata air panas Guci di Tegal, hingga kawasan wisata Batu Raden di Banyumas.

Untuk pusat keramaian, seperti biasanya akan terjadi peningkatan di pusat-pusat ibadah seperti masjid agung, pusat perbelanjaan, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta api, bandara,  hingga sepanjang jalan arteri non tol dan tol yang menghubungkan daerah-daerah di Jawa Tengah dan provinsi besar lainnya.

Pelanggan XL Axiata akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar. Untuk streaming meliputi Youtube, Vidio, dan Spotify. Sementara itu, untuk aplikasi messaging adalah Whatsapp. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini