Sukses

Jangan Sepelekan 7 Kesalahaan Ini Saat Mandi

Mandi memang jadi ritual umum dilakukan banyak orang untuk membersihkan tubuh. Namun saking umumnya, banyak orang tidak menyadari hal-hal kecil yang mungkin dilakukan saat mandi sebagai kesalahan.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi memang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Tapi, ternyata ada banyak kesalahan yang dilakukan dan tidak disadari banyak orang saat mandi.

Kebiasaan apa saja yang dilakukan saat mandi? Secara umum cara mandi kebanyakan orang mungkin membilas tubuh dengan air, menggosok seluruh permukaan kulit dengan sabun mandi, kembali membilas tubuh dengan air sampai semua sisa sabun tidak tersisa di tubuh. 

Pada saat-saat tertentu, sebagian orang mungkin memilih untuk mandi dengan berendam air hangat selama beberapa waktu, dengan busa sabun yang melimpah. Kemudian membilasnya.

Mandi memang jadi ritual umum dilakukan banyak orang untuk membersihkan tubuh. Namun saking umumnya, banyak orang tidak menyadari hal-hal kecil yang mungkin dilakukan saat mandi sebagai kesalahan.

Meski kecil, namun jika kesalahan tersebut dilakukan secara berulang, mungkin akan berdampak besar di kemudian hari. Kira-kira apa saja ya kesalahan yang dilakukan saat mandi?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Kesalahan yang Dilakukan Saat Mandi

1. Menggunakan air yang terlalu panas

Air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kamu, menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal.

2. Menggosok kulit terlalu keras

Menggosok kulit terlalu keras dengan handuk atau spons mandi dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan pelindung alami pada kulit.

4. Menggunakan sabun yang terlalu keras

Sabun yang terlalu keras atau mengandung banyak bahan kimia dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Tidak membilas diri dengan cukup bersih

Jika kamu tidak membilas diri dengan benar setelah menggunakan sabun atau sampo, residu dapat tertinggal pada kulit dan menyebabkan iritasi.

6. Terlalu lama berendam

Berendam dalam air yang terlalu lama dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal, terutama jika airnya terlalu panas.

7. Mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar

Menggosok rambut dengan handuk secara kasar dapat merusak helai rambut dan membuatnya mudah patah.

Itu dia kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi tanpa disadari saat mandi. Untuk menjaga kesehatan kulit, pastikan untuk mengubah kebiasaan mandimu, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.