Sukses

8 Tips Ampuh Menghemat Pengeluaran

Menghemat pengeluaran sekarang bisa dilakukan dengan mudah, lho. Kuncinya hanya disiplin dan membiasakan diri dengan kebiasaan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menghemat pengeluaran sekarang bisa dilakukan dengan mudah, lho. Kuncinya hanya disiplin dan membiasakan diri dengan kebiasaan baru. Seperti apa? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Tidak bisa dipungkiri, menghemat pengeluaran sering terlewatkan akibat berbagai faktor. Salah satunya, kamu tidak punya daftar anggaran yang pasti.

Selain itu, bisa jadi kamu adalah salah satu orang impulsif yang bisa mengeluarkan uang begitu saja, untuk membeli baju. Meski sebenarnya kamu tidak sedang membutuhkan baju atau sepatu baru.

Inilah yang mungkin membuat tabungan kamu tidak terus bertambah setiap bulan. Padahal, jika berhemat kamu bisa menyisihkan sebagian pengeluaran untuk ditabung. 

Tapi jangan khawatir, ada lho tips sederhana supaya kamu bisa menghemat pengeluaran dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Cara Sederhana Menghemat Pengeluaran dengan Mudah

1. Buat anggaran

Buatlah daftar pengeluaran bulanan dan periksa di mana uang kamu habis. 

Daftar anggaran bisa membantu kamu memahami di mana uang kamu hilang sekaligus memungkinkan kamu membuat perubahan daftar pengeluaran.

2. Hindari impulsive buying

Berpikirlah dua kali sebelum membeli barang dan tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan semata.

3. Berbelanja di pasar murah

Belilah barang-barang yang dapat dibeli dengan harga murah, seperti sayuran dan buah-buahan segar, daging, ikan, dan bahan makanan lainnya di pasar tradisional atau supermarket yang menawarkan harga yang lebih murah.

4. Hemat energi 

Matikan lampu dan alat elektronik ketika tidak digunakan. Ini akan membantu menghemat tagihan listrik dan memperpanjang umur peralatan elektronik di rumah atau kostan.

5. Menghindari berhutang

Hindari berhutang kecuali itu sangat penting. Jika kamu harus berhutang, pastikan untuk membayar cicilan tepat waktu.

6. Gunakan voucher dan promosi

Belilah barang saat ada promosi atau voucher yang ditawarkan. Ini akan membantu menghemat uang dan memungkinkan kamu membeli lebih banyak barang dengan uang yang sama.

7. Bawa bekal

Bawa bekal makan siang ke tempat kerja atau kampus daripada membeli makanan di luar. Ini akan membantu menghemat uang dan juga membantu menjaga pola makan yang sehat.

8. Investasikan

Investasikan uang pada instrumen keuangan seperti deposito atau saham. Ini akan membantu uang kamu berkembang dan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran. Pastikan untuk disiplin dan sabar demi memetik hasilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.