Sukses

Jangan Lewatkan 7 Kuliner Ini Saat di Kaliurang

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika tidak menginjakkan kaki di Kaliurang. Selain memiliki banyak tempat wisata menarik, kuliner Kaliurang juga cukup beragam.

Sebagai salah satu daerah wisata, pesona Kaliurang memang tak pernah padam. Selain karena udaranya yang lebih sejuk karena terletak di kaki Gunung Merapi, Kaliurang selalu bisa memikat hati dan juga lidah para pelancong.

Banyak makanan khas yang bisa dijajal di Kaliurang. Soal rasa juga tak perlu diragukan. Apalagi harganya cukup ramah di kantong.

Sama seperti kebanyakan kuliner khas Yogyakarta, kuliner Kaliurang pun bercitarasa manis dan legit, beberapa gurih dan sedikit pedas. Namun pada umumnya, makanan gurih dan manis mendominasi kuliner di daerah yang satu ini.

Beberapa kuliner Kaliurang yang paling banyak dicari adalah aneka wedang, mengingat suhu udara di kaki Gunung Merapi cukup dingin. Hingga makanan manis dan hangat selalu menggoda untuk dinikmati di Kaliurang.

Selain itu ada beberapa kuliner Kaliurang yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Jadi, pastikan untuk mencicipi makanan-makanan berikut ya saat ke Kaliurang.

2 dari 3 halaman

7 Kuliner Kaliurang yang Wajib Dijajal

Kaliurang memiliki banyak tempat wisata menarik, termasuk Museum Ullen Sentalu, TebingĀ  Breksi, dan Hutan Pinus Mangunan Dlingo.

Selain itu, potensi wisata di Kaliurang juga tak lepas dari berbagai makanan khasnya. Makana napa saja yang bisa ditemukan di Kaliurang, berikut ulasannya.

1. Jadah Tempe

Makanan khas yang satu ini merupakan perpaduan dari jadah dan tempe bacem. Jadah merupakan makanan yang dibuat dari ketan bercampur parutan kelapa. Teksturnya kenyal dan rasanya gurih.

Sementara tempe bacem biasanya banyak ditemukan di tempat makan gudeg di Yogyakarta, rasanya legit.

Kedua makanan tersebut ternyata bisa melebur dan menciptakan perpaduan rasa manis dan gurih yang khas. Selain kombinasi rasanya, penampilan kuliner Kaliurang yang satu ini juga menarik lantaran mirip dengan burger. Alih-alih dibungkus kertas, burger tempe ini dibungkus daun pisang.

2. Nasi Klenyer

Nasi Klenyer merupakan makanan dengan kombinasi yang unik. Makanan yang satu ini merupakan nasi goreng yang kemudian disiram dengan kuah tongseng yang bersantan dan gurih.

Kombinasi ini rupanya berhasil memikat banyak orang, hingga Nasi Klenyer selalu diburu oleh para pelancong.

3. Tongseng Kopyok

Jangan samakan tongseng yang satu ini dengan tongseng pada umumnya. Tongseng kopyok biasanya memiliki rasa yang lebih gurih, yang didapat dari telur kocok atau telur kopyok.

Perpaduan kaldu berempah, bersantan, dan telur kocok membuatnya menjadi salah satu menu pilihan menarik saat berada di Kaliurang.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Sate Kelinci

Sate kelinci serupa dengan sate ayam dan kambing, yang diolah dengan cara dipanggang di atas bara api. Kemudian disajikan dengan sambal kecap, irisan mentimun, tomat, dan kol.

Meski tampak serupa, namun sate kelinci juga jadi salah satu kuliner Kaliurang yang populer karena tekstur dagingnya yang lebih lembut ketimbang daging kambing.

Selain itu, kayu manis, jinten, asam jawa, dan juga jahe yang menjadi bumbu memperkaya citarasa daging kelinci.

5. Wedang Gedang

Wedang menjadi minuman yang cukup umum di daerah Jawa. Biasanya minuman hangat yang satu ini terbuat dari rebusan air jahe, gula aren, kayu manis, dan juga daun pandan.

Dari banyaknya jenis wedang, wedang gedang menjadi salah satu minuman khas Kaliurang. Minuman yang satu ini disajikan bersama irisan gedang atau pisang. Paduan rasa legit dan hangat serta irisan pisangnya membuat wedang gedang cocok dinikmati di udara dingin Kaliurang.

6. Wedang Ronde

Selain wedang gedang, ada juga wedang ronde. Meski sebenarnya, makanan yang satu ini mudah dijumpai di seluruh sudut Kota Yogyakarta. Namun, dengan kondisi cuaca yang dingin di Kaliurang, tak ada salahnya jika menjadikan wedang ronde sebagai kudapan hangat nan nikmat.

7. Kopi Merapi

Saat berada di Kaliurang, pastikan untuk tidak melewatkan Kopi Merapi. Tanaman yang satu ini tumbuh subur di lereng Merapi.

Bijinya kemudian diolah untuk bisa dinikmati oleh para pecinta kopi. Ada cukup banyak warung kopi di Kaliurang yang menawarkan kopi Merapi, salah satunya Warung Kopi Merapi.

Selain bisa dinikmati di tempat, kopi Merapi bisa dijadikan oleh-oleh khas Kaliurang. Tinggal dipilih sesuai selera, robusta atau arabika.

Itu dia beberapa kuliner yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Kaliurang. Pastikan untuk tidak melewatkan semuanya, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.