Sukses

Derita Warga Terboyo Kulon, Diterjang Banjir sampai Gelap-gelapan di Malam Tahun Baru

Berbagai permasalahan diderita warga.

Liputan6.com, Semarang - Relawan Srikandi Ganjar Jawa Tengah (Jateng) bergerak cepat merespons banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Relawan Srikandi Ganjar mendirikan posko bantuan di Desa Terboyo Kulon, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Minggu (1/1/2023).

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jateng, Putri Indah Meilani mengatakan, selain mendirikan posko, relawan juga mendistribusikan bansos paket pangan, air bersih, dan beberapa keperluan darurat para warga, seperti pakaian bersih, lilin, hingga obat anti nyamuk.

Dia menjelaskan, banjir di Desa Terboyo Kulon masih belum surut. Berbagai permasalahan diderita warga, mulai dari sulitnya mendapat bantuan karena lokasi terpencil, sulit mendapat air bersih, hingga penerangan yang minim sebab adanya pemadaman listrik.

"Setelah perjalan dari pagi, relawan Srikandi melewati macet, banjir, dan mencari kendaraan yang bisa sampai ke lokasi. Aksi ini butuh perjuangan," kata Meilani.

Dia menyebut, bantuan tersebut tersalurkan langsung untuk sekitar 200 keluarga di Desa Terboyo Kulon. Selain diberikan secara terpusat di posko, para relawan yang bekerja sama dengan aparatur desa setempat juga menyambangi langsung rumah warga untuk memberikan bantuan tersebut.

"Alhamdulillah kita di sambut baik warga, karena Srikandi merupakan relawan yang memberikan bantuan pertama di daerah ini (Desa Terboyo Kulon)," jelasnya.

Meilani mengungkapkan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggap bencana dari Srikandi Ganjar Jateng terhadap masyarakat yang ada di sekitar wilayah yang terdampak banjir.

"Harapan kami bisa meringankan korban banjir, dan memotivasi teman-teman untuk turut membantu korban banjir Semarang," ungkapnya.

Banjir melanda sejumlah wilayah di Kota Semarang disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung cukup lama, sejak Jumat (30/12/2022) sore hingga jelang pergantian tahun pada Sabtu (31/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.