Sukses

4 Ramuan Ini Bisa Redakan Gejala PMK Hewan Ternak

PMK adalah penyakit yang disebabkan virus yang bisa sangat menular antar hewan berkuku genap atau belah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak menjadi sorotan. PMK adalah penyakit yang disebabkan virus yang bisa sangat menular antar hewan berkuku genap atau belah.

Hewan yang mudah terjangkit PMK adalah hewan ternak berkuku genap atau belah, yaitu jenis ruminansia (sapi, kerbau, kambing, domba, rusa), babi, dan beberapa jenis hewan liar lainnya.

Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel ataulepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku hewan ternak. Dampak paling buruk penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Dikutip dari Liputan6.com, para pertenak dapat memberikan obat atau empon-empon untuk hewan ternak yang bergejala PMK. Berikut sederet ramuan hewan ternak redakan gejala PMK.

1. Formalin untuk luka pada kaki

Perawatan luka pada kaki hewan ternak yang terjangkit PMK terlebih pada sapi, dapat dilakukan menggunakan formalin. Caranya formalin dapat dilarutkan dengan air.

Lalu cairan tersebut disemprotkan pada kaki sapi yang luka. Penggunaan cairan ini dapat digunakan tiga kali sehari, terbukti dapat meringankan luka pada kaki sapi.

2. Penggunaan garam dapur

Perawatan luka pada kaki sapi akibat PMK juga dapat dilakukan dengan racikan garam dapur. Caranya, tiga sendok garam dapur dilarutkan dalam satu liter air bersih.

Larutan garam kemudian digunakan untuk menyemprot kaki hewan yang luka. Setelah itu kaki hewan harus lah dikeringkan.

Kemudian usahakan juga kandang sapi tetap dalam keaadaan kering dan bersih.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramuan Herbal

3. Meracik ramuan herbal

Jamu herbal juga dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan alami untuk hewan ternak yang terjangkit PMK. Ramuan tersebut adalah kunyit, telur ayam dan madu asli.

Ramuan jamu tradisional itu diberikan ke sapi dengan cara diminumkan. Ramuan itu diyakini dapat menambah stamina dan daya tahan tubuh sapi.

Selain itu peternak juga dapat meracik kunyit kuning dan kunyit putih. Bahannya cukup sederhana, 5 siung kunyit kuning dan kunyit putih, 3 siung temulawak, dan buah Beligo atau Kundur.

Semua bahan dihaluskan dengan cara diparut maupun diblender. Setelah halus, aneka rempah tadi dilarutkan di dalam air panas, setelah menghangat barulah diminumkan pada sapi.

4. Buah-buahan untuk ternak

Selain ramuan herbal, sapinya juga dapat diberi pakan buah-buahan selama perawatan gejala PMK. Buah  papaya dapat menjadi pilihan pegganti pakan selama sapi memiliki luka di dalam mulut.

Buah papaya diyakini bermanfaat untuk mendinginkan panas dalam tubuh yang menyebabkan lidah bibir sapi terluka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.