Sukses

Deratan Kuliner Khas untuk Rayakan Nyepi

Beberapa kuliner yang menjadi hidangat saat Hari Raya Nyepi.

Liputan6.com, Semarang - Hari Raya Nyepi menjadi salah satu momen spesial yang dinantikan umat Hindu. Beragam ritual serta perayaan dilakukan untuk menyambut tahun baru saka.

Seperti perayaan hari raya di Indonesia pada umumnya, selalu terdapat kuliner khas yang disajikan untuk menyambut hari yang bahagia tersebut.

Berikut beberapa makanan yang kerap kali dihidangkan saat Hari Raya Nyepi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lawar

Sebuah kudapan yang terdiri dari sayuran dan daging cincang dengan cita rasa bumbu khas Bali. 

3 dari 6 halaman

Entil

Sebuah sajian berupa lontong yang menjadi hidangan khusus masyarakat Tabanan Bali saat merayakan Nyepi.

4 dari 6 halaman

Pulung Nyepi

Kuliner khas Nyepi yang istimewa, terbuat dari campuran tepung beras dan ketan yang dibentuk, lalu dikukus dan disajikan dengan taburan kelapa. 

5 dari 6 halaman

Ayam Betutu

Hidangan ini sering digunakan dalam tradisi dan ritual agama hindu. Biasanya makanan ini dijadikan sebagai sebuah sesembahan.

6 dari 6 halaman

Jaja Apem

Kuliner khas terakhir yakni Jaja Apem, yang terbuat dari campuran tepung beras yang telah difermentasi, lalu dicampur dengan tape singkong dan air kelapa. Rasa dari kue ini tak terlalu manis karena sama sekali tidak ditambahkan gula saat pembuatannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini