Sukses

Peristiwa Besar yang Terjadi di Hari Jumat, Salah Satunya Kiamat, Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Ustadz Khalid Basalamah melalui video yang diunggah di kanal Youtube Andi W mengatakan, setidaknya ada 5 peristiwa besar yang terjadi di hari Jumat

Liputan6.com, Jakarta - Dalam istilah Islam, hari jumat disebut sebagai 'sayyidul ayyam' atau penghulu hari. Jumat merupakan hari yang istimewa dalam Islam, bahkan Allah SWT juga sangat memuliakan hari ini.

Kata jumat berasal dari bahasa Arab yaitu 'jum'ah' artinya berkumpul. Keistimewaan hari jumat didasarkan pada banyaknya peristiwa besar dalam Islam yang terjadi pada hari tersebut.

Berbagai peristiwa yang terjadi mulai dari penciptaan Nabi Adam sebagai manusia pertama di bumi sampai ia wafat, hingga terjadinya hari kiamat.

Ustadz Khalid Basalamah melalui video yang diunggah di kanal YouTube Andi W mengatakan, setidaknya ada 5 peristiwa besar yang terjadi di hari Jumat yang membuat hari tersebut istimewa. Berikut ulasan lengkapnya dikutip dari laman merdeka.com:

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peristiwa Besar di Hari Jumat

Ustadz Khalid menjelaskan jika setidaknya ada lima peristiwa besar terjadi pada hari jumat yang membuat hari itu menjadi istimewa. Pertama, hari jumat ialah hari di mana Adam sebagai manusia pertama di bumi diciptakan oleh Allah SWT. Di hari yang sama juga Allah kemudian menurunkan dan mewafatkan Adam. 

"Dan pada hari jumat itu terjadi 5 kejadian kata Nabi SAW. Yang pertama Allah menciptakan Adam (manusia pertama) pada hari itu. Kedua Allah menurunkan Adam ke dunia pada hari itu. Yang ketiga, pada hari itu (jumat) Allah mewafatkan Adam," kata Ustadz Khalid.

Hari jumat juga disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Mengutip dari dalil yang diriwayatkan Abu Dawud, disebutkan jika di hari jumat selama 12 jam ada satu waktu apabila seorang muslim berdoa, maka akan Allah berikan. Adapun waktunya disebut ada di penghujung hari setelah Ashar. 

"Yang keempat, pada hari itu (jumat) tidak ada satu saat di mana seseorang berdoa kepada Allah kecuali Allah akan kabulkan selama ia tidak meminta yang haram," ungkap Ustadz Khalid.

3 dari 3 halaman

Peristiwa Kiamat

Terjadinya kiamat memang hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Namun, disebutkan jika kiamat kelak akan terjadi di hari jumat. Hal itu seperti yang disampaikan juga oleh Ustadz Khalid dalam ceramahnya.

"Dan yang ke lima, pada hari itu (jumat) akan terjadi hari kiamat. Tidak ada malaikat yang dekat dengan Allah, langit, bumi, angin, gunung-gunung, lautan, bahkan seluruh makhluknya Allah kecuali mencintai hari jumat," ungkapnya

Hal ini seperti juga yang diriwayatkan dari Abu Dawud, an-Nasa'i, & Ibnu Majah, "Hari yang paling utama adalah hari jumat. Pada hari tersebut Adam diciptakan, dicabut nyawanya, ditiup sangkakala, dan terjadi kiamat. Maka, banyaklah bershalawat kepadaku karena selawat kalian disampaikan kepadaku"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.