Sukses

Fasilitas WiFi Gratis dan Jaringan 4G di Kapal PELNI, Mudik Jadi Lebih Asyik

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) memastikan seluruh kapal penumpang PELNI sudah diperkuat oleh fasilitas WiFi dan jaringan 4G.

Liputan6.com, Jakarta PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) memastikan seluruh kapal penumpang PELNI sudah diperkuat oleh fasilitas WiFi maupun jaringan 4G.

Kehadiran jaringan telekomunikasi yang lancar selama berlayar membuat perjalanan mudik para penumpang kapal PELNI lebih menyenangkan karena selalu terkoneksi internet.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI, Evan Eryanto, menyatakan kehadiran internet selama perjalanan menjadi salah satu fasilitas yang sudah lama dinantikan oleh pelanggan kapal PELNI.

"Untuk menjawab kebutuhan tersebut, hampir seluruh kapal PELNI sudah dilengkapi oleh fasilitas WiFi maupun jaringan komunikasi 4G, sehingga komunikasi pemudik sudah terhubung 24 jam selama berlayar dengan kapal PELNI," terang Evan dalam keterangan pers, Sabtu (30/3/2024).

Evan menyebutkan, KM Kelud, KM Dorolonda, KM Bukit Siguntang, KM Lambelu dan KM Labobar, merupakan lima kapal penumpang PELNI yang sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi gratis.

Sementara itu, sebagian besar kapal penumpang PELNI lainnya diperkuat jaringan 4G yang didukung oleh Telkomsel.

"Kehadiran WiFi maupun jaringan 4G menjadi kebutuhan utama yang membuat seluruh penumpang kapal PELNI dapat terhubungan dengan anggota keluarga yang menanti di kampung halaman, maupun teman-teman di media sosial. Kami berharap kehadiran WiFi dan jaringan 4G ini dapat menambah keasyikan perjalanan dengan kapal PELNI," ujar Evan.

Selain itu, Evan mengatakan, pada angkutan Lebaran 2024/1445H ini, seluruh kapal penumpang PELNI siaga melayani perjalanan mudik. Periode angkutan mudik kapal PELNI berlangsung pada 26 Maret hingga 26 April 2024 dengan prediksi penumpang mencapai 588.903 pemudik.

Pembelian tiket kapal PELNI saat ini sudah bisa diperoleh di fitur Sukha di aplikasi Livin by Mandiri serta di fitur Lifestyle di aplikasi BCA Mobile. Tiket kapal PELNI juga dapat diperoleh di Aplikasi PELNI Mobile di samping channel penjualan lainnya seperti website, loket kantor cabang, travel agent, maupun jaringan minimarket yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa pelayaran, saat ini PELNI mengoperasikan 26 kapal penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 71 pelabuhan.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 30 trayek Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis menyinggahi 236 pelabuhan dengan total 2.844 ruas rute trayek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Gratis 2024 PELNI Sudah Dibuka, Cek Cara Daftar dan Syaratnya

PT PELNI (Persero) mengadakan Mudik Asyik bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menyediakan 315 tiket perjalanan mudik gratis di Kapal Motor (KM) Labobar pada rute Balikpapan-Makassar.

"Pendaftaran mudik gratis telah dibuka sejak 16 Maret 2024 dan ditutup pada 3 April 2024," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Evan Eryanto di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (19/3/2024).

Jadwal keberangkatan angkutan lebaran alias mudik gratis dengan KM Labobar dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menuju Makassar itu pada 5 April 2024.

"Masyarakat yang berminat segara daftarkan diri karena keterbatasan jatah tempat di kapal itu," ujar Evan.

Masyarakat yang berminat Mudik Asyik bersama BUMN bisa mengisi formulir yang tersedia secara daring (online), kata dia, di alamat tautan atau link bit.ly/MudikBersamaBUMNPELNI2024.

Persyaratannya, wajib melampirkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), kemudian mengunduh aplikasi Pelni Mobile yang tersedia di playstore atau appstore. Jika belum berusia 17 tahun atau belum memiliki KTP bisa menunjukkan KK, dan pendaftaran yang lolos verifikasi akan diinformasikan melalui pesan whatsapp.

Mudik Asyik bersama BUMN 2024 dengan menggunakan kapal PELNI, menurut dia, merupakan pelaksanaan program Tanjung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari perusahaan pelayaran milik negara itu.

KM Labobar memiliki kapasitas dapat mengangkut penumpang hingga 3.000 orang, dengan rute atau tujuan reguler Surabaya-Balikpapan-Pantoloan-Bitung-Ternate-Sorong-Manokwari-Nabire-Serui-Jaya Pura.

Evan menjelaskan, sebanyak 3.408 pelampung penyelamat (life jacket) dewasa dan 212 untuk anak-anak melengkapi KM Labobar untuk keamanan dan keselamatan pelayaran. Kemudian kapal buatan Jerman itu juga memiliki sekoci dengan total kapasitas 1.358 penumpang dan 119 unit perahu karet dengan total kapasitas 2.975 penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.