Sukses

Aplikasi Apa Saja yang Banyak Dibuka Saat Ramadan dan Idul Fitri?

Berikut deretan aplikasi digital yang banyak diakses oleh pengguna internet di Indonesia selama Ramadan dan Idul Fitri hingga meningkatkan trafik internet sejumlah operator.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Ramadan, akses ke platform dan aplikasi digital mengalami peningkatan. Itu sebabnya, operator seluler mengungkapkan kalau terjadi kenaikan trafik internet di jaringan mereka.

Operator XL Axiata memprediksi terjadi kenaikan trafik internet sebesar 10-15 persen. Adapun operator Telkomsel memperkirakan trafik di jaringannya bakal naik 15,22 persen sepanjang Ramadan dan Idul Fitri.

Tapi sebenarnya, aplikasi apa saja yang banyak diakses oleh masyarakat saat momen Ramadan dan Idul Fitri?

Berdasarkan data Telkomsel, berikut deretan aplikasi yang banyak diakses oleh pengguna internet di jaringan mereka saat Ramadan dan Idul Fitri:

Online gaming:

  • Mobile Legends
  • Free Fire
  • Roblox

Komunikasi:

  • WhatsApp
  • Telegram

Video Streaming:

  • TikTok
  • YouTube
  • SnackVideo

Media Sosial:

E-commerce:

  • Shopee
  • Lazada
  • Tokopedia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persentase Penyumbang Trafik Internet Terbesar

Dikatakan oleh Vice President Global Network Galumbang Pasaribu, jenis aplikasi digital yang menyumbang kenaikan pada trafik broadband antara lain adalah online gaming sebesar 40,84 persen.

"Dari tahun ke tahun, trafik layanan game online mobile meningkat dan tahun ini menyumbang paling banyak dari kenaikan trafik, game apa pun itu, Mobile Legends, Free Fire, dan lainnya," kata Galumbang.

Selanjutnya adalah trafik untuk komunikasi dengan persentase 25,49 persen. Diikuti dengan streaming video 22,61 persen, akses ke media sosial sebesar 11,14 persen, dan akses ke e-commerce sebesar 9,17 persen.

3 dari 4 halaman

Upaya Telkomsel untuk Pastikan Pengalaman Digital

Untuk meningkatkan pengalaman digital selama Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel telah mengimplementasikan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia.

Posko Telkomsel ini menyediakan layanan seperti penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite, pembelian voucher isi ulang, instalasi aplikasi MyTelkomsel, pendaftaran produk FMC IndiHome, Orbit, Telkomsel One, dan lain-lain.

Selain sebagai penyedia layanan, Telkomsel juga mengadakan berbagai kegiatan interaktif di posko ini, mulai dari permainan, musik live, kursi pijat, hingga pengisian daya telepon.

Gilang Prasetya, Senior Vice President Consumer Business Operations Telkomsel, menyatakan bahwa Telkomsel memberikan promo-promo menarik seperti Paket Super Seru dengan kuota lebih besar dan kuota tambahan untuk Aktivasi Kartu Perdana dan Registrasi IMEI Baru.

4 dari 4 halaman

Kerja Sama Telkomsel dengan Platform Streaming dan Penyedia Layanan Lainnya

Bagi pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), ada kesempatan untuk mendapatkan Kejutan THR melalui program Ekstra Kuota dan program Flash Sale dengan berbagai keuntungan tambahan bagi pendaftar baru.

Selain itu, untuk layanan internet rumah, Telkomsel menawarkan Ultra Mesh Wi-Fi baru yang dapat memperluas jangkauan internet IndiHome di rumah, Surprise Deal Ramadan khusus Orbit, dan program Weekly Quiz serta Nonton Bersama IndiHome.

Telkomsel juga memberikan penawaran khusus untuk menikmati konten-konten inspiratif selama Ramadan dan kesempatan berbagi kebahagiaan melalui berbagai program. 

Mulai dari beragam paket langganan hingga kolaborasi dengan layanan streaming seperti streaming, YouTube, Catchplay+, WeTV, HBO GO, kuota tambahan, cashback 90 persen, voucher bundling, dan komunitas bersama Dunia Games.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.