Sukses

Doa Kamis Malam Jumat yang Paling Mustajab, Bisa Mengabulkan Hajat

Membaca doa kamis malam jumat merupakan salah satu amalan sunnah yang dapat dilakukan untuk meraih ampunan dan keberkahan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari jumat memiliki keistimewaan dan kekhususan tersendiri bagi umat Islam. Ada banyak amalan yang dapat dilakukan pada hari itu dan malam jumatnya, seperti membaca Surah Yasin, Al-Kahfi, tahlil dan dzikir.

Amalan lainnya yang tidak kalah penting dapat mudah untuk dilakukan adalah dengan memperbanyak membaca doa.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ : « فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu bahwa Rasulullah shallallohu alaihi wasallam bersabda tentang hari Jumat, “Pada hari Jumat ada waktu yang mana seorang hamba muslim yang tepat beribadah dan berdoa pada waktu tersebut meminta sesuatu melainkan niscaya Allah akan memberikan permintaannya”. Beliau mengisyaratkan dengan tangannya untuk menunjukkan bahwa waktu tersebut sangat sedikit. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kamu bisa membaca doa kamis malam Jumat yang direkomendasikan di bawah ini, sebagaimana dirangkum dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Membaca Surah Yasin

Surah Yasin seringkali dibaca dengan diikuti bacaan tahlil. Surah Yasin dan tahlil menjadi sepaket bacaan doa untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia. Rasulullah SAW pun menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak membaca Surah Yasin.

Mufti Muhammad bin Ali al-Syaukani mengatakan dalam Kitab Al-Fawaid Al-Majmu'ah tentang hadis membaca Surah Yasin untuk orang yang sudah meninggal.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga mencantumkan banyak hadis tentang keutamaan membaca Surah Yasin, diantaranya hadis riwayat al-Hafidz Abu Ya’la al-Mushili No 6224:

“Barangsiapa membaca Surah Yasin di malam hari, maka di pagi harinya ia diampuni dan barangsiapa membaca Surah al Dukhan, maka di pagi harinya ia diampuni."

3 dari 5 halaman

2. Membaca Tahlil dan Memperbanyak Istighfar

Selain membaca Surah Yasin, bacaan tahlil juga sangat direkomendasikan sebagai doa kamis malam jumat. Bacaan tahlil mengandung kumpulan doa, dzikir dan ayat al-Quran, sehingga sangat cocok diamalkan sebagai amalan sunnah di malam Jumat.

Dengan izin Allah SWT, bacaan tahlil memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat Islam yang mengamalkannya.

Bacaan tahlil sebenarnya sudah mencakup kalimat istighfar. Kita bisa memperbanyak bacaan istighfar di hari kamis malam jumat. Memperbanyak istighfar bisa menjadi doa kamis malam jumat yang sangat mustajab untuk memohon ampunan.

Kita juga bisa membaca bacaan istighfar untuk taubat berikut ini pada malam Jumat:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ تَوَّابُ رَحِيْمٌ

Artinya: "Ya Allah ampuni aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat dan maha penyayang."

4 dari 5 halaman

3. Bersholawat kepada Nabi SAW

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu Sholawat, maka Allah akan menurunkan rahmat kepadanya dan menghapus kesalahannya.” (HR. Nasa’i)

Allah SWT berfirman dalam surah An-Nisa ayat 86 yang artinya:

“Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu.” (QS. An-Nisa: 86).

Berikut salah satu bacaan sholawat nabi untuk doa kamis malam jumat:

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

5 dari 5 halaman

4. Membaca Surah Al-Kahfi

Malam jumat adalah momen yang sangat baik untuk melakukan berbagai amalan sunnah. Nabi Muhammad SAW melakukan amalan sunnah ini semasa hidupnya, yaitu membaca Surah Al-Kahfi pada malam dan hari jumat.

Jadi, selain memperbanyak sholawat, beliau juga membaca surah Al-Kahfi. Hal ini seperti dijelaskan dalam Kitab al-Umm oleh Muhammad Idris asy-Syafi’i:

“Imam Syafi’i berkata, telah mengkhabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat’. Beliau juga berkata, dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surah al-Kahf maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal. Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak-banyak membaca shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca shalawat), begitu juga saya suka membaca surah al-Kahfi pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini.”

Demikian itulah kumpulan doa kamis malam jumat yang dapat diamalkan. Dengan mengikuti sunnah Rasulullah SAW tersebut, semoga kita tergolong umatnya yang mendapat syafaat di hari kiamat. Aamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.