Sukses

Hari Ini Pendaftaran Terakhir Mudik Gratis KAI, Buruan Daftar Sebelum Kehabisan

Pemesanan tiket mudik gratis dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Access by KAI mulai tanggal 26 Maret 2024 pukul 14.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan program mudik gratis dengan menyediakan 480 tiket gratis untuk KA Tawangjaya Premium kelas ekonomi dengan rute Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng pada tanggal 2 April 2024.

“Program mudik gratis ini diselenggarakan oleh KAI dalam mendukung program Mudik Asyik BUMN Tahun 2024, sebagai bagian dari komitmen BUMN untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam keterangan resminya, Selasa (26/3/2024).

Program ini terbuka untuk seluruh warga Indonesia dengan persyaratan memiliki KTP atau terdaftar dalam Kartu Keluarga yang masih berlaku. Pendaftaran dapat dilakukan pada tanggal 25-26 Maret 2024 di Stasiun Pasarsenen dari pukul 09.00-16.00 WIB.

Selain itu, pemesanan juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Access by KAI mulai tanggal 26 Maret 2024 pukul 14.00 WIB. Pemesanan online tersedia untuk rute Pasar Senen – Semarang Tawang Bank Jateng atau rute parsial antara kedua stasiun tersebut.

KAI memberlakukan batasan pemesanan maksimal 4 tiket per orang dan 1 peserta mudik dapat membawa 1 bayi berusia di bawah 3 tahun tanpa mengurangi kuota peserta, namun bayi tersebut tidak akan mendapatkan tempat duduk. Proses check-in dan boarding akan tetap mengikuti aturan yang berlaku.

“Kami berharap program mudik gratis ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin pulang kampung menggunakan kereta api. Kereta api tetap menjadi pilihan utama perjalanan mudik yang ceria dan bermakna,” tambah Joni.  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KAI Daop I Siapkan 1.664 Kereta Api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), untuk memastikan pelayanan mudik kereta api pada angkutan Lebaran 2024 berjalan lancar.

Adapun pada masa angkutan Lebaran 2024, PT KAI Daop I telah menyediakan 1.664 kereta api (KA), dengan rata-rata 76 perjalanan per hari. Sementara KA tambahan sebanyak 366 KA atau rata-rata 17 perjalanan per hari.

Menhub Budi menyampaikan, ada beberapa hal yang diupayakan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan mudik dan balik.

Pertama, keberangkatan KA Lebaran dari Jakarta dilakukan dari empat stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Bekasi. 

Kedua, PT KAI telah menambah dua rangkaian kereta Api baru tujuan Jawa Barat, yakni KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir-Stasiun Banjar, Tasikmalaya dan KA Papandayan rute Stasiun Gambir-Stasiun Garut. 

"Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang sehingga tidak menumpuk di satu stasiun," ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Senin (25/3/2024).

Menhub Budi turut menyampaikan apresiasi kepada para petugas yang telah memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang KA, serta koordinasi berbagai pihak dalam mengupayakan kelancaran angkutan lebaran. 

"Semua kita lakukan dengan baik. Saya menyapa dan bertanya kepada beberapa penumpang. Mereka rata-rata memberikan apresiasi kepada KAI dan semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi bangsa dan memberikan layanan yang baik agar mudik ceria penuh makna dapat kita laksanakan," tuturnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.