Sukses

Upaya Memastikan Kerapian dan Kebersihan Dagangan di Pasar Ramadan

Lurah Langkai kunjungi Pasar Ramadhan Kelurahan Langkai yang berlokasi di Jalan Ais Nasution, Palangka Raya guna memastikan kerapian dan kebersihan para pedagang dalam menjajakan dagangannya selama bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Palangka Raya - Lurah Langkai, Sri Wati, mengunjungi Pasar Ramadan Kelurahan Langkai yang berlokasi di Jalan Ais Nasution, Palangka Raya. Kunjungan guna memastikan kerapian dan kebersihan para pedagang dalam menjajakan takjil selama bulan Ramadan.

Sri Wati menyusuri lapak-lapak pedagang sembari mengimbau warga untuk mengonsumsi makanan sehat saat berbuka puasa. Ia menyarankan agar berbuka tidak hanya dengan makanan manis, tetapi juga makanan bergizi.

"Ada banyak alternatif sehat yang bisa dipilih untuk berbuka yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan tubuh," ujar Sri Wati di Palangka Raya, Jumat (22/3/2024).

Sri mengatakan, kurma dan air putih adalah menu berbuka sehat. Kurma dapat mengatur kadar gula darah yang mungkin turun setelah berpuasa.

Pilihan lain adalah buah-buahan segar seperti semangka, melon, jeruk, dan strawberry karena kandungan air dan seratnya yang tinggi untuk menghidrasi tubuh.

"Selain buah, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan labu juga baik dikonsumsi saat berbuka karena kaya nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh," imbuhnya.

Untuk menu utama, Sri Wati merekomendasikan sumber protein seperti telur, ikan, ayam, tahu, atau tempe untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak selama puasa.

Seusai menyampaikan imbauan makan sehat, Sri Wati memeriksa lapak demi lapak untuk memastikan kerapian dan kebersihan pedagang. Ia mengingatkan para pedagang untuk selalu menjaga higienitas makanan yang dijajakan.

"Kebersihan dan kerapian adalah kunci agar dagangan layak konsumsi. Saya mengimbau pedagang untuk menjaga kebersihan lapak dan mencuci tangan sebelum menyajikan makanan," tegas Sri Wati.

Ia mengapresiasi para pedagang yang telah menjaga kerapian dan kebersihan lapaknya. Namun masih ada beberapa lapak yang kurang rapi.

"Secara keseluruhan, kondisi pasar cukup baik. Namun ada beberapa pedagang yang perlu membersihkan dan merapikan lapaknya lebih lanjut," pungkas Sri Wati.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan pembagian sembako kepada petugas parkir di lokasi tersebut. Lurah Langkai berharap pasar Ramadhan dapat menjadi pusat ekonomi yang sehat dan bersih selama bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.