Sukses

Daripada Mudik Pakai Motor, Polri Sarankan Warga Manfaatkan Program Mudik Gratis

Trunoyudo menjelaskan imbauan itu ditujukan demi meminimalisir angka risiko kecelakaan lalu lintas. Sebab kendaraan roda dua dimasukkan bukan untuk mobilitas jarak jauh.

 

Liputan6.com, Jakarta - Polri menyarankan kepada masyarakat untuk memanfaatkan mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah maupun instansi lain. Hal ini guna mengurangi budaya pemudik yang pulang kampung menggunakan sepeda motor.

"Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftar mudik gratis Polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Kamis (21/3/2024).

Trunoyudo menjelaskan imbauan itu ditujukan demi meminimalisir angka risiko kecelakaan lalu lintas. Sebab kendaraan roda dua dimasukkan bukan untuk mobilitas jarak jauh.

"Untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dan agar mudik lebaran dan arus balik dapat berjalan dengan lancar dan aman," tuturnya.

Namun apabila masyarakat tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor, Trunoyudo mengingatkan agar tetap memperhatikan sejumlah persiapan demi keselamatan.

"Cek kondisi fisik dan kendaraan yang akan digunakan hingga menyiapkan perlengkapan pendukung dalam menggunakan kendaraan roda dua," tuturnya.

Sementara untuk mudik gratis, Trunoyudo mengajak masyarakat untuk mengikuti program mudik gratis yang telah disiapkan Polri. Dengan pembukaan pendaftaran yang telah dimulai hari ini

"Korlantas Polri membuka pendaftaran mudik gratis dimulai pada hari ini Rabu, 20 Maret 2024 dengan total sebanyak 400 unit bus disiapkan dapat mengangkut sebanyak 20.000 penumpang untuk mengantar pemudik ke beberapa daerah di pulau Jawa," kata Trunoyudo kepada wartawan, Rabu (20/3).

Nantinya, para pemudik yang terdaftar dalam program bernama mudik gratis Polri Presisi 2024 ini akan diberangkatkan dari Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada 6 dan 7 April 2024 mendatang.

"Masyarakat dapat mendaftar program mudik gratis Polri Presisi 2024 dengan datang ke Samsat seluruh wilayah Polda Metro Jaya dan Satpas SIM Daan Mogot dibuka pada 20 April sampai dengan 22 April 2024 pukul 08.00 hingga 14.00 WIB," ucapnya.

Para calon pemudik yang ingin mendaftar hanya cukup membawa satu foto copy Kartu Keluarga (KK) dan satu foto copy KTP diserahkan ke petugas. Setelah itu dilaksanakan pengumuman dan pembagian tiket di lokasi pendaftaran pada 1 dan 2 April 2024.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Tujuan Mudik

Adapun beberapa kota tujuan mudik, terdiri dari:

Jawa Barat:

  1. Kuningan Majalengka-Indramayu-Cirebon-Kuningan;
  2. Banjar Sumedang-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar.

Jawa Timur:

  1. Surabaya Surabaya (Jalur Utara) Bojonegoro-Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya;
  2. Madiun Madiun-Ngawi-Jombang-MOjokerto-Surabaya-Malang;
  3. Banyuwangi Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi.

Jawa Tengah:

  1. Semarang Brebes-Tegal-Slawi-Pemalang-Pekalongan-Batang-Kendal-Semarang-Demak-Purwodadi;
  2. Solo Solo-Sukoharjo-Sragen-Karanganyar-Boyolali-Klaten;
  3. Wonogiri Wonogiri-Pacitan;
  4. Purwokerto Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara-Wonosobo-Temanggung;
  5. Purworejo Kebumen-Purworejo-Magelang-Sleman-Yogyakarta;
  6. Jogjakarta Kulon Progo-Bantul-Sleman-Gunung Kidul;
  7. Kudus Kudus-Jepara;
  8. Rembang Pati-Rembang.

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.