Sukses

Top 3 Islami: Doa Ampuh Mustajab oleh Orang Berpuasa Menurut Gus Iqdam, Air Wudhu Bikin Wajah Bercahaya di Hari Kiamat

Artikel kedua yang juga menyita perhatian adalah doa membasuh muka saat berwudhu. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, berwudhu akan membuat wajah bercahaya di hari kiamat

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah Muhammad Iqdam Kholid membeberkan bahwa ada tiga kondisi yang membuat doa ampuh dan mustajab. Salah satunya dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa.

Informasi ini jelas valid mengingat apa yang dijelaskannya berdasar hadis Nabi SAW, alias info A1 atau info pusat.

Ulasan Gus Iqdam tentang hal ini menjadi salah satu artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Rabu (20/3/2024).

Artikel kedua yang juga menyita perhatian adalah doa membasuh muka saat berwudhu. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, berwudhu akan membuat wajah bercahaya di hari kiamat.

Sementara, artikel ketiga yaitu cerita heboh seputar Ramadan, yakni fenomena nonis alias nonmuslim berburu takjil

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Info Pusat, Gus Iqdam: Doa Paling Ampuh dan Mustajabah saat Puasa, Jangan Terlewat

Pendakwah muda sekaligus Pendiri Majelis Ta'lim Sabilu Taubah Gus Iqdam dalam salah satu kesempatan menyebutkan ada doa yang sangat ampuh atau mustajabah. Sedikitnya ada tiga doa yang mustajabah.

Terlebih, kini adalah bulan Ramadhan, di mana amal dan ibadah akan diganjar pahala dan keutamaan berlipat. Ramadan juga menjadi kesempatan muslim untuk memanjatkan doa terbaik dan istimewa.

Doa dalam Islam memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim, sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, memohon pertolongan, bimbingan, dan rahmat-Nya.

Di dalam Al-Qur'an dan Hadis, banyak doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang menjadi pedoman bagi umat Islam. Doa-doa ini memiliki beragam tujuan, mulai dari memohon ampunan, perlindungan, keselamatan, hingga keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa juga digunakan sebagai sarana untuk memohon perlindungan dari segala macam bahaya dan fitnah. Misalnya, doa sebelum tidur yang berisi permohonan agar Allah menjauhkan dari gangguan setan dan mimpi buruk serta memohon agar Allah memberikan perlindungan kepada diri dan keluarga.

Doa-doa semacam ini memperkuat iman dan kepercayaan umat Muslim bahwa hanya Allah yang memiliki kekuatan untuk melindungi mereka dari segala bahaya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Doa Membasuh Muka Saat Berwudhu, Amalan agar Wajah Bersinar di Hari Kiamat

Membasuh muka merupakan bagian dari rukun wudhu. Selain ketika berwudhu, membasuh muka juga bisa dilakukan saat mengantuk atau selepas bangun tidur.

Muka yang dibilas dengan air bersih akan menghilangkan kotoran dan membuat wajah tampak lebih segar. Namun sebagai seorang muslim, alangkah baiknya membasuh wajah sambil berwudhu.

Berwudhu tentunya sekaligus menyucikan badan. Hal ini lebih utama karena suci merupakan syarat yang harus terpenuhi sebelum melakukan ibadah.

Ketika membasuh muka, kita juga dianjurkan membaca doa agar wajah menjadi cerah dan bersinar. Berikut adalah bacaan doanya, dikutip dari laman dream.co.id.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Kehangatan Ramadhan 2024, Warganet: Aku Kristen tapi Kita Saingan Berburu Takjil

Dunia pertakjilan nusantara dibuat geger geden, atau geger besar-besaran, lantaran banyak nonmuslim yang turut berburu takjil pada Ramadhan tahun ini. Sontak, fenomena inipun mengguncang dunia maya.

Tentu geger geden ini bukan bermaksud untuk menggambarkan suasana yang mencekam. Geger ini hanya untuk menggambarkan ingar bingar keceriaan perburuan takjil oleh nonmuslim.

Terlebih, Nonmuslim berburu takjil merupakan fenomena unik dan barangkali hanya terjadi pada Ramadan ini. Tahun-tahun sebelumnya, fenomena ini nihil terjadi.

Hal itu juga menunjukkan bahwa toleransi di Indonesia terawat dengan baik. Muslim maupun nonmuslim turut menghidupkan Ramadan dengan segala pernak-perniknya.

Takjil sendiri oleh masyarakat sering sekali diartikan sebagai jajanan pembuka atau makanan pembuka untuk buka puasa di bulan Ramadhan. Terdapat arti yang berbeda saat membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karena artinya, mempercepat (dalam berbuka puasa).

Nah jajanan atau takjil di nusantara ini sangat beragam rupa dan rasanya, namun ada kecenderungan yang manis-manis. Seiring perkembangnnya saat ini penjualan takjil sudha meluas sampai ke pelosok nusantara dan menjadi tren tersendiri. Saat ini mudah ditemukan di tempat-tempat tertentu yang mudaj untuk berkumpul banyak orang.

Selain menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, penjualan takjil juga menjadi bagian integral dari aktivitas ekonomi lokal di bulan Ramadhan.

Bisnis takjil mengalami peningkatan pesat karena tingginya permintaan dari masyarakat yang berpuasa. Penjual takjil pun mempersiapkan diri dengan membuka gerai atau warung lebih banyak untuk menampung pelanggan yang ingin membeli takjil untuk berbuka puasa.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.