Sukses

Mudik Gratis 2024, Dishub Kota Tangerang Buka Pendaftaran Hingga 3 April

Posko Validasi Data Mudik akan tetap buka hingga tanggal 3 April mendatang. Tidak hanya untuk warga Kota Tangerang tetapi juga terbuka untuk warga dari wilayah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan di Kota Tangerang menggelar mudik gratis lebaran 2024. Saat ini, sebanyak 3.400 calon pemudik telah mendaftar dan diverifikasi untuk program Mudik Gratis.

"Sejak posko ini dibuka pada tanggal 6 Maret 2024, sudah sekitar 3.400 calon pemudik yang telah terverifikasi," kata Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely, pada Selasa (19/3/2024).

Meskipun begitu, dia menegaskan bahwa Posko Validasi Data Mudik akan tetap buka hingga tanggal 3 April mendatang. Tidak hanya untuk warga Kota Tangerang, tetapi juga terbuka untuk warga dari wilayah lainnya.

"Bagi masyarakat umum yang memenuhi syarat untuk mendapatkan kuota mudik gratis dari Ditjen Hubdat Kemenhub, mereka dapat segera mengunjungi Kantor Dishub di Jalan DR Sitanala RT 01, RW 01, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang," jelasnya.

Secara total, program Mudik Gratis Kemenhub 2024 ini menyediakan kuota untuk 30.088 penumpang serta pengangkutan sepeda motor gratis sebanyak 900 unit. Kementerian Perhubungan memfasilitasi 33 kota tujuan arus mudik, sembilan kota asal arus balik, dan lima kota arus mudik balik pengangkutan sepeda motor.

Terminal Poris Plawad Tangerang akan menjadi salah satu titik keberangkatan untuk program mudik gratis tahun ini.

"Dishub Kota Tangerang saat ini juga sedang mempersiapkan Terminal Poris Plawad sebagai salah satu lokasi keberangkatan untuk program mudik gratis ini. Semoga arus mudik dan arus balik dapat berjalan lancar, aman, dan sehat bagi setiap pemudik," tambahnya.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membuka pendaftaran mudik gratis mulai 20 Maret 2024. Pendaftaran bakal dilakukan secara online melalui laman, https://mudikgratis.jakarta. go.id.

Nantinya, proses pendaftaran akan ditutup apabila kuota pemudik telah terpenuhi. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan tujuan mudik gratis DKI Jakarta 2024 ini yakni ke 19 kota/kabupaten di enam provinsi di Indonesia.

Adapun lokasi tujuan bus mudik gratis  antara lain, Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya, Terminal Kertawangunan, Kuningan, Terminal Kota Tegal, Terminal Pekalongan, Terminal Mangkang, Kota Semarang.

Lalu, Terminal Kabupaten Kebumen, Terminal Cilacap, Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Mendolo Wonosobo, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Pilangsari Sragen, Terminal Giri Adipura Wonogiri, Terminal Purboyo Madiun, Terminal Tamanan Kediri, Terminal Kepuhsari Jombang, dan Terminal Arjosari Malang.

Syafrin menyampaikan, saat mendaftar calon peserta mudik gratis harus menyertakan kelengkapan atau berkas administrasi yang diperlukan yaitu, Kartu Keluarga (KK), KTP DKI Jakarta (diutamakan) dan STNK (bila membawa motor). 

"Setiap pendaftar dapat menambahkan maksimal tiga anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK)," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (19/3/2024).

Tak hanya itu, pemudik juga dapat mendaftarkan kendaraan pribadinya seperti sepeda motor untuk diangkut menggunakan truk ke berbagai lokasi tujuan mudik gratis.

Usai mendaftar, peserta mudik wajib melakukan verifikasi dengan membawa fotokopi kelengkapan administrasi ke lokasi verifikasi terdekat. Lokasi verifikasi berada di setiap suku Dinas Perhubungan yang telah disediakan Pemprov DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini