Sukses

Jadwal Basketball Champions League Asia 2024, Dimulai Pekan Terakhir Ramadhan 2024

BCL Asia 2024 akan menggelar kualifikasi tahap pertama yang diikuti dua wakil Indonesia pada awal April 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi bola basket antarklub Asia akan digelar pada. Basketball Champions League Asia 2024 akan memulai babak kualifikasi pada akhir Ramadhan 2024. Dua wakil Indonesia akan ikutan di babak kualifikasi ini yakni Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta.

Prawira dan Pelita Jaya dipilih sebagai wakil Indonesia karena berstatus juara dan runner-up pada IBL 2023. IBL 2024 sendiri baru berlangsung setengah jalan sehingga tak bisa diambil dari hasil musim ini.

Di BCL Asia, Prawira akan tergabung di Grup A. Tim besutan David Singleton itu harus bertarung dengan dengan NS Matrix Deers (Malaysia), Hongkong Eastern Basketball Team (Hongkong), dan runner up dari kompetisi Mongolia.

Adapun Pelita Jaya masuk Grup B. Disana mereka harus saling sikut dengan Hi-Tech Basketball Club (Thailand), Adroit Club (Singapura), dan juara dari kompetisi Mongolia.

Putaran pertama kualifikasi BCL Asia 2024 akan berlangsung Mongolia. Putaran kedua baru akan digelar di Indonesia pada 23-26 April 2024.

Cobaan berat akan dialami pemain Pelita Jaya dan Prawira. Pasalnya putaran pertama Kualifikasi BCL Asia 2024 digelar pada akhir bulan Ramadhan 2024. Para pemain yang beragama Islam masih menjalani ibadah puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Pintar Jaga Kondisi Selama Ramadhan

Mereka pun harus pintar-pintar mengatur fisik agar tidak kedodoran saat bertanding di bulan Ramadhan. Pasalnya dari jadwal yang dirilis Pelita Jaya dan Prawira juga akan kebagian bertanding pada pukul 15.00 waktu Mongolia. Jam berbuka puasa di Ulaanbaatar sendiri pada 18.58.

Meski demikian salah satu pemain yang akan ikut BCL Asia 2024 Yudha Saputera tak mempermasalahkannya dan tetap siap tempur.

"Ini bukan yang pertama ada di TC atau event basket pas bulan Ramadhan. Tahun lalu saya TC timnas di Australia satu bulan full bahkan harus Lebaran disana. Kalau saya pribadi caranya tinggal harus benar-benar pakai waktu istriahat dengan baik. Itu ngaruh banget. Pas latihan timnas itu pagi-sore sebelum buka. Agak berat tadi kalau sudah biasa sudah aman. Saya tetap menjalankan ibadah puasa," ujar Yudha akhir pekan kemarin di Jakarta.

Setelah melalui babak kedua itu, dua tim terbaik akan melanjutkan perjalanan ke babak utama. Mereka mewakili Asia Timur dan Asia Tenggara. Dan dua tim terbaik kualifikasi lainnya dari Asia Barat.

Untuk babak utama diselenggarakan pada Juni 2024. Juara liga dari China, Korea Selatan, Jepang, dan Filipina akan langsung masuk ke babak utama. Total babak utama BCL Asia diikuti delapan tim.

3 dari 3 halaman

Jadwal BCL Asia 2024 Babak Kualifikasi Putaran Pertama

3 April 2024

14.00 WIB Hi-Tech vs Pelita Jaya

19.00 WIB Prawira Bandung vs Runner-up Mongolia

4 April 2024

14.00 WIB Prawira vs Hong Kong Eastern

19.00 WIB Pelita Jaya vs Juara Mongolia

6 April 2024

11.30 WIB Prawira vs NS Matrix

14.00 WIB Adroit Club vs Pelita Jaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.