Sukses

Resep Susu Kurma untuk Lengkapi Menu Sahur Sehat

Resep susu kurma tidak hanya enak, namun juga padat gizi untuk melengkapi menu sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya memperhatikan makanan, konsumsi minuman sehat juga bisa jadi cara lain menunjang kesehatan tubuh selama berpuasa Ramadhan. Di antaranya, Anda bisa memilih susu kurma yang tidak hanya enak, namun juga padat gizi untuk melengkapi menu sahur.

Melansir Healthline, Kamis, 14 Maret 2024, karena kurma umumnya dikeringkan, kandungan kalorinya lebih tinggi dibanding kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma sama dengan buah kering lain, seperti kismis.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat, dan sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat sedikit. Meski berkalori cukup tinggi, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah besar serat.

Dengan hampir tujuh gram serat dalam porsi 3,5 ons, memasukkan kurma ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat harian yang akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara general. Dibanding jenis buah serupa, kurma memiliki kandungan antioksidan paling tinggi.

Sementara Anda tetap bisa mengonsumsinya secara langsung, opsi lainnya datang dari resep kurma susu, seperti dirangkum dari Cookpad @Devanlicious_.

Susu Kurma

Bahan-bahan:

11 buah kurma, jenisnya bisa disesuaikan selera masing-masing, bahkan dicampur

250 ml air mendidih

250 ml susu UHT full cream

 

Cara Membuat Susu Kurma

  1. Taruh kurma dalam mangkuk, rendam dengan air mendidih sekitar 15 menit atau sampai lunak.
  2. Pisahkan biji dengan daging kurma.
  3. Masukkan kurma dan air rendaman ke dalam blender, tambahkan susu UHT.
  4. Blender sampai semua tercampur, dan susu kurma siap dinikmati hangat maupun dingin dengan tambahan es batu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini