Sukses

Jadwal Puasa Sunnah Maret 2024 Minggu Terakhir Syaban Sebelum Ramadhan

Pada Maret 2024 yang bertepatan Syaban 1445 H terdapat puasa sunnah yang dilakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, yakni puasa Senin-Kamis.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap bulan baik dalam kalender Hijriyah maupun Masehi terdapat amalan puasa sunnah yang dapat dikerjakan umat Islam. Sedikitnya dalam setiap bulan ada dua puasa sunnah yang waktunya menentu, yaitu puasa Senin-Kamis dan puasa Ayyamul Bidh.

Pada Maret 2024 yang bertepatan Syaban 1445 H terdapat puasa sunnah yang dilakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, yakni puasa Senin-Kamis. Memang boleh puasa Senin-Kamis mendekati Ramadhan?

Sebagaimana kita tahu, saat ini bulan Syaban 1445 H sudah memasuki separuh akhir. Artinya, sudah lewat dari tanggal 15 Syaban atau yang dikenal dengan Nisfu Syaban.

Terkait melaksanakan puasa sunnah setelah Nisfu Syaban, memang ada hadis yang melarang berpuasa di waktu tersebut. Namun, banyak ulama yang tetap membolehkan umat Islam berpuasa setelah Nisfu Syaban.

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya dalam ceramahnya menyebutkan beberapa sebab orang boleh puasa di separuh akhir bulan Syaban. Salah satu adalah orang yang punya kebiasaan melaksanakan puasa sunnah seperti puasa Senin-Kamis.

Karena masih dibolehkan, umat Islam dapat mengamalkan puasa sunnah di awal Maret 2024 sebelum Ramadhan 1445 H. Berikut jadwal dan niatnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Puasa Sunnah Senin-Kamis Maret 2024

Merujuk kalender Hijriyah yang dirilis Kementerian Agama Republik Indonesia, berikut jadwal puasa sunnah Senin-Kamis di bulan Maret 2024.

  • Senin, 4 Maret 2024 M/23 Sya’ban 1445 H 
  • Kamis, 7 Maret 2024 M/26 Sya’ban 1445 H

Bagi warga Muhammadiyah, Senin, 11 Maret 2024 adalah hari pertama puasa Ramadhan, sehingga tidak dimasukkan ke dalam jadwal puasa sunnah, meskipun belum diketahui kapan pemerintah menetapkan awal puasa Ramadhan 1445 H, apakah sama dengan hasil hisab Muhammadiyah atau pada Selasa, 12 Maret 2024.

3 dari 3 halaman

Niat Puasa Sunnah Senin-Kamis

Waktu niat puasa Senin-Kamis adalah pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. Berikut adalah lafal niatnya.   

Puasa Senin 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى    

Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya: "Aku berniat puasa sunah hari Senin karena Allah ta‘âlâ."  

Puasa Kamis  

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الخَمِيْسِ لِلّٰهِ تَعَالَى   

Nawaitu shauma yaumil khamîsi lillâhi ta‘âlâ.   

Artinya: "Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta‘âlâ."  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.