Sukses

Makna Sabil, Nama Pemberian Gus Iqdam untuk Anak Denny Caknan

Gus Iqdam menitipkan nama spesial untuk untuk anak Denny Caknan. Nama yang dititipkan Gus Iqdam adalah Sabil. Berikut ini adalah makna Sabil dan contoh penerapannya untuk nama bayi

Liputan6.com, Jakarta - Pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, Gus Iqdam menitipkan nama spesial untuk untuk anak Denny Caknan. Nama yang dititipkan Gus Iqdam adalah Sabil.

Diketahui, sebelumnya istri Denny Caknan, Bella Bonita baru saja melahirkan anak pertama. Nama lengkap anak Denny Caknan adalah Sabil Maratungga Cundamani.

Dalam obrolannya Gus Iqdam dengan Denny Caknan, seperti diunggah akun TikTok @Jabbar ArumbanyGus Iqda awalnya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Denny, sang penyanyipun berharap tahun depan bisa ikut memeriahkan acara serupa.

"Matursuwun Mas Denny, semoga Mas Denny sering-sering ke sini," kata Gus Iqdam.

"Siap gus, moga-moga tahun depan kulo malih saged ngisi gus," kata Dennya.

"Maturnuwun Gus Iqdam, kalih nyuwun dongane, anak kulo lahir. Mangke badhe ngobrol nyuwun jeneng," kata Denny. Selain berterimakasih, ia juga minta doa untuk anaknya, sekaligus berniat ngobrol soal nama anaknya.

"Kasih nama terbaik, kalau bisa kasih nama 'Sabil'. Karena Mas Denny mulai malam ini menjadi keluarga besar Sabilu Taubah," kata Gus Iqdam.

"Kenek go tenger, mbiyen anake lahir bapake ngaji neng Sabilu Taubah," ujar Gus Iqdam yang artinya, nama tersebut bisa buat tanda, jika dahulu saat anaknya lahir, bapknya ngaji di Sabilu Taubah.

Lantas, apa makna Sabil yang diberikan Gus Iqdam untuk anak Denny Caknan tersebut?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Sabil dalam Kamus Istilah Semua Indonesia Arab

Nama Sabil itu sendiri tergolong nama bagus dan indah untuk anak bayi Islam. Selain tergolong dalam nama bayi Islami dari asal bahasa Arab, uniknya kata ini ada pada arti dan maksud nama Sabil yang memiliki makna jalan.

Kita pun dapat maknai arti jalan sebagai doa agar bayi bisa menjelma sebagai sosok yang berguna bagi orang yang sekitarnya, dermawan, dan murah hati.

Lazimnya, Sabil disematkan untuk nama bayi laki-laki. Namun, tak tertutup kemungkinan pula, sabil disematkan untuk nama bayi perempuan. 

Sabil juga bisa memiliki makna tergantung konteks penggunaan kalimat. Melansir almaany.com, Terjemahan dan Arti سبيل di Kamus Istilah Semua Indonesia Arab:

سَبِيْل

jalan, jalur, alur, jejak, rute, saluran, sarana, medium, alat, cara [Umum]

سَبِيل

berlalu [Quran]

 سَبِيل

jalan [Quran]

 سَبِيل

perjalanan [Quran]

ٱلسَّبِيلَا۠ - سَبِيلَا۠ ، سَبِيل -

jalan [Quran]

 

3 dari 3 halaman

Contoh Penggunaan 'Sabil' dalam Nama Bayi

Mengutip namamia.com, Sabil adalah nama populer untuk anak Laki-laki. Nama Sabil paling cocok untuk nama tengah.

Misal seperti Justice Sabil, Abdullah Sabil Satyawacana, Akmal Sabil, Muh. Sabil, Muhammad Sabil Al Fattah, dll. Nama ini di indonesia paling banyak ada di kota Pangkal Pinang, Jakarta, Brebes, Garut, Tasikmalaya.

Arti dalam berbagai bahasa:

Sabil dalam bahasa Indonesia, artinya Jalan suci. Sabil dalam bahasa Islami, artinya Jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.