Sukses

Doa Jumat Pagi yang Dapat Melebur Dosa, Berikut Bacaan dan Maknanya

Doa Jumat pagi diyakini dapat melebur dosa-dosa yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun

Liputan6.com, Jakarta - Jumat merupakan hari yang mulia dan istimewa bagi umat Islam. Pada hari Jumat, kita dianjurkan untuk membaca doa khusus yang dapat menjadi sarana pengampunan dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

Doa ini dinamakan doa Jumat pagi dapat melebur dosa. Doa ini juga diyakini dapat melebur dosa-dosa yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

Doa Jumat pagi merupakan salah satu ibadah yang penting. Dimana kita dapat memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Berikut merupakan keistimewaan hari Jumat dan bacaan doa pelebur dosa, dikutip dari laman dream.co.id. Dengan mengamalkan doa ini, insyaAllah akan dapat membersihkan dan mendekatkan diri, serta meraih keberkahan dari Nya. 

Semoga kita Muslim dapat merasakan ketenangan, kepuasaan batin, dan mendapatkan pengampunan dari-Nya. Aamiin

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Hari Jumat dalam Islam

Hari Jumat memiliki keutamaan yang sangat penting dalam Islam. Hari Jumat dianggap sebagai hari yang penuh berkah dan keberkahan.

Dalam surah Al-Jumu'ah ayat 9-10, Allah SWT berfirman bahwa ketika disebutkan adzan untuk sholat Jumat, maka hendaklah umat Islam meninggalkan perniagaan dan menyibukkan diri dalam mencari rahmat Allah.

Selain itu, hari Jumat juga diyakini sebagai hari di mana doa-doa umat Islam dikabulkan.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa ada satu waktu di hari Jumat di mana doa-doa umat Islam tidak akan ditolak, dan para sahabat bertanya kapan waktu itu, lalu Rasulullah SAW menjawab bahwa itu terjadi ketika imam sudah naik ke mimbar sampai selesai sholat Jumat.

Umat Islam (laki-laki) diwajibkan melakukan shalat Jumat sebagai bentuk ibadah dan kepatuhan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, dengan melaksanakan sholat Jumat umat Islam diharapkan mendapatkan keberkahan dan semakin dekat kepada Allah SWT.

3 dari 4 halaman

Doa Jumat Pagi yang Dapat Melebur Dosa

Dari sahabat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila kita merasa dosa kita begitu besar, bahkan sebanyak buih di lautan, berdoalah di hari Jumat."Anas bin Malik mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa membaca 'Astagfirullahalladzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi' sebanyak 3 kali pada Jumat pagi sebelum shalat Ghadat (Subuh), maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya walaupun (dosa itu) sebanyak buih di lautan." (HR. Ibnu Sinni)

Berikut bacaan doa Jumat pagi yang dapat melebur dosa berdasarkan hadis tersebut:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Dengan rahmat dan petunjuk dari-Nya, semoga doa ini dapat membantu melebur dosa-dosa kita sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan untuk senantiasa memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Terutama di hari Jumat yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri. Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan dan ampunan-Nya. Amin ya rabbal'alamin.

4 dari 4 halaman

Doa Jumat Pagi dapat Melebur Dosa: Sayyidul Istighfar

Bacaan Arab:

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ،أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Latin

Allahumma Anta Rabbii laa ilaaha illaa Anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa Anta

Artinya:”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu” “Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku, Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat” “Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”. (HR. Bukhari).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.