Sukses

Top 3 Islami: Dulu Arab Padang Rumput dan Akan Kembali Hijau Sebagai Tanda Kiamat, Jadwal dan Amalan Malam 27 Rajab

Ulasan tentang bumi Arab yang dulu penuh padang rumput, dan akan kembali menghijau sebagai tanda kiamat menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, publik dibikin heboh oleh fenomena langka di Arab Saudi, yakni padang pasir dan gunung-gunung kembali menghijau. Tak hanya itu, di beberapa wilayah bahkan turun hujan salju.

Peristiwa langka ini disambut dengan gembira oleh masyarakat Arab Saudi. Namun, tak sedikit pula yang mengaitkannya dengan kiamat.

Bumi Arab menghijau sebagai tanda kiamat ada dalam hadis Nabi SAW. Nabi mengungkapkan, kiamat tak akan terjadi hingga Arab subur makmur dipenuhi padang rumput dengan sungai-sungai yang mengalir.

Ulasan tentang bumi Arab yang dulu penuh padang rumput, dan akan kembali menghijau sebagai tanda kiamat menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Senin (5/2/2024).

Artikel yang tak kalah menyita perhatian adalah jadwal dan amalan malam 27 Rajab.

Sementara, artikel ketiga terpopuler adalah 4 tempat suci yang tak akan bisa dimasuki Dajjal.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dahulu Tanah Arab Adalah Padang Rumput, Akan Kembali Menghijau Jelang Kiamat

Rasulullah SAW meriwayatkan tanah Arab akan kembali menghijau menjelang kiamat. Bahkan, di gurun nan gersang itu akan mengalir sungai-sungai yang mengalirkan air.

Mungkin ini aneh. Sebab, eperti bisa dilihat sekarang, tanah Arab adalah gurun panas. Namun kelak, tanah Arab menghijau jelang kiamat.

Mengutip kanal Islami Liputan6.com, dijelaskan dalam hadis dari Abu Hurairah RA  bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَكْثُرَ المَالُ وَيَفِيضَ، وَحَتَّى يَخْرُجَ الرَّجُلُ بِزَكَاةِ مَالِهِ فَلَا يَجِدُ أَحَدًا يَقْبَلُهَا مِنْهُ، وَحَتَّى تَعُودَ أَرْضُ العَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا

“Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruah, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya, tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan, sehingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai.” (HR Muslim).

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Jadwal dan Amalan Malam 27 Rajab 2024, Jangan Terlewat!

Pada malam 27 Rajab tahun 10 kenabian terjadi peristiwa yang sangat bersejarah dan selalu diingat oleh umat Islam seluruh dunia. Sebab, peristiwa itu melahirkan perintah sholat lima waktu yang menjadi amalan wajib rutinan seorang muslim.

Peristiwa itu dikenal dengan Isra Mi’raj. Isra Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu menuju Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT.

Jika diukur, jarak Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsa (Palestina) sangatlah perlu waktu berhari-hari tiba di tujuan. Apalagi di zaman nabi saat itu belum ada pesawat.

Namun ajaibnya, perjalanan Isra Mi’raj hanya dilakukan dalam satu malam. Perjalanan kilat sampai mendapat perintah sholat itu tidam merupakan izin dan kehendak-Nya.

Peristiwa Isra Mi’raj sampai sekarang selalu diperingati oleh umat Islam setiap tanggal 27 Rajab. Di Indonesia, berbagai acara dengan konsep yang berbeda-beda digelar setiap tanggal 27 Rajab untuk memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Selain mengenang Isra Mi’raj, pada malam 27 Rajab terdapat amalan khusus yang sayang dilewatkan. Apa amalan malam 27 Rajab dan kapan waktunya? Simak di halaman berikutnya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 4 Tempat Suci di Bumi yang Dilindungi Allah dan Tak Bisa Dimasuki Dajjal

Sosok Dajjal mungkin tidak lagi terdengar asing di telinga kita. Kelak makhluk ini akan muncul di akhir zaman menjadi pertanda datangnya hari kiamat.

Dajjal mempunyai bentuk fisik hampir serupa dengan manusia, namun ia memiliki kekuatan luar biasa dan mampu melakukan mukjizat atau keajaiban yang menyesatkan.

Kehadirannya akan membawa malapetaka bagi umat manusia. Meskipun begitu, perlu kita ketahui bahwa terdapat beberapa tempat di bumi yang tidak bisa dimasuki Dajjal.

Hal tersebut juga telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim tentang empat tempat di bumi yang tidak bisa dimasuki Dajjal.

Di mana sajakah itu? Berikut uraiannya dirangkum dari laman dream.co.id.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.