Sukses

Dahsyatnya Kiamat Hingga Sebabkan Rambut Anak Kecil Mendadak Beruban, Sudah Siapkah Kita?

Saking dahsyatnya peristiwa ini sehingga membuat seketika rambut anak kecil beruban. Suatu kejadian super hebat dan dahsyat yang sangat sulit dibayangkan oleh nalar manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Kiamat merupakan peristiwa kehancuran semesta alam yang tidak ada peristiwa kehancuran lain yang menyamai dahsyatnya.

Banyak sekali keterangan tentang dahsyatnya peristiwa mengerikan ini yang termaktub dalam Al-Qur’an dan sabda Rasulullah SAW serta efek yang ditimbulkan dari peristiwa super spektakuler ini.

Saking dahsyatnya peristiwa ini sehingga membuat seketika rambut anak kecil beruban. Suatu kejadian super hebat dan dahsyat yang sangat sulit dibayangkan oleh nalar manusia.

Namun itulah ketetapan Allah SWT atas dunia ini yang sewaktu-waktu, entah kapan waktunya, namun kedatangannya merupakan suatu keniscayaan.

Lantas apa yang menyebabkan rambut anak-anak kecil menjadi beruban di hari kiamat?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rambut Anak Kecil Beruban

Kejadian hari kiamat sangat dahsyat dan sangat sulit dibayangkan oleh akal manusia. Misalnya Allah jadikan anak kecil tiba-tiba menjadi beruban rambutnya karena dahsyatnya hari kiamat.

Allah berfirman,

فَكَيْفَ تَتَّقُونَ إِنْ كَفَرْتُمْ يَوْمًا يَجْعَلُ الْوِلْدَانَ شِيبًا

“Bagaimana mungkin kalian bisa bertaqwa sementara kalian tetap kafir kepada hari kiamat yang menjadikan anak-anak beruban.” (Al-Muzammil: 17)

Dalam Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI via Tafsirweb.com tentang ayat di atas dijelaskan bahwa ketentuan Allah yang akan menghukum siapa saja yang mendurhakai rasul-Nya tetap berlaku sepanjang masa, bagaimanakah kamu akan dapat menjaga dirimu dari jatuhnya siksa Allah jika kamu tetap kafir kepada hari yang sedemikian berat lagi dahsyat sehingga menjadikan anak-anak kecil saking takutnya berubah menjadi tua dan beruban.

Dalam Tafsir itu, bahwa penyebab anak kecil rambutnya mendadak beruban karena saking rasa takutnya yang tidak bisa digambarkan terhadap peristiwa mengerikan ini.

Demikian halnya dalam kitab Tafsir yang lain seperti An-Nafahat Al-Makkiyah karya Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi menjelaskan bahwa orang-orang yang tetap kokoh atas kekufuruan dan kedurhakaan tidak akan bisa berlindung dari keburukan azab Allah di hari kiamat.

Adapun yang dimaksud memutihkan rambut anak-anak kecil ini karena sifat peristiwa itu yang sangat dahsyat dan mengerikan.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Yang Tahu Datangnya Kecuali Allah

Menukil Muhammadiyah.or.id, Allah menegaskan bahwa yang mengetahui waktu kiamat hanyalah Allah Ta’ala. Para Rasul, Nabi, malaikat dan jin tidak mengetahuinya. Firman Allah dalam Al-Qur'an Surah 187,

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ .

"Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Para ulama membagi tanda-tanda akhir zaman menjadi dua bagian: sugra dan kubra. Sughra ialah tanda-tanda yang muncul lalu menghilang, yaitu tanda-tanda yang jauh waktu terjadinya dengan kiamat, mempunyai dampak pada sebagian manusia, dan dirasakan pada sebagian tempat. Sementara Kubra adalah tanda-tanda yang waktu munculnya sudah dekat dengan kiamat, mempunyai dampak besar bagi seluruh manusia, dan dirasakan di semua tempat.

Tanda-tanda kiamat sugra seperti diutusnya Nabi Muhammad, bulan terbelah, wafatnya Nabi Muhammad, kematian para sahabat, penaklukan Baitul Maqdis, banyak kematian (wabah ‘Amwas) yang memusnahkan seperti kemusnahan domba, banyak muncul ragam fitnah, pemberitahuan Nabi Muhammad tentang pertempuran Sifin, munculnya Khawarij, munculnya orang-orang yang mengaku nabi, Dajjalin (para penipu) dan para pendusta, dan lain-lain.

Sementara tanda-tanda kiamat kubra adalah adanya Dajjal, turunnya Isa bin Maryam, munculnya Yakjuj Makjuj, matahari terbit dari barat, munculnya binatang yang berbicara kepada orang-orang, tertelan bumi di timur, tertelan bumi di barat, tertelan bumi di semenanjung Arab, api yang keluar dari Yaman mengusir orang-orang ke tempat pengumpulan mereka.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.