Sukses

Top 3 Islami: Amal Sholeh yang Lebih Utama dari Haji dan 20 Umrah, Kiamat Menurut Mbah Moen, Lagu Favorit Gus Novel ST Ucat

ternyata ada amal sholeh yang lebih utama dari haji dan umrah. Ulasan mengenai amal sholeh yang lebih utama dari ibadah haji dan umrah ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Tiap muslim mendambakan bisa melakukan ibadah haji dan umrah. Sebab, ibadah haji merupakan kewajiban utama dan menjadi salah satu rukun Islam.

Namun, kini banyak umat Islam yang tak bisa menunaikan ibadah haji. Bukan lantaran tak memiliki harta, namun kesempatan sangat langka. Meski begitu, tak bisa dipungkiri, banyak pula yang terkendala biaya. 

Namun jangan khawatir, ternyata ada amal sholeh yang lebih utama dari haji dan umrah. Ulasan mengenai amal sholeh yang lebih utama dari ibadah haji dan umrah ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Rabu (31/1/2024).

Artikel kedua yang tak kalah populer adalah soal kiamat. Menurut Mbah Moen, kiamat tak akan terjadi selama orang-orang masih melakukan hal ini.

Sementara, artikel ketiga terpopuler adalah lagu favorit putra Gus Iqdam. Berumur 4 tahun, Gus Novel kini sudah suka bersenandung dan syiir.

Lagu populer yang jadi kesukaan Gus Novel ini ternyata juga kerap dinyanyikan oleh Ning Umi Laila, pendakwah perempuan populer.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Masyaallah! Inilah Amal Sholeh yang Lebih Utama dari 2 Kali Haji dan 20 Kali Umrah

Ibadah haji memiliki nilai pahala yang luar biasa besarnya. Sehingga surga adalah imbalan yang pantas bagi mereka yang menunaikan haji.

Rasulullah juga menyebutkan dalam riwayat Bukhari, Muslim, At-Turmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, bahwa orang-orang yang berhaji dengan benar maka akan diampuni dosanya layaknya ketika baru dilahirkan.

Akan tetapi tidak semua orang mampu untuk menjalankan ibadah haji, dengan beragam faktor seperti ekonomi, waktu dan sebagainya.

Tak perlu khawatir, ternyata ada juga amal saleh yang lebih utama daripada ganjaran ibadah haji, hal ini mengacu pada pendapat dari sebagian ulama.

Fudhail bin Iyadh mengatakan, kesalehan sosial berupa kejujuran pada takaran atau timbangan dalam transaksi memiliki ganjaran dua kali lipat pahala ibadah haji dan 20 kali pahala ibadah umrah. Berikut uraian selengkapnya mengutip dari laman NU Online.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Dunia Tidak Akan Kiamat Selama Masih Ada Orang Melakukan Ini, Dawuh Mbah Moen

KH Maemoen Zubair atau kerap disapa Mbah Moen merupakan salah satu ulama kharismatik tanah air yang berasal dari Rembang, Jawa Tengah.

Meskipun telah meninggal dunia, petuah atau nasehat sosok alim allamah dan ahli ibadah ini hingga kini masih dijadikan pegangan masyarakat luas.

Dalam ceramah-ceramahnya, Gus Baha dan para kiai lainnya sering kali menukil pandangan-pandangan beliau. Salah satu dawuhnya yang sangat menarik ialah ketika membahas tentang eskatologi Islam yakni hari kiamat.

Dalam salah satu pembahasannya tentang kiamat ia menyandingkan dengan perilaku manusia. Pasalnya, tanda-tanda kiamat salah satunya bisa diketahui dari perilaku-perilaku manusia.

Menurutnya, dunia tidak akan kiamat jika masih ada orang yang mau mengaji atau menekuni ilmu-ilmu agama. Dalam tataran ini mengaji bisa saja di pondok pesantren atau tempat-tempat lain yang mengajarkan tentang pengetahuan agama.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Sudah Tahu Lagu Kesukaan Gus Novel 'ST Ucat' Saat Ini? Sering Dinyanyikan Ning Umi Laila, Liriknya Begini

Bukan hanya Gus Iqdam yang viral. Oang di sekitarnya pun ikut terkenal, seperti istrinya dan anaknya pun kini ikutan viral.

Ahmad Novel Zubaidi Al Munawwir atau Gus Novel sering manghiasi layar TikTok maupun Youtube, dengan polah tingkah yang super menggemaskan.

Kini namanya pun tambah viral dengan tambahan panggilan 'ST Ucat', Gus Novel ST Ucat, sematan nama ini dikarena Gus Novel belum bisa lengkap menyebut nama ST Pusat, ia hanya bisa st ucat waktu itu.

Gus Novel ST Ucat yang kini berusia 4 tahun ini memiliki lagu kesukaan, yaitu lagu 'Walisongo' yang biasa dilantunkan Ning Umi Laila pendakwah perempuan asal Surabaya.

Gus Iqdam bercerita dalam salah satu rutinan, jika anaknya sangat suka dengan lagu 'sunan-sunan' bahkan saat nangis pun, Gus Novel langsung terdiam bahkan langsung nyanyi.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.