Sukses

Gus Iqdam Ungkap 4 Amaliah untuk Buktikan Cinta kepada Rasulullah dari Imam An-Nawawi

Lalu amaliah apa yang membuktikan kita cinta kepada Rasulullah SAW? Berikut ini adalah penjelasan pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, Gus Iqdam, yang berdasar dari Imam An-Nawawi.

Liputan6.com, Jakarta - Mubaligh muda viral Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam membeberkan tiga perkara yang membuktikan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

Cinta tak sekadar kata-kata tapi perlu bukti. Demikian sering kita mendengar ungkapan semacam itu dari seseorang yang sedang dilanda kasmaran.  

Rupanya ungkapan tersebut memang benar. Jika cinta hanya kata-kata tanpa bukti, itu hanya sebuah kebohongan saja dan tak perlu dipercaya.

Demikian halnya jika kita cinta kepada Rasulullah SAW, tentu saja perlu bukti atas konsekuensi cinta itu melalui tindakan-tindakan yang nyata.

Lalu amaliah apa yang membuktikan kita cinta kepada Rasulullah SAW? Berikut ini adalah penjelasan pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah ini, yang berdasar dari Imam An-Nawawi.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membaca Shalawat dan Mengikuti Sunnah Nabi

Gus Iqdam mengatakan, bahwa cinta kepada Rasulullah SAW juga perlu bukti alias tindakan yang nyata. Ia menukil perkataan ulama yang tersohor kealimannya yakni Imam Nawawi.

Imam Nawawi mengatakan bahwa ada 4 amalan yang membuktikan bahwa kita benar-benar mencintai Rasulullah SAW.

1. Banyak Bersholawat

Bukti yang pertama ialah assholatu alaihi, yakni bersholawat kepada Rasulullah SAW. Orang yang cinta Nabi SAW maka senantiasa akan mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW.

“Cara membuktikan kecintaan kita kepada Nabi itu kalau menurut Imam Nawawi itu ashlatu alaihi,” terang Gus Iqdam dikutip dari tayangan YouTube Ngalab Berkah Selasa (13/12/2023).

Banyak lafal shalawat Nabi dari yang pendek hingga yang panjang. Lafal shalawat yang pendek seperti shallallhu ‘ala Muhammad atau Allahumma shalli ala Muhammad. Jika menghendaki sholawat yang panjang ada shalawat Tibbil Qulub, Busyra dan masih banyak lagi.

2. Mengikuti Sunnah Nabi

Selain membaca shalawat amalan lain yang membuktikan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW yakni mengikuti sunah Nabi

“Dan yang kedua itu itba’us Sunnah, mengikuti sunah-sunahnya Nabi, pokoknya mengikuti akhlaqul karimahnya Nabi,” terang Gus Iqdam

3 dari 3 halaman

Mencintai Keturunannya dan Orang-orang yang Menolong Agama Allah

3. Mencintai Keturunan Nabi

Selain dua hal di atas, maka sebagai bukti cinta kita kepada Rasulullah SAW maka kita juga harus mencintai keturunan Rasulullah SAW.

4. Mencintai Kiai dan Ulama

Selain itu amaliah terakhir yang membuktikan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW ialah mencintai orang-orang yang menolong agama Allah SWT, seperti para kiai dan ulama.

“Setelah itu hubbub ahi baitihi, cinta dengan keluarganya Nabi SAW, keturunannya Nabi SAW, seperti para habaib itu luh” paparnya

“Setelah itu hubbul anshor, siapa itu? Orang-orang yang menolong agamanya Allah SWT, seperti yang menghidupkan masjid, mushalla,” tandasnya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.