Sukses

Top 3 Islami: 30 Tanda Kiamat Menurut KH Hasyim Asy'ari, Lafal Seribu Dinar dan Kemeriahan Pengajian Gus Iqdam di Pendopo Soimah

Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari memaparkan ada 30 tanda kiamat. Diketahui, tanda-tanda kiamat banyak disebut dalam Al-Qur'an maupun hadis

Liputan6.com, Jakarta - Topik tentang kiamat selalu menarik diulas. Meski tak ada satupun makhluk mengetahui kapan waktu terjadinya, namun tanda-tanda kiamat sudah diungkapkan oleh Rasulullah SAW.

Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari memaparkan ada 30 tanda kiamat. Diketahui, tanda-tanda kiamat banyak disebut dalam Al-Qur'an maupun hadis.

Pun dengan detik-detik dahsyat terjadinya kiamat.

Artikel mengenai tanda kiamat menurut KH Hasyim Asy'ari ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (26/11/2023).

Artikel lain yang tak kalah menyita perhatian adalah lafal ayat seribu dinar untuk menarik rezeki dari segala penjuru.

Sementara artikel ketiga yakni foto-foto kemeriahan pengajian pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah Gus Iqdam di Pendopo Soimah. Yogyakarta.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 30 Tanda Kiamat Menurut KH Hasyim Asy’ari dan Penjelasannya (Bagian I)

Hari kiamat adalah suatu keniscayaan. Hari akhir itu akan tiba pada waktunya sesuai yang dikehendaki Allah SWT.

Tak ada yang mengetahui pasti secara rinci kapan terjadinya kiamat. Bahkan, Rasulullah SAW pun tak diberitahu ihwal waktu tepatnya kiamat.

Kiamat akan terjadi jika tanda-tandanya sudah mulai tampak. Tanda-tanda kiamat banyak disebut dalam hadis dan Al-Qur’an. Sebagian ulama juga mengungkapkan tanda-tanda kiamat.

Salah satunya adalah pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari. Ulama kelahiran Jombang ini dalam kitabnya Risalah Ahlussunnah wal Jamaah menyebut 30 tanda-tanda kiamat. 

Mengutip Tebuireng.online, tanda-tanda kiamat menurut Mbah Hasyim ini berdasarkan hadis-hadis nabi. Pada Bagian I, Liputan6.com menguraikan 10 dari 30 tanda-tanda kiamat menurut Mbah Hasyim lengkap dengan penjelasannya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Lafal Ayat Seribu Dinar Surat At-Thalaq 2-3 Arab, Latin dan Artinya: Gelontoran Rezeki dari Arah Tak Disangka

Dalam Al-Qur'an ada ayat yang disebut sebagai ayat seribu dinar. Dimaksudayat seribu dinar karena keistimewaan ayat ini diyakini akan membuka pintu rezeki.

Karena itu, banyak umat Islam yang meyakini dan mengamalkan ayat seribu dinar.

Mengutip Baznas.go.id, ayat yang merupakan bagian dari akhir ayat 2 dan seluruh ayat 3 dalam Surat At-Thalaq ini disebut sebagai ayat seribu dinar, sebab ayat ini diyakini tidak hanya mampu membuka pintu rezeki, namun juga meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam lafal ayat ini, ada yang disebut sebagai rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Hal itu menunjukkan betapa Maha Berkuasa dan Maha Pemberinya Allah SWT.

Ayat ini sekaligus memperlihatkan betapa Allah sangat menyayangi makhluk yang bertakwa kepada-Nya.

Sebelum membahas kandungan ayat seribu dinar lebih lanjut, simak bacaan atau lafal ayat seribu dinar dan artinya terlebih dahulu.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Pecah! Foto-foto Kemeriahan Pengajian Gus Iqdam di Pendopo 'Tulungo' Soimah

Beberapa hari yang lalu, pengasuh Majelis Ta’lim Sabilu Taubah Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam ini didapuk untuk mengisi ceramah di Pendopo Tulungo milik artis ternama Soimah.

Acara pengajian ini sangat meriah dengan membludaknya jemaah yang hadir hingga mencapai panjang 10 km.

Hadir juga artis sekaligus pembawa acara papan atas yang juga merupakan sahabat karib Soimah, Irfan Hakim. Hadir pula dalam acara itu seniman kondang asal Jawa Timur Abah Kirun.

Acara ini digelar pada malam Jumat (24/22/23) ini dalam rangka haul leluhur Soimah Pancawati dan suaminya Herwan Pandoko.

Berikut ini beberapa foto penampakan kemeriahan acara pengajian di pendopo Soimah Pancawati dikutip dari tayangan YouTube Short @SBR2.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.