Sukses

Kisah Nathalie, Jemaah Kristen Minta Didoakan saat Gus Iqdam Umrah, Ingin Segera Mualaf

Jemaah Kristen Gus Iqdam minta didoakan sat umrah, luar biasa banget doanya nih...

Liputan6.com, Jakarta - Dai muda NU Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam pimpinan Majelis Ta'lim Sabilu Taubah Blitar dititipi doa oleh salah satu jemaahnya saat umrah.

Titip doa ini dari saudara beragam lain, yaitu Kristen. Tititpan doanya pun luar biasa. Nathalie meminta agar didoakan agar bisa segera siap mualaf atau masuk Islam.

Berdoa adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri dan bentuk penghambaan kepada Allah SWT, dan memohon segala kebaikan dari-Nya. Terutama saat haji dan umrah.

Titip doa umrah biasanya datang dari seseorang yang belum bisa berangkat ke Baitullah.

Tujuannya agar orang yang berangkat ke tanah suci akan memohonkan doanya di tempat tempat-tempat mustajab seperti Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Dengan harapan doa-doa tersebut lebih mudah diijabah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tradisi Titip Doa Merupakan Tradisi Lama

Sebagian besar masyarakat berpendapat kesempatan menunaikan ibadah umrah bagi seorang muslim tentunya sangat membahagiakan. Bisa beribadah dan memohonkan doa secara langsung di tanah suci Makkah.

Tradisi titip doa kepada orang yang umroh atau haji telah berakar sejak lama. Menurut Syekh Abu Bakr al-Ajurriy, tradisi titip doa adalah sesuatu yang dianjurkan.

Kisah Gus Iqdam ini diceritakan saat dirinya sedang malaksanakan rutinan Sabilu Taubah Kamis malam beberapa waktu lalu.

 

3 dari 3 halaman

Doa yang Diinginkan Nathalie

"Tadi saya ngopi, Nathalie menyapa saya, Gus berangkat umrah kapan, Gus saya didoakan di sana ya," kata Gus Iqdam sembari menirukan ucapan Nathalie, salah seorang jemaah Gus Iqdam nonmuslim ini.

Gus Iqdam berangkat umrah tanggal 6 November lalu. Berangkat bersama keluarganya ke tanah suci.

"Nathalie ini Kristen. Di Makkah disuruh didoakan. Sudah tak bilangin jangan datang malam Jumat. Malam Jumat itu ritual kita. Malam ini yang datang dua orang Kristen dan Katolik," ujar Gus Iqdam.

Nathalie tidak mau menunggu sampai Senin malam ternyata, katanya sudah kangen Gus Iqdam dan jemaah ST.

Kembali ke persoalan doa di tanah suci, doa yang diminta ternyata luar bisa. "Saya disuruh doain, saya tanya Mbak Nathalie doain apa mba Nathalie?," kata Gus Iqdam.

Ternyata Nathalie minta didoakan agar segera mualaf. "Doakan saya segera mualaf Gus," kata Gus Iqdam menirukan kata Nathalie.

"Siap tenang, jangan khawatir, semua akan ST pada waktunya," gurau Gus Iqdam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.