Sukses

Amalan di Bulan Safar yang Pahalanya 700 Kali Lipat, Jangan Sampai Ketinggalan!

Pada bulan Safar, ada tiga amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat, amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat, amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat

Liputan6.com, Jakarta - Kurang lebih sepekan sudah umat Islam berada di bulan Safar. Mumpung masih awal, kita bisa memaksimalkan amal dan ibadah di bulan kedua kalender Hijriyah ini.

Pada Bulan Safar, ada berbagai amalan yang dapat memberikan pahala besar. Mengutip laman nu.or.id, setidaknya, ada tiga amal berlipat ganda yaitu amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat, amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat, amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat. 

Soal amal kebaikan yang nilai pahalanya 10 kali lipat, Imam an-Nawawi mengatakan, setiap kebaikan itu pasti pahalanya dilipatgandakan sampai 10 kali lipat atas dasar rahmat Allah. Maka amal kebaikan apapun pahalanya otomatis 10 kali lipatnya. Ini seiring dengan firman Allah QS Al-An’am ayat 16.

Kedua, amal kebaikan yang mendapat pahala 700 kali lipat, di antaranya sebagai berikut.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amal yang Pahalanya 700 Kali Lipat

1. Donasi untuk perjuangan jihad fi sabilillah

Hal ini sebagaimana disabdakan langsung oleh Nabi Muhammad saw, “Siapa saja yang mengirim donasi infak untuk perjuangan jihad fi sabilillah sementara ia sendiri hanya diam di rumah (tidak ikut berangkat berjuang), maka baginya setiap donasi satu dirham mendapatkan pahala 700 dirham.” (Hadits riwayat Ibnu Majah dan Al-Mundziri).

2. Amal apa saja sesuai dengan tingkat keikhlasan, kekhusyukan, kemanfaatan bagi orang lain dan semisalnya

Hal ini sesuai dengan penjelasan Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam kitabnya Fathul Bari, juz II halaman 326 dan sabda Nabi Muhammad saw, “Setiap amal manusia dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat.” (Hadits riwayat Imam Muslim).

3 dari 3 halaman

3. Dzikir Masuk Pasar

Amal kebaikan yang pahalanya mencapai lebih dari 700 kali lipat bahkan tak terhingga. Di antara amalan itu adalah membaca dzikir masuk pasar. Dalam konteks sekarang masuk mall, dan semisalnya.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad saw berikut.

Artinya, “Siapa saja yang masuk ke pasar lalu membaca dzikir yang artinya: ‘Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian, Allah Dzat yang menghidupkan dan yang membinasakan, Allah Dzat adalah Yang Maha Hidup yang tidak akan pernah binasa, hanya pada kekuasan-Nya lah kebaikan, dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu’; maka Allah pastikan bagi orang yang membacanya itu sejuta kebaikan, Allah lebur darinya sejuta keburukan, dan Allah angkat baginya sejuta derajat.” (Hadits riwayat al-Hakim).

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.