Sukses

Cara dan 6 Adab Berdoa yang Benar, Insya Allah Segera Terkabul

Berdoa tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar doa tersebut sesuai syariat dan segera diijabah oleh-Nya.

Liputan6.com, Jakarta - Berdoa menjadi amalan yang sangat baik sebagai bentuk kedekatan seorang hamba kepada Tuhannya. Berdoa menunjukkan bahwa Allah SWT adalah tempat memohon dan bersandar dalam kondisi apapun. Karena Dia-lah penguasa segalanya dan yang menentukan kehidupan umat manusia.

Islam memerintahkan umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, seperti dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surah Ghafir ayat 60, berikut ini:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60).

Meski begitu, berdoa tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Ada cara berdoa yang benar sesuai ajaran Islam agar doa tersebut segera diijabah oleh-Nya. Dirangkum dari laman dream.co, berikut merupakan 6 adab berdoa yang benar sesuai dengan ajaran Islam.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Berdoa yang Benar

1. Membaca Sholawat Nabi di Awal

Setiap akan berdoa, akan lebih baik jika diawali dengan membaca sholawat Nabi terlebih dahulu. Dengan membaca sholawat Nabi dahulu, maka hal ini tidak akan menghalangi doa. Seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad berikut ini:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak).” (HR. Ahmad).

2. Berdoa di Waktu Mustajab

Cara berdoa yang benar selanjutnya adalah dilakukan pada waktu yang mustajab. Dalam hal ini ada beberapa waktu yang disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT. Seperti dikutip dari merdeka.com, waktu-waktu tersebut adalah saat sujud, jeda di antara adzan dan iqamah, setelah sholat fardhu, sepertiga malam, bulan Ramadan, di hari mulia seperti hari Arafah dan hari Jumat, di antara dua waktu sholat (dhuhur dan ashar, ashar dan maghrib), serta setelah mengkhatamkan membaca Al-Quran.

3. Mengangkat Tangan dan Menghadap Kiblat

Cara berdoa yang benar sesuai ajaran Islam adalah dengan mengangkat tangan sembari menghadap kiblat. Dari Salman al-Farisi, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hambanya yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, kemudian tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan.”

3 dari 3 halaman

Cara Berdoa yang Benar

4. Yakin Bahwa Allah SWT akan Mengabulkan

Ketika berdoa, sebaiknya benar-benar menanamkan keyakinan dalam hati bahwa Allah SWT akan mengabulkannya. Mungkin bukan sekarang, tetapi Allah SWT pastinya sudah tahu kapan waktu terbaik akan mengabulkan doa hamba-Nya. Hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini:

“Berdoalah kepada Allah dan kalian yakinlah akan dikabulkan. Ketahuilah sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai dan lengah dengan doanya.” (HR. Tirmidzi).

5. Tidak Tergesa-gesa saat Berdoa

Cara berdoa yang benar adalah dengan tidak tergesa-gesa. Hal ini juga berkaitan dengan adab yang baik ketika meminta sesuatu pada orang lain. Tentunya meminta itu dilakukan dengan bahasa yang sopan dan tidak terburu-buru yang seolah-olah memaksa.

Begitupun dalam berdoa, lakukanlah dengan perlahan dan resapilah setiap permohonan yang diucapkan. Insyaallah, Allah SWT akan mendengar doa kita dan mengabulkannya.

6. Berdoa Dimulai dengan Memuji Allah SWT

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa dalam berdoa sebaiknya diawali dengan membaca sholawat Nabi. Selain itu, jangan lupa juga untuk memuji Allah SWT sebelum berdoa. Ini menjadi cara berdoa yang benar sesuai dengan ajaran Islam.

Pujian kepada Allah SWT adalah bentuk merayu Allah SWT dengan mengucapkan nama-nama baik-Nya. Karena hanya Allah SWT lah yang memiliki nama-nama baik tersebut di dalam Al-Qur'an. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya melalui surah Thaha ayat 8 yang bunyinya sebagai berikut:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى

Artinya: “(Dialah) Allah, tidak ada tuhan selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik.” (QS. Thaha: 8).

Itulah beberapa cara berdoa yang benar sesuai dengan ajaran Islam. Dengan melakukan doa secara benar, Insyaallah doa-doa kita akan segera dikabulkan oleh Allah SWT.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.