Sukses

Satu Jemaah Haji Dirujuk ke Rumah Sakit Saat Tiba di Bandara Soetta

Kloter pertama jemaah haji Indonesia telah tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada Selasa (4/7/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Kloter pertama jemaah haji Indonesia telah tiba di Bandara Soekarno Hatta. Satu orang jemaah haji harus mendapatkan bantuan medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat, hingga dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Ada satu jemaah yang membutuhkan perawatan khusus, sudah ditangani oleh tim medis dari KKP. Selebihnya aman sudah berangsur-angsur turun dari pesawat," tutur Executive General Manager Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda, Selasa (4/7/2023).

Dia menerangkan, setelah melihat kondisi satu jemaah tersebut, KKP langsung membawa jemaah tersebut dengan ambulans ke rumah sakit terdekat dari Bandara Soekarno Hatta.

"Belum diinfo kenapanya, tapi diinfo ada satu jemaah butuh pertolongan medis dan dirujuk ke rumah sakit terdekat," kata Dwi Ananda.

Untuk kepulangan jemaah haji di Bandara Soekarno Hatta, KKP menyiapkan 10 unit ambulans yang digunakan sebagai mobilitas bila ada jemaah haji yang membutuhkan rujukan pertolongan ke rumah sakit.

"Jadi ada kerja sama juga dengan rumah sakit terdekat, lalu kalau membutuhkan perawatan di sini, juga disediakan tempat tidur dan lainnya," kata Dwi Ananda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Kloter pertama haji reguler asal Indonesia, sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan selamat, Selasa (4/7/2023). Setidaknya, ada 400 jemaah haji yang tiba di bandara tersebut.

Dengan wajah sumringah, para jemaah haji yang mayoritas Lansia itu, tiba di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta. Angkasa Pura II, Kemenag dan berbagai stakeholder pun, menyambut kedatangan para jemaah.

"Penerbangan pertama yang dituju Bandara Soekarno Hatta itu menempuh perjalanan penerbangan kurang lebih 8 jam, tadi agak delay sedikit, seharusnya tiba pukul 15.10 wib," ungkap Executive General Manager Bandara Soekarno Hatta, Dwi Ananda.

Untuk hari ini, direncanakan akan ada empat pesawat yang akan tiba di Bandara Soekarno Hatta, dengan masing-masing pesawat mengangkut sekitar 400 jemaah haji.

"Jadi, saat tiba, mereka akan ngurus keimigrasian. Lalu proses pengambilan barang pun akan dipercepat, setelahnya akan bersama-sama menuju Asrama Haji Pondok Gede," katanya.

Namun, ada satu kloter asal Lampung yang juga tiba di Bandara Soetta. Namun, tidak langsung keluar bandara, tapi melanjutkan penerbangan ke Lampung.

"Jadi clear dulu di internasional, lanjut penerbangan ke Lampung," katanya.

Dwi Ananda pun memastikan, bila per hari ini sampai awal Agustus nanti jemaah haji akan mulai berdatangan di Bandara Soekarno Hatta. Pihaknya pun mengkhususkan Terminal 2F sebagai tempat khusus kedatangan para jemaah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.