Sukses

UTBK 2023, Ini Doa Agar Diberi Akal dan Pikiran Cemerlang

Doa ini tak sekadar untuk orang yang tengah menjalani ujian. Doa ini juga dianjurkan untuk orang yang bekerja, mengaji, belajar dan lain sebagainya agar diberikan pikiran yang cemerlang

Liputan6.com, Jakarta - Manusia dibekali dengan akal dan budi. Akal untuk berpikir, sementara budi lebih kepada adab atau akhlak. Inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

Tiap aktivitas akan melibatkan akal dan budi tersebut. Bekerja, sekolah, kuliah, atau seperti yang kini tengah dihadapi sebagian besar kaum muda lulusan SMA/SMK, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Tentu dibutuhkan pikiran cemerlang agar bisa menyelesaikan soal UTBK dengan baik.

Selain usaha dengan belajar sungguh-sungguh, upaya lain juga wajib ditempuh, yakni dengan doa. Sebab, seluruh yang terjadi di dunia ini adalah atas sepengetahuan dan izin-Nya.

Berikut ini adalah doa agar diberi otak cemerlang. Doa ini tak sekadar untuk orang yang tengah menjalani ujian. Doa ini juga dianjurkan untuk orang yang bekerja, mengaji, belajar dan lain sebagainya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Agar Diberi Pikiran Cemerlang

Mengutip laman NU, dalam Majmu' Syarif ada doa yang dapat dibaca ketika kita menghadapi situasi demikian. Doa ini diharapkan dapat membuat terang pikiran.

 اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya: "Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

Doa ini diharapkan dapat membuka jalan pikiran yang macet dan buntu serta membuka jalan bagi inspirasi-inspirasi yang cemerlang. Semoga doa ini bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a‘lam.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.