Sukses

Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, Terminal Lebak Bulus Pastikan Kesehatan Sopir dan Pemudik

Posko kesehatan yang disediakan di Terminal Lebak Bulus ini selain ditujukan bagi sopir saja, melainkan juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin mengecek kesehatan sebelum menempuh perjalanan jarak jauh mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Guna memastikan kesehatan sopir jelang mudik Lebaran Idul Fitri 2023, Pengelola Terminal Lebak Bulus melakukan serangkaian pengecekan. Pemeriksaan yang dimulai pada hari ini, Jumat, 14 April 2023 ini juga guna memastikan sopir bebas dari narkoba selama berkendara.

"Posko mulai dari inspeksi keselamatan kendaraan bermotor (ramp check), kesehatan, hingga tes narkoba bagi sopir akan diadakan serempak pada Jumat 14 April besok," jelas Kepala Terminal Lebak Bulus Iman Syafril di Jakarta, Kamis, 13 April 2023, dilansir Antara.

Posko "ramp check", terang Iman, nantinya juga akan mengecek kelayakan bis apakah bisa dikendarai dalam jarak jauh.

"Jika ditemukan tidak layak, maka bisa tidak diberangkatkan dan dganti armada beriutnya," Iman menjelaskan.

Selain itu, posko kesehatan yang disediakan ini tidak hanya ditujukan bagi sopir saja, melainkan juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin mengecek kesehatan sebelum menempuh perjalanan jarak jauh mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Diketahui, sejumlah anggota Pramuka secara sukarela akan memberikan bantuan mulai dari membantu mengarahkan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Para anggota Pramuka itu juga akan memberikan informasi rute perjalanan kepada penumpang.

"Untuk menjaga keamanan nantinya secara 'mobile' dari kepolisian, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang rutin memantau lokasi," Iman menambahkan.

Dengan begitu, pihaknya meyakinkan keamanan dan ketertiban di Terminal Lebak Bulus terjamin dan dipastikan aman bagi para penumpang yang hendak mudik. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersiap dengan Lonjakan Penumpang

Terlebih, pihaknya sudah siap menerima lonjakan para penumpang yang didominasi mudik dengan tujuan Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah menjelang Lebaran Idul Fitri 2023.

Pada hari biasa, tersedia 25-28 armada dengan rata-rata 100 hingga 160 penumpang per hari. Maka untuk Lebaran diperkirakan meningkat sehingga pihaknya menyediakan 49-60 armada.

"Penumpang saat Lebaran bisa mencapai 400 hingga 700 orang dan diperkirakan puncak ramainya pada 19 sampai 21 April," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi FKI Jakarta menyediakan empat terminal bus utama dan tiga terminal bus bantuan berikut posko pemantauan di setiap terminal untuk mendukung mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Empat terimnal utama yang diadakan untuk mudik antara lain Terminal Bus Pulogebang, Terimnal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bus Kalideres, dan Terminal Bus Tanjung Priok. Adapun tiga terminal bantuan lainnya yakni Terminal Grogol, Terminal Muara Angke, dan Terminal Lebak Bulus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini