Sukses

Benarkah Harus Mandi Wajib Jelang Ramadhan? Jangan Keliru Ya...

Benarkah ada mandi wajib jelang puasa Ramadhan? Apakah ada tuntunannya dalam Islam, berikut penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi mandi sebelum Ramadhan berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya di Pulau Jawa. Di beberapa bagian suku jawa, mandi sebelum Ramadhan disebut kungkum.

Kungkum lazimnya dilakukan di area terbuka yang bisa diakses oleh masyarakat. Misalnya sungai, curug, sumur umum dan lain sebagainya.

Ritual mandi sebelum Ramadhan ini lantas menjadi kebiasaan yang dilakukan turun temurun, dan tampak seperti kewajiban.

Pada zaman modern, kebiasaan tradisi mandi sebelum Ramadhan berangsur susut. Namun, tak hilang sama sekali.

Belakangan, justru muncul tulisan-tulisan di media sosial yang seolah-olah mengharuskan mandi wajib jelang Ramadhan. Bahkan, ada yang memvonis jika tak mandi wajib maka puasanya sebulan penuh tak sah.

Benarkah demikian? adakah tuntunannya dalam Islam soal mandi wajib sebelum Ramadhan ini? Berikut penjelasaannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Ada Mandi Sunah

Mengutip laman NU, mandi wajib bukan merupakan keharusan menjelang bulan Ramadhan. Sebab, mandi wajib hanya diharuskan bagi orang berhadas besar yang hendak melakukan ibadah yang memang disyaratkan demikian seperti shalat lima waktu dan tawaf, sedangkan puasa tidak termasuk.

Bahkan, orang yang malamnya memiliki hadats judub seperti karena mimpi basah atau telah melakukan hubungan suami istri, jika ia belum sempat mandi wajib sebelum waktu imsak, puasanya di siang hari tetap sah, selama syarat dan rukunnya terpenuhi. Dalam kitab al-Mausu’atul Fiqhiyyah (16/55) dijelaskan:

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Kesimpulannya, tidak ada keharusan untuk mandi wajib menjelang bulan Ramadhan karena bukan termasuk syarat atau rukun. Yang ada hanya mandi sunnah, itu pun berlaku pada setiap malam bulan Ramadhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.