Sukses

Doa Rasulullah SAW Saat Memasuki Bulan Rajab, Yuk Amalkan dan Peroleh Keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta - Rajab adalah salah satu bulan haram yang terdapat dalam kalender Hijriah. Bulan haram adalah bulan yang dimuliakan. 

Ada empat bulan haram dalam Islam. Yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Bulan haram ini sangat istimewa dan penuh berkah.

Tahun ini tanggal 1 Rajab 1444 H jatuh pada Minggu (22/1/2023) petang. Untuk menyambut bulan Rajab, ada doa yang dapat dapat diamalkan oleh muslim.

Amalan tersebut adalah doa saat memasuki bulan Rajab sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Mengutip situs Nahdlatul Ulama (NU), berikut adalah doanya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Arab-latin: Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ. 

Artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Amalan Lain di Bulan Rajab

Selain mengamalkan doa saat memasuki bulan Rajab, ada amaliah lain yang dapat diamalkan umat Islam di bulan penuh keberkahan ini. Mengutip laman Keislaman NU, berikut amalan di bulan Rajab.

Puasa Rajab

Ibadah puasa dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Rajab. Dalam kitab Nihayatuz Zain, Syekh Imam Nawawi menerangkan bahwa puasa di bulan-bulan agung sunah untuk dikerjakan.

Salat Rajab

Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin berpendapat, salat sunah mutlak di bulan Rajab adalah mustahabbah (sunah). Imam Al-Ghazali menjelaskan, seseorang yang berpuasa di hari Kamis dalam bulan Rajab, kemudian melakukan shalat sunah sebanyak dua belas rakaat di antara waktu shalat Isya dan sepertiga malam, maka permohonannya akan dikabulkan. 

Isra’ Mi’raj

Pada bulan Rajab ada peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan oleh umat Islam. Peristiwa ini adalah Isra’ Mi’raj yang menjadi tonggak sejarah kewajiban umat Islam melaksanakan salat lima waktu. Maka, di bulan Rajab ini dapat diadakan peringatan Isra’ Mi’raj untuk mengingatkan semangat dan kualitas ibadah.

Bersedekah

Sedekah memang dapat dilakukan kapan saja, namun bisa digencarkan saat bulan Rajab. Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah swt akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagaian pendapat, umur burung gagak mencapai lima ratus tahun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS