Sukses

Mengenal Kroasia, Negara Balkan Ramah Muslim si Kuda Hitam Piala Dunia

Ajang piala dunia juga melahirkan pahlawan-pahlawan di edisi sebelumnya. Dari ajang ini, lahir beberapa bintang, yang sebagiannya pemain muslim, dan menjadi legenda sepak bola. Misalnya, Hakan Sukur dan Darijo Srna

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Kroasia percaya diri mampu membekuk Argentina dalam laga hidup mati semifinal Piala Dunia 2022, Qatar. Tentu ini karena dalam berbagai kesempatan Kroasia kerap mampu berbicara banyak di level dunia.

Keyakinan itu membuncah usai Kroasia menaklukkan Brasil, negara Amerika Latin, tetangga Argentina. Brasil dan Argentina, adalah negara paling kuat persepakbolaannya di benua Amerika.

Borna Sosa adalah pemain kunci saat melawan Brasil, menjaga pasangan Liga Premier, Raphinha dan kemudian Antony di sisi kiri Kroasia, dan bek sayap memiliki keyakinan penuh bahwa tim ini dapat melangkah lebih jauh.

"Tentu saja. Sekarang, semuanya mungkin,” kata Sosa dikutip dari The Analyst. "Kami sangat berbahaya seperti yang kami tunjukkan. Jika menyangkut adu penalti, saya pikir semua orang akan berpikir bahwa kami telah menang berkali-kali," kata dia.

"Piala Dunia terakhir, kami berada di urutan kedua. Kami datang dengan skuad baru dengan pemain berusia 17 dan 18 tahun, dan kami menunjukkan bahwa kami memiliki banyak kualitas di negara kami," tegas Sosa jelang lawan Argentina.

Prediksi Argentina vs Kroasia bertebaran di dunia maya. Kelihatannya antara yang menjagokan Argentina dan Kroasia cukup berimbang.

 

Ajang piala dunia juga melahirkan pahlawan-pahlawan di edisi sebelumnya. Dari ajang ini, lahir beberapa bintang, yang sebagiannya pemain muslim, dan menjadi legenda sepak bola. Misalnya, Hakan Sukur dan Darijo Srna.

 

Meski bukan agama yang dominan, Islam di Kroasia cukup berkembang dengan baik. Sejarahnya terbentang sejak zaman kekhalifahan Utsmaniyah, Turki.

Kini, Kroasia juga dikenal dengan wisatanya yang cukup ramah muslim. Terlebih, Kroasia memiliki pusat kebudayaan Islam di Zagreb.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata di Kroasia: Makanan Halal dan Muslim Friendly

 

Mengutip dream.co.id, Kroasia merupakan tempat bagi sejumlah situs bersejarah dan atraksi muslim-friendly.Di sini kamu bisa sambil mempelajari tentang sejarah negara ini.

Kroasia dengan cepat menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Eropa. Negara tersebut menawarkan pengalaman liburan yang tiada duanya dengan pemandangannya yang menakjubkan, arsitektur, dan iklim yang sempurna.

Saat kamu berkunjung ke Kroasia yang merupakan negara muslim-friendly, kamu akan merasa nyaman karena banyak wisatawan muslim yang berkunjung.

Kamu bisa mengunjungi Kroasia berlangsung dari April hingga Juni dan September hingga Oktober. Selama bulan-bulan itu, kamu bisa merasakan semua atraksi utama tanpa adanya keramaian di musim panas.

Untuk makanan, di sana kamu akan menemukan banyak tempat restoran halal yang menyajikan hidangan tradisional Kroasia.

Beberapa destinasi wisata di Kroasia yang menarik dikunjungi:

1. Kota Dubrovnik

Dubrovnik merupakan salah satu kota terindah di dunia, dan kamu harus mencoba untuk berjalan di tembok. Tembok ini dibangun pada abad ke-15, 16 dan 17, dan kamu bisa melihat Laut Adriatik dan arsitektur kota yang fantastis saat berada di atasnya.

Ada juga Prijeko Place Hotel yang berada di tempat yang sedingin es, yaitu sebuah rumah ikonik yang dibangun pada tahun 1470. Setiap kamar didedikasikan untuk seniman internasional terkenal, dan dekorasinya menawan. Beberapa adegan HBO Game of the Thrones telah difilmkan di sini.

2. Jelajahi keindahan alam Kroasia

Kroasia memiliki keindahan yang beragam, mulai dari garis pantai bertabur pulau yang mempesona, pegunungan dan lembah. Warisan nasional UNESCO – Taman Nasional Danau Plitvice memiliki air terjun yang mengalir dan danau biru yang mengesankan.

Kamu harus datang dan melihat Kepulauan Kornati, yaitu ada 147 pulau tak berpenghuni yang indah, dan ngarai sungai karst Paklenica yang indah.

 

3 dari 4 halaman

Pantai Tersembunyi nan Indah dan Kapal Pesiar

3. Masakan lezat

Makanan di sana memiliki bahan yang melimpah karena memiliki produk segar dan makanan laut lokal yang lezat. Karena cuaca yang baik, ada banyak buah zaitun dan ada yang berumur hingga 1.600 tahun.

Sebagian besar restoran menyajikan roti dengan minyak zaitun Kroasia sebagai starter.

Bagi umat Islam, ada Komunitas Islam Kroasia yang mempromosikan bagaimana makanan diproses dan layanan di hotel dan resor.

4. Nikmati Laut & Pasir

Kroasia memiliki iklim Mediterania yang hangat sepanjang tahun dan memanas secara signifikan selama musim panas. Maka kamu bisa merasakan nikmatnya berjemur, berenang, dan berbagai olahraga air populer di sepanjang pantai.

5. Pekan kapal pesiar

Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dari kapal pesiar dan ada pemandu yang akan memandu kamu ke pantai tersembunyi, gua hijau dan biru, pantai pesta, dan banyak lagi di Laut Adriatik.

Nantinya kamu juga dapat melakukan petualangan berlayar di Laut Adriatik atau di laguna dan pelabuhan.

6. Kunjungi Situs Sejarah

Di Kroasia kamu bisa melihat reruntuhan Romawi dan Bizantium, jejak kaki dinosaurus berusia 100 juta tahun, dan pohon zaitun berusia 1.600 tahun.

Ada juga kuil Romawi, istana, teater, dan bangunan lain yang terpelihara dengan baik untuk tempat wisata, misalnya Basilika Eufrasia.

7. Pantai tersembunyi

Kroasia memiliki pantai yang sangat indah, seperti Stiniva Bay, yang terletak di dekat gua rahasia. Kamu bisa merasakan keindahan pantai dan gua-gua hijau dan biru untuk pengalaman yang luar biasa.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momennya dengan berfoto.

 

4 dari 4 halaman

Pusat Islam Zagreb dan Masjid

8. Pusat Islam Zagreb

Islamic Center of Zagreb adalah salah satu masjid terbesar di Eropa sejak 1987 yang dirancang oleh arsitek Dzemal Celtic dan Nizra Golos. Masjid ini memiliki menara setinggi 51 meter dan sebuah madrasah.

9. Budaya Kroasia

Kamu bisa mengunjungi dan melihat penyanyi klapa tradisional yang akan sering kamu temukan, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh bordir Kroasia atau mengunjungi pasar yang ada di Zagreb.

10. Taman Nasional Kroasia

Ada beberapa taman yang paling indah dan beragam di seluruh Eropa. Mulai dari Taman Nasional Danau Plitvice yang menakjubkan hingga Taman Nasional Kornati yang berbatu.

Jangan lupa untuk berkunjung ke Taman Nasional Mljet, di mana kamu dapat menjelajahi hutan Mediterania, berenang di air sebening kristal, dan mengunjungi biara kuno.

Di Kroasia banyak sekali masjid yang bisa kamu kunjungi, seperti Masjid Pusat Zagreb yang merupakan landmark yang indah dan bersejarah. Terletak di jantung kota, masjid ini adalah yang terbesar di Kroasia dan pusat budaya penting bagi komunitas Muslim.

Ada juga Masjid Rijeka yang merupakan sebuah masjid di Rijeka, Kroasia, dibangun antara tahun 2009 dan 2013.

Masjid ini merupakan salah satu pusat Islam terbesar di Eropa dan dapat menampung hingga 1.200 jamaah. Bangunan ini dirancang dengan gaya Islam tradisional, dengan dua menara dan kubah besar di tengah.

Selain dua masjid di atas ada Masjid de Gunja yang merupakan masjid aktif tertua di Kroasia, dibangun pada tahun 1969. Masjid ini tidak memiliki kubah, tetapi memiliki atap melengkung yang indah.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.