Sukses

Sejarah Baru, Maroko Tim Negara Islam Lolos Semifinal Piala Dunia Tumbangkan Portugal

Tim nasional (timnas) negara Islam atau mayoritas penduduknya muslim, Maroko berhasil menumbangkan Portugal di pertandingan babak 8 besar Piala Dunia dengan skor 1-0. Kemenangan ini membawa Maroko melenggang ke semifinal.

Liputan6.com, Doha - Tim nasional (timnas) negara Islam, Maroko berhasil menumbangkan Portugal di pertandingan babak 8 besar Piala Dunia dengan skor 1-0. Kemenangan ini membawa Maroko melenggang ke semifinal.

Kesuksesan Maroko mengalahkan Portugal menjadi sejarah baru di dunia sepak bola, khususnya pada ajang Piala Dunia. Maroko menjadi tim negara Islam dan Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia.

Pertandingan Maroko melawan Portugal digelar di Al Thumama Stadium, Doha pada Sabtu (10/12/2022). Sejak menit pertama, kedua kesebelasan saling jual beli serangan.

Portugal sejak awal sudah mengobrak-abrik pertahanan Maroko. Namun, tandukan Joao Felix masih tertahan oleh kiper Maroko Yassine Bounou.

Maroko tak mau kalah. Singa Atlas menyerang. Hakim Ziyech mengumpan En-Nesyri lewat tendangan bebas. Namun, tandukannya masih melebar.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenangan Singa Atlas

Jelang akhir babak pertama, Yahia Attiyat Allah memberi umpan silang ke dalam kotak penalti. Penjaga gawang Portugal Diogo Costa mencoba untuk mengambil bola, namun En-Nesyri memenangkan duel di udara. Tandukannya pada menit ke-42 membuat Maroko menang 1-0 hingga akhir babak pertama.

Seusai turun minum, pertandingan kembali dilanjutkan. Fernando Santos menurunkan Ronaldo dengan harapan membawa perubahan untuk Os Navegadores. Namun, hingga wasit meniupkan peluit panjang tak ada tambahan gol lagi. 

Pertandingan itu dimenangkan oleh Maroko. Semua pemain, ofisial, hingga para pendukung yang menyaksikan langsung di Stadion meluapkan kegembiraan atas kemenangan Maroko.

Kini Singa Atlas melaju ke babak semifinal Piala Dunia melawan hasil Inggris vs Prancis. Pertandingan ini akan digelar pada Kamis (15/12/2022) yang dapat disaksikan di Vidio.com.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Maroko (4-2-3-1): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Romain Saiss (Achraf Dari 58), Yahia Attiyat Allah; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat; Selim Amallah (Walid Cheddira 65), Sofiane Boufal, Hakim Ziyech (Zakaria Aboukhlal 82); Youssef En-Nesyri (Badr Benoun 65)

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Diiogo Dalot (Ricardo Horta 80), Ruben Dias, Danilo Pereira, Raphael Guerreiro (Joao Cancelo 51); Otavio (Vitinha 65), Ruben Neves (Cristiano Ronaldo 51), Bruno Fernandes; Bernardo Silva, Joao Felix, Goncalo Ramos (Rafael Leao 69).

Catatan redaksi: Pada 2002 timnas Turki menembus semifinal. Sejumlah kalangan menganggap Turki negara Islam. Padahal, meski mayoritas penduduknya Muslim, Turki menganut sistem pemerintahan sekuler. Redaksi menganggap bahwa Maroko-lah negara Islam pertama yang menembus semifinal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.