Sukses

Ada Kampung Religi di Balik Magelang Kota Paling Toleran di Indonesia

Wali Kota Magelang, Muchamad Nuz Aziz mengatakan ada 11 kampung yang ditetapkan sebagai kampung religi

Liputan6.com, Magelang - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng) telah mencanangkan beberapa program unggulan mereka salah satunya ialah Program Kampung Religi dalam rangka mewujudkan masyarakat yang religius, berbudaya, beradab dan toleran.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari channel Youtube Fast FM Magelang, Wali Kota Magelang, Muchamad Nuz Aziz mengatakan ada 11 kampung yang ditetapkan sebagai kampung religi yaitu Kampung Dalangan dan Pajangan di Kecamatan Magelang Utara, Kampung Boton, Jambon, Kemirirejo, Bogeman, dan Nambangan di Kecamatan Magelang Tengah.

Selanjutnya Kampung Karangkidul, Tidar Warung, Sampangan, Ngaglik, dan Tidar Baru di Kecamatan Magelang Selatan.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa Kampung Religi tidak hanya diperuntukkan bagi umat Islam, namun juga mencakup semua agama. Kampung Religi adalah cerminan dari tatanan kehidupan sosial masyarakat yang menjunjung nilai-nilai agama dan sosial serta budaya setempat. 

Saksikan Video Pilhan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Magelang sebagai Salah Satu Kota Paling Toleran di Indonesia

Dilansir dari situs resmi jateng.kemenag.id Kepala Kankemenag Kota Magelang berharap agar peran serta fungsi tempat ibadah tidak hanya sekedar diperuntukkan sebagai tempat peribadatan saja namun juga sebagai wahana pendidikan, musyawarah mufakat, sosial kemasyarakatan hingga perekonomian.

Tempat ibadah ini juga dapat menjadi wahana sosialisasi dan edukasi bagi umatnya agar berperilaku moderat dalam beragama.

“Sejak awal program ini Kementerian Agama Kota Magelang telah berpartisipasi, berkontribusi dan terlibat secara aktif untuk menyukseskannya. Kita telah menyiapkan para penyuluh agama untuk bersinergi dan terjun langsung ke lapangan untuk memberikan pencerahan kepada umat mengenai pentingnya kerukunan dan toleransi dalam praktik kehidupan antar umat beragama,” kata Kepala Kemenag Magelang.

Berdirinya Kampung Religi ini telah berhasil mengantarkan Kota Magelang sebagai salah satu kota paling toleran sepanjang tahun 2021.

Hasil riset IKT oleh Setara Institute, disebutkan bahwa Kota Magelang menempati posisi 6 mengungguli Kota Ambon, Bekasi Surakarta dan Kediri. Sedangkan 5 besarnya ditempati oleh Singkawang, Manado, Salatiga, Kupang dan Tomohon.   

Penulis : Putry Damayanty

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.