Sukses

Surat Al Kautsar, Lafal dan Penjelasan Keutamaannya yang Dahsyat

Liputan6.com, Cilacap - Surah Al Kautsar merupakan surat yang ke-108 dari 114 surat dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 3 ayat dan tergolong surat makiyyah.

Al Kautsar artinya nikmat yang banyak atau melimpah. Selain itu berdasarkan informasi hadis Nabi SAW, Al Kautsar merupakan nama telaga atau sungai yang berada di surga.

Selain itu, surah ini juga disebut dengan surah An-Nahr yang terambil dari ayat kedua, yakni kata ‘wanhar’, yang artinya maka berkurbanlah.

Surat ini merupakan surat terpendek di dalam Al-Qur’an. Oleh sebab itu, surat ini mudah dihafal oleh siapapun termasuk juga oleh anak kecil.

Meskipun demikian, apabila membaca dan mengamalkannya secara istiqamah atau terus menerus, maka kita akan mendapatkan beberapa keutamaan.

Sebelum membahas tentang keutamaannya, perlu diketahui juga lafal surat Al-Kautsar lengkap dengan artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Lafal dan Arti Surat Al-Kautsar

Berikut ini lafal dan arti Surat Al Kautsar:

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

innā a'ṭainākal-kauṡar

Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ 

fa ṣalli lirabbika wan-ḥar

Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

inna syāni`aka huwal-abtar

Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

3 dari 5 halaman

Keutamaan-Keutamaan Surat Al-Kautsar

Mengutip Brillio.net, seorang Muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan surat Al Kautsar setiap hari, maka ia akan mendapatkan beberapa keutamaan dari surat Al Kautsar. Keutamaan-keutamaan surat Al Kautsar yaitu sebagai berikut.

1. Diberikan Nikmat oleh Allah

Barangsiapa yang membaca surat Al Kautsar maka akan ditambahkan nikmat hidup dan di akhiratnya kelak. Surat Al Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah SAW.

Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al Kautsar di surga kelak.

2. Memberi Arahan untuk Mensyukuri Nikmat Allah

Surat Al Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak dengan sholat dan qurban. Yakni sholat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

3. Menjadikan Keluarga Menjadi harmonis

Dengan membaca dan mengamalkannya setelah melaksanakan sholat tahajud bersama pasangan, maka surat Al Kautsar dapat membantu membuat hubungan antara suami istri dan keluarganya menjadi lebih harmonis, sakinah, mawadah dan warohmah.

4. Alat Ikhtiar Penyembuh Penyakit

Surat Al Kautsar dapat dijadikan sebagai alat ikhtiar untuk meminta kesembuhan dari segala macam penyakit kepada Allah. Dengan membaca surat Al Kautsar saat akan minum, insya Allah ikhtiar yang dilakukan akan membuahkan hasil.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Melunakkan Hati - Dapat Mencicipi Air dari Surga Kelak di Akhirat

5. Melunakkan hati seseorang

Dengan membaca surat Al Kautsar sebanyak tiga kali, hati orang yang akan ditemui oleh seseorang yang membacanya maka akan melunakkan hati orang tersebut. Selain itu, bagi orang yang senantiasa membaca surat Al Kautsar juga akan mendapatkan ketentraman dalam hati.

6. Sebagai pembuka Rezeki

Dengan membaca surat Al Kautsar setiap hari maka surat tersebut dapat dijadikan alat untuk pembuka rezeki. Sehingga rezeki yang didapatkan dari Allah akan bertambah.

7. Membebaskan dari kedzaliman

Jika seorang Muslim sedang didzolimi orang lain kemudian ia membaca surat Al Kautsar sebanyak 71 kali dengan hati yang ikhlas dan berserah diri kepada Allah, maka ia akan terbebas dari kedzoliman tersebut.

8. Dapat Mencicipi Air dari Surga Kelak di Akhirat

Ketika semasa hidup seorang Muslim rutin membaca surat Al Kautsar, maka Allah akan memberikan suatu pertolongan ketika di akhirat nanti dengan memberikan minuman yang diambil dan berasal dari surga langsung.

 

5 dari 5 halaman

Membuka Jalan Terkabulnya Doa & Sebagai Alarm Pembangun Tidur

9. Membuka Jalan Terkabulnya Doa

.Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan, sebagai seorang Muslim yang baik untuk mendapatkan sesuatu yang sedang diinginkan selain dengan berusaha juga harus diiringi doa. Dengan berdoa dan mengamalkan surat Al Kautsar saat terjadinya hujan disertai rasa ikhlas dari dalam hati, insya Allah doa yang dipanjatkan akan ditunjukkan titik terangnya oleh Allah dengan dikabulkan doa-doanya.

10. Sebagai Alarm Pembangun Tidur

Seorang Muslim yang memiliki kebiasaan bangun siang atau kesulitan untuk bangun pagi, maka dapat mengamalkan surat Al Kautsar dengan membacanya sebanyak 7 kali sebelum tidur di malam hari. Maka insya Allah ia akan mudah terbangun di pagi hari, terutama untuk melakukan sholat subuh.

Khazim Mahrur

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS