Sukses

Keutamaan Sholat Witir Sebelum dan Sesudah Tidur, Mana yang Lebih Istimewa?

Liputan6.com, Jakarta Memahami sholat witir adalah sholat penutup malam yang bisa dikerjakan sebelum tidur dan sesudah tidur. Sholat yang dihukumi sunah muakkad ini dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil, yakni 1, 3, 6, 9, dan 11.

Sholat witir memiliki banyak sekali keutamaan, sangat dicintai Allah SWT dan menjadi amalan sunah yang selalu Rasulullah SAW serta para sahabat kerjakan. Lalu apa yang membedakan keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur?

Ada dua riwayat hadis shahih yang bisa menjelaskan tentang keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur, derajat keistimewaan kedua waktu sholat tersebut memang berbeda.

Kesimpulan dari keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur itu ditafsirkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab berjudul Syarah Muslim. Dijelaskan perbedaan keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur mengarah pada kesanggupan seorang muslim dalam menunaikannya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur, Selasa (5/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Witir Sebelum Tidur dan Sesudah Tidur

Ibadah sholat witir adalah sholat penutup malam yang bisa dikerjakan sebelum tidur dan sesudah tidur. Tepatnya waktu sholat witir adalah bisa dikerjakan setelah sholat isya, kemudian setelah sholat tarawih, dan sebelum sholat subuh.

Sholat witir juga biasa dilaksanakan setelah sholat malam. Sholat witir adalah sholat sunah muakkad yang berjumlah ganjil (1, 3, 6, 9, dan 11). Lalu bagaimana keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur, apa perbedaan dari kedua waktu sholat tersebut?

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur berbeda, itu artinya derajat keistimewaannya pun berbeda. Meski kedua waktu sholat witir tersebut sama-sama benar dan boleh dilaksanakan sesuai dengan keinginan.

Dalam sebuah riwayat yang dimuat dalam buku berjudul Mukjizat Sholat Malam - Meraih Spiritualitas Rasulullah (2002) oleh Sallamah Muhammad Abu Al-Kamal, keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah sama-sama istimewa, meski dengan derajat yang berbeda.

 

[Aisyah r.a berkata, "Rasulullah SAW bertanya kepada Abu Bakar, 'Kapan kamu sholat witir?' Abu Bakar menjawab, 'Sebelum tidur.'"

Beliau bertanya kepada Umar, 'Kapan kamu sholat witir?' Umar menjawab, 'Saya tidur dulu lalu sholat witir.

Kemudian beliau berkata kepada Abu Bakar, 'Kamu telah mengambil sesuatu yang teguh.' Sementara itu, kepada Umar, beliau berkata, 'Kamu telah mengambil kekuatan.'] (HR. Ibn Khuzaimah)

 

Sementara dalam riwayat yang lain, akan ditemukan perbedaan paling menonjol dari keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur. Masih mengutip sumber buku yang sama, dalam hadis riwayat Ahmad dan Ibn Khuzaimah ditemukan sholat witir sebelum tidur lebih diutamakan.

[Abu Dzar berkata, 'Kekasihku (Rasulullah SAW) pernah berpesan kepadaku tentang tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan untuk selamanya, insya Allah, yaitu shalat fajar, shalat witir sebelum tidur, dan puasa tiga hari pada setiap bulan.'] (HR. Ahmad dan Ibn Khuzaimah)

Mengapa ada dua pendapat demikian dan bagaimana tafsirnya? Dalam kitab berjudul Syarah Muslim oleh Imam An-Nawawi dijelaskan perbedaan keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur sebenarnya lebih mengarah pada kesanggupan seorang muslim menunaikannya.

Menurutnya, bagi orang yang merasa sanggup bangun di sepertiga malam terakhir atau menjelang subuh, maka baginya keutamaan sholat witir sesudah tidur itu lebih istimewa atau baik. Sementara bagi orang yang merasa tidak sanggup bangun di sepertiga malam terakhir, maka baginya keutamaan sholat witir sebelum tidur itu lebih istimewa atau baik.

“… Sementara itu, bagi orang yang tidak yakin bisa bangun pada akhir malam, mengerjakan witir lebih awal adalah lebih utama,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Witir Sebelum Tidur dan Sesudah Tidur Lainnya

1. Tambahan Sholat

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah sebagai tambahan sholat. Sholat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan di antara waktu sholat fardu yakni setelah sholat isya dan sebelum waktu sholat subuh. Tentu saja pahala akan menjadi berlipat ganda dengan melaksanakannya.

Sebagaimana hadits berikut ini:

إِنَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً، وَهِيَ الْوِتْرُ، فَصَلُّوْهَا فِيْمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ إِلَى صَلاَةِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan sholat, yaitu sholat Witir, maka sholat Witirlah kalian antara waktu sholat ‘Isya’ hingga sholat Subuh.” [HR. Ahmad]

نَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً، فَحَافِظُوْا عَلَيْهَا، وَهِيَ اَلْوِتْرُ

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’al telah memberi kalian tambahan sholat, maka peliharalah dia, yaitu sholat Witir.”

2. Penyempurna Sholat Malam

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah sebagai penutup dari sholat malam. Sholat ini baik juga dilaksanakan sebelum tidur atau juga setelah bangun tidur. Tanpa sholat witir maka tidak akan sempurna sholat malam atau qiyamul lail seseorang.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini:

جْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

“Jadikanlah akhir sholat kalian di malam hari dengan sholat Witir”

3. Dicintai Allah SWT

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah sangat dicintai Allah SWT. Allah sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah satu. Sebagaimana rakaat sholat witir yang ganjil. Perlu diketahui juga bahwa sholat witir merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah SWT.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadIts Rasulullah SAW berikut ini:

نَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ

“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Al-Quran.”

Sebagai hamba Allah yang beriman dan bertaqwa tentu kita akan mencintai apa yang dicintai oleh Allah SWT. Termasuk berusaha untuk melaksanakan segala perintahnya dan menjalankan sholat witir.

4. Lebih Baik dari Unta Merah

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah lebih baik daripada unta merah. Hal ini dapat berarti pula bahwa sholat witir yang dikerjakan memiliki nilai lebih besar dari nilai seekor unta merah terutama bila dikerjakan sebelum waktu sholat subuh.

Berikut hadits yang menyebutkan keutamaan tersebut:

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَاشِدٍ الزَّوْفِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي مُرَّةَ الزَّوْفِيِّ عَنْ خَارِجَةَ بْنِ حُذَافَةَ قَالَ أَبُو الْوَلِيدِ الْعَدَوِيُّ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ أَمَدَّكُمْ بِصَلَاةٍ وَهِيَ خَيْرٌ لَكُمْ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ وَهِيَ الْوِتْرُ فَجَعَلَهَا لَكُمْ فِيمَا بَيْنَ الْعِشَاءِ إِلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ

Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa’id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata: Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah sholat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu sholat witir, dan telah menjadikannya berada di antara sholat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

5. Dikabulkan Doanya

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah waktu dikabulkannya segala doa baik. Waktu melaksanakan sholat witir merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Ini waktu yang membuat setiap hamba amat dekat dengan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah sholat witir bisa jadi merupakan salah satu doa yang akan diijabah oleh Allah SWT.

6. Disaksikan Malaikat

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah waktu disaksikan oleh para malaikat. Sholat witir yang dilaksanakan pada penghujung malam akan disaksikan oleh malaikat. Mereka akan ikut mendoakan kita kepada Allah SWT dan keberkahan akan menyertai siapa saja yang melaksanakan sholat witir ini.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadits berikut ini:

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَفْصٌ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ خَافَ أَنْ لَا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلَاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ و قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ مَحْضُورَةٌ

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu’awiyah] dari [Al A’masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena sholat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata: “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Witir Sebelum Tidur dan Sesudah Tidur Selanjutnya

7. Selalu Dikerjakan Rasulullah SAW

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah mengikuti sunah Rasulullah SAW. Ada tiga perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW dalam hidupnya yakni berpuasa selama tiga hari setiap bulan, mendirikan  sholat duha dan melaksanakan sholat witir.

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat witir dan apabila ia meninggalkannya, beliau akan mengqadha sholat witir yang ditinggalkannya tersebut.

Hal ini dikuatkan oleh hadits Rasulullah SAW berikut ini :

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan sholat Duha 2 rakaat dan sholat witir sebelum aku tidur” (HR. Bukhari)

8. Diberi Petunjuk dan Kekuatan Allah SWT

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah akan diberi petunjuk dan kekuatan oleh Allah SWT. Orang yang melaksanakan sholat witir akan semakin kuat dalam menghadapi cobaan dunia dan doanya akan selalu didengar oleh Allah SWT.

Petunjuk akan selalu menyertai mereka yang menjalankan perintah serta melakukan apa yang Allah SWT cintai. Pada saat sholat witir, ada doa qunut yang bisa dibaca sebagai permohonan petunjuk dan keselamatan kepada Allah SWT.

Berikut adalah doa qunut yang bisa dibaca saat melaksanakan sholat witir:

اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّيْ وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكَافِرِيْنَ مُلْحِقٌ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ، وَنَسْتَغْفِرُكَ، وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ، وَلاَ نَكْفُرُكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ، وَنَخْضَعُ لَكَ، وَنَخْلَعُ مَنْ يَكْفُرُكَ

“Ya Allah, kepada-Mu kami beribadah, untuk-Mu kami melakukan sholat dan sujud, kepada-Mu kami berusaha dan bersegera (melakukan ibadah). Kami mengharapkan rahmat-Mu, kami takut kepada siksaan-Mu. Sesungguhnya siksaan-Mu akan menimpa pada orang-orang kafir. Ya Allah, kami minta pertolongan dan memohon ampun kepada-Mu, kami memuji kebaikan-Mu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami beriman kepada–Mu, kami tunduk kepada-Mu dan meninggalkan orang-orang yang kufur kepada-Mu.”

9. Amalan Ahli Al-Qur’an

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah ini menjadi amalan seorang ahli Al-Qur’an. Para ahli Al-Quran dari kalangan sahabat adalah mereka yang hafal Al-Quran dan sangat berkomitmen untuk mengamalkan serta mendakwahkannya.

Mereka merupakan sahabat-sahabat yang paling utama. Dan salah satu amalan yang diperintahkan Rasulullah SAW kepada mereka adalah sholat witir. Tujuannya agar mereka semakin dicintai Allah SWT.

“Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah sholat witir wahai ahli Al-Quran.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

“Wahai ahli Al-Quran, lakukanlah sholat witir. Karena sesungghnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir.” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah; shahih) 

10. Diwasiatkan Dikerjakan Setiap Hari

Keutamaan sholat witir sebelum tidur dan sesudah tidur adalah diwasiatkan untuk dikerjakan setiap hari. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:

“Kekasihku (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, sholat duha dua rakaat dan sholat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS