Sukses

Ramadhan Sudah Dekat, Ketahui Manfaat Dua Ayat Terakhir Surah Al Baqarah

Muslim di seluruh dunia segera menyambut Ramadhan. Surah Al Baqarah, menjadi salah satu ayat Alquran yang baik untuk dibaca saat bulan suci tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dua hari, umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan Ramadhan.

Selain berpuasa, umat Muslim biasanya menyiapkan berbagai ayat suci Alquran yang bisa dibaca sambil menjalani kegiatan ibadah di bulan suci tersebut.

Salah satu surah Alquran yang baik dibaca saat bulan Ramadhan adalah Surah Al Baqarah.

Surah Al Baqarah merupakan surah kedua dalam kitab suci Alquran. Surah yang artinya sapi betina ini mempunyai dari 286 ayat.

Disebutkan dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW, bahwa dengan membaca surah Al Baqarah, seorang akan mendapat perlindungan dari Allah WT. Dalam riwayat Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda:

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ: الْبَقَرَةَ وَآلَ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا يَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ يُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَاحَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

“Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni surat al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya.”

Lebih dari itu, disebutkan dalam kitab Tafisr Ats Tsa’labi menyebutkan bahwa membaca surah Al Baqarah dan Ali Imran pada malam Jumat, kelak di hari kiamat ia akan mendapat dua sayap yang membawanya terbang melintasi sirath, atau jembatan.

Surah Al Baqarah yang memilik 6.221 kata, dan 25.500 huruf dan tergolong surah Madaniyah, surah Alquran yang diturunkan di Madinah. Surah Al Baqarah setidaknya mempunyai dua nama lain, yaitu Fustatul Quran (Puncak Alquran) dan surah Alif Lam Min.

Namun, bila tak sempat membaca keseluruhan ayat dalam surah Al Baqarah, ulama menganjurkan membaca dua ayat terakhir. Dua ayat tersebut mempunyai sederet manfaat.

Sekurangnya, umat Islam yang membaca dua ayat terakhir Al Baqarah akan mendapat perlindungan dari godaan jin dan akan mendapat kecukupan rezeki.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Ayat Terkahir Surah Al Baqarah

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari dan Muslim). Berikut potongan dua ayat terakhir surah Al Baqarah:

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ (285)

Aamanar Rasuulu bimaa unzila min Rabbihii wal mukminuun. Kullun aamana billahi wa Malaaikatihi wakutubihi, wa Rusulihi. Laa nufarriku baina ahadin min Rusulihi. Waqaaluu sami'na wa athaqna, ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal masiir.

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286)

Laa yukallifullahu nafsan illa wus'ahaa. Lahaa maa kasabat wa alaihaa mak tasabat. Rabbanaa laa tuaakhizna in nasiina au akhthaqna. Rabbanaa laa tahmil alaina isran kamaa hamaltahu alal ladziina min qablina. Rabbana walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi. Wa'fu anna waghfir lana warhamnaa anta maulaana fangsurnaa alal qaumil kaafiriin.

 
3 dari 3 halaman

Artinya

Rasul telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Alquran) dari Rabbnya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semua beriman pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya serta rasul-rasul-Nya.

(Mereka menyampaikan): 'Kami tak membeda-bedakan seseorang pun di antara rasul-rasul-Nya', dan mereka menyampaikan: 'Kami dengar dan kami patuh.' (Mereka berdoa): 'Ampunilah kami ya Rabb kami serta pada Engkaulah tempat kembali'.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya serta dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): 'Ya Rabb kami, jangan sampai Engkau hukum kami bila kami lupa atau kami salah.

Ya Rabb kami, jangan sampai Engkau bebankan pada kami beban yang berat seperti Engkau bebankan pada orang-orang sebelumnya kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak mampu kami menanggungnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, serta rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, jadi tolonglah kami terhadap kaum yang kafir'

Selain itu, para ulama juga menyebutkan, kebaikan lain jika rutin membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah ini, maka Allah akan memberikan kecukupan baginya untuk urusan dunia dan akhiratnya, juga ia akan dijauhkan dari kejelekan.

Ada juga ulama yang mengatakan bahwa dengan membaca ayat tersebut imannya akan diperbaharui karena di dalam ayat tersebut ada sikap pasrah kepada Allah Ta’ala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.