Sukses

7 Makanan Buka Puasa untuk Vegetarian, Mudah Dibuat

Makanan buka puasa untuk vegetarian ini bisa menjadi pilihan menu makan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Makanan buka puasa untuk vegetarian ternyata beraneka ragam. Jenis makanan buka puasa untuk vegetarian ini juga bisa Anda jadikan pilihan menu yang sehat dan rendah lemak.

Mungkin banyak dari Anda yang masih berpikiran jika jenis makanan vegetarian tersebut hanya sebatas sayuran mentah dan memiliki rasa yang kurang enak atau lebih terkesan hambar. Padahal, di Indonesia sendiri sangat banyak jenis makanan yang sebenarnya sangat ramah untuk vegetarian.

Bahkan beberapa makanan buka puasa untuk vegetarian ini termasuk ke dalam jenis makanan tradisional. Selain itu makanan buka puasa untuk vegetarian ini sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah.

Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba jenis makanan buka puasa untuk vegetarian ini? Nah, dibawah ini Liputan6.com telah merangkum untuk Anda apa saja jenis makanan buka puasa untuk vegetarian yang mudah ditemukan, Minggu (17/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gado-gado dan lotek

Mungkin hal pertama yang ada dipikiran Anda saat berbicara tentang makanan vegetarian khas Indonesia yaitu gado-gado dan lotek. Ya, tentu saja makanan ini snagat ramah bagi para vegan, karena memang sama sekali tidak ada campuran daging yang ada pada makanan ini. Untuk gado-gado sendiri biasanya ada tambahan telur, namun jika tidak menggunakan telur pun rasa dari gado-gado ini tetap enak.

Yang membuat makanan ini begitu popular tentu karena rasa bumbu kacangnya yang gurih manis dan harganya juga sangat murah. Isi dari kedua jenis makanan ini tidak hanya sarat akan serat dari sayuran, namun juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks sepeti kentang, dan sebagai sumber proteinnya, di dalam gado-gado atau lotek biasanya akan terdapat tempe atau bisa menggunakan tahu.

3 dari 8 halaman

2. Pepes tempe, tahu, dan jamur

Jenis masakan berupa pepes biasanya identik dengan makanan dengan isian ikan. Namun, saat ini sudah banyak makanan berupa pepes yang di modifikasi dengan menggunakan isian berupa tahu atau tempe juga jamur. Rasa dari jenis pepes vegetarian ini pun juga sangat nikmat pastinya.

Selain rasanya yang sangat nikmat, jenis pepes dari tempe, tahu, juga jamur ini sangat tinggi akan protein yang bisa mencukupi kebutuhan akan protein dalam tubuh. Dimana, biasanya kebutuhan akan protein ini banyak didaptkan dari jenis protein hewani seperti daging dan telur.

4 dari 8 halaman

3. Sup krim jagung

Sudah terlihat dari segi bahan memang jenis makanan ini sangat ramah bagi vegetarian. Makanan berupa sup ini juga kaya akan nutrisi yang didapatkan dari jagung. Rasa yang enak dan ramah bagi vegetarian, sup ini juga tergolong makanan yang memiliki harga yang cukup murah tentunya.

Saat buka puasa, tentu akan sangat nikmat jika menikmati semangkuk sup krim jagung hangat. Dan akan lebih nikmat jika menggunakan roti gandum sebagai tambahan yang bisa dicelupkan kedalam sup krim jamur tersebut.

5 dari 8 halaman

4. Pecel

Siapa yang tidak mengenal salah satu jenis makanan khas Indonesia ini? Pecel sudah sangat terkenal seantero negeri karena termasuk makanan sehat dan mudah ditemui dimana saja. Pecel ini memiliki bahan utama berupa sayuran hijau. Lalu biasanya akan ditambahkan nasi hangat sebagai sumber karbohidratnya.

Lalu, sayur dan nasi tersebut disiram menggunakan bumbu pecel yang memiliki rasa gurih dan nikmat, tapi jangan lupa untuk menambahkan kerupuk agar rasa yang dihasilkan semakin beraneka ragam. Pecel tentu menjadi makanan berbuka yang dapat mengenyangkan dan sehat.

6 dari 8 halaman

5. Gudeg

Mungkin tidak banyak yang menyangka jika makana khas Yogyakarta ini juga ternyata ramah untuk vegetarian. Hal tersebut karena bahan baku dari gude yang terbuat dari buah nangka muda yang direbus dengan santan dan gula aren, hingga warna dan tekstur gudeg berubah kecokelatan.

Biasanya gudeg bisa disajika dengan ayam atau telur. Namun, bagi Anda yang vegetarian dapat menikmati gudeg dengan tambahan lauk berupa tempe atau tahu yang tersedia. Gudeg dengan nasi putih akan sangat nikmat dan mengenyangkan jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

7 dari 8 halaman

6. Tahu ketupat

Jenis makanan ini juga cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Seperti namanya, isi dari makanan ini tentu saja bahan utama berupa tahu, lalu diberi campuran kol dan taoge. Setelah itu, akan ditambahkan ketupat sebagai sumber karbohidratnya.

Setelah seluruh bahan lengkap, yang terakhir adalah dengan menuangkan kuah cuka yang memiliki rasa nikmat. Nah, tentunya tahu ketupat ini sangat cocok untuk dijadikan menu makanan buka puasa untuk vegetarian.

8 dari 8 halaman

7. Ketoprak

Makanan buka puasa untuk vegetarian yang terakhir adalah jenis makanan yang juga sangat tersohor di berbagai kalangan masyarakat, terutama yang tinggal di Ibu Kota. Ketoprak merupakan jenis makanan yang menggunakan bahan utama berupa campuran bihun, ketupat, tahu, dan taoge. Lalu, seluruh bahan tersebut akan di beri campuran bumbu kacang layaknya gado-gado. Tentu saja, selain nikmat ketoprak juga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Nah, beberapa makanan buka puasa untuk vegetarian diatas cukup menarik dan mudah untuk Anda temui pastinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini