Sukses

Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama Ramadan

Tak perlu yang ribet, perawatan kulit sederhana, tapi rutin pun sudah cukup selama Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Supaya lebih fokus beribadah tanpa gangguan mendasar, sudah seharusnya Anda tak absen merawat kulit selama menjalani puasa Ramadan. Tak perlu yang ribet, perawatan sederhana, tapi rutin pun sudah cukup.

Mengutip laman Vogue, Sabtu, 9 Mei 2020, dehidrasi, kering, dan breakout adalah momok yang acap kali mengancam selama puasa. Tapi, tanda-tanda ini juga bisa diatasi dengan sederet langkah sederhana berikut. 

Cukup konsumsi air mineral

Kendati waktunya tak bisa sepanjang hari, menjaga tubuh terhidrasi nyatanya juga berdampak baik pada kulit. Optimalkan waktu antara buka puasa hingga sahur untuk mencukupi kebutuhan konsumsi air.

Juga, sebisa mungkin hindari konsumsi soda, minuman manis, termasuk beberapa jus dengan tambahan gula pun kandungan gula tinggi dari buah, lantaran akan meningkatkan risiko tubuh dehidrasi.

Jaga kelembapan kulit

Jangan skip pelembap di rutinitas perawatan kulit Anda, baik di wajah maupun tubuh dengan menggunakan body lotion. Bila jenis kulit cenderung kering, pakai krim maupun minyak yang terbukti melembapkan.

Namun, bila kulit Anda berminyak, coba pakai moisturizer berbahan dasar gel untuk menghidrasi kulit selama puasa Ramadan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Risiko kulit dehidras akan makin buruk dengan kebiasaan terlalu sering cuci muka menggunakan sabun. Bila ingin kulit terasa lebih nyaman, sebaiknya gunakan face mist. Mencuci wajah terlalu sering juga akan menghilangkan kandungan minyak alami yang menjaga kelembapan kulit.

Pakai sunscreen

Walau hanya di rumah saja seperti sekarang, memakai suncreen juga penting. Pasal, kulit Anda harus tetap dilindungi dari efek buruk cahaya laptop maupun smartphone, juga sinar matahari yang masuk lewat jendela, misalnya. Bila tak dilindungi, kulit akan jadi lebih kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.