Sukses

Ramadan, LSM Turki Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Sejumlah Negara

Bantuan tersebut dibagikan oleh LSM Turki kepada ribuan orang yang membutuhkan di beberapa negara selama Ramadan.

Liputan6.com, Istanbul - Humanitarian Relief Foundation (IHH) Turki pada Senin, 20 Mei 2019, membagikan bantuan Ramadan kepada orang-orang yang membutuhkan di Afrin, Suriah barat laut. Mereka mendistribusikan paket makanan kepada 5.000 keluarga di kota tersebut.

"Kami akan melanjutkan distribusi ini kepada mereka yang perlu bantuan. Kami akan berada di Afrin dan Hatay (provinsi Turki selatan yang berbatasan dengan Suriah) pada Ramadan ini," kata Ali Koc, ketua IHH, seperti dikutip dari yenisafak.com, Kamis (23/5/2019).

Selain itu, IHH juga mengadakan buka puasa bersama di sebuah panti asuhan di distrik Haripur, di Pakistan barat laut.

"Hari ini lebih dari 800 anak yatim berpartisipasi dalam acara buka puasa bersama dan kami akan memberikan makanan kepada 3.000 orang di Pakistan selama bulan suci Ramadan ini," ucap Mucahit Kilic, seorang pejabat IHH di Pakistan, mengatakan kepada Anadolu Agency --media Turki yang corong pemerintah.

Badan amal itu juga menyelenggarakan program buka puasa bersama di Pristina, ibu kota Kosovo, yang menandai Hari Anak Yatim Sedunia. Pada saat yang sama, IHH mensponsori 300 anak yatim di Pristina, menurut keterangan dari Osman Atalay dari dewan pengurus kelompok ini.

Turkish Cooperation and Coordination Agency (TIKA) yang ada di Ghana, pun mendistribusikan paket makanan di ibu kota Accra. "Kami percaya bahwa ini akan memperkuat persahabatan kami dengan Ghana," kata duta besar Turki untuk Ghana, Ozlem Ergun Ulueren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada di Indonesia

Yayasan Turkiye Diyanet (TDV) dari Presidency of Religious Affairs (Diyanet), juga membagikan paket makanan kepada orang-orang yang membutuhkan di Cape Town, Afrika Selatan.

Berbicara kepada Anadolu Agency, perwakilan TDV Fuat Buyukkaymaz mengatakan mereka telah menjangkau lebih dari 1.000 keluarga di sembilan wilayah berbeda dalam dua hari.

Sementara itu, Turkish Red Crescent di Indonesia menyelenggarakan buka puasa bersama untuk 500 orang.

Badan tersebut mendistribusikan 6.000 paket makanan dan menjadi tuan rumah acara buka puasa bersama untuk 2.000 orang di berbagai wilayah di Indonesia, kata Ibrahim Altan, ketua Turkish Red Crescent.

Di Irak utara, Turkish Red Crescent mendistribusikan paket makanan dan selimut kepada 150 keluarga yang membutuhkan. Di Kabul, Turkish Red Crescent menyalurkan paket makanan ke 303 keluarga, 500 paket makanan di Tirana (ibu kota Albania) dan buka puasa bersama untuk anak yatim di kota ini.

Dalam kampanyenya, badan tersebut mulai mendistribusikan 6.000 paket makanan di ibu kota Senegal, Dakar, serta daerah-daerah sekitarnya.

3 dari 3 halaman

Paket Makanan untuk Mereka di Gaza

Memperingati Hari Anak Yatim Sedunia, Turkish Red Crescent menyelenggarakan program berbuka puasa untuk 250 anak yatim dan keluarga mereka di Skopje, ibu kota Makedonia Utara, buka puasa bersama untuk 500 orang di Novi Pazar (Serbia), buka puasa bersama untuk 350 anak yatim dan keluarga mereka di kota Tuzla (Bosnia dan Herzegovina).

Sedangkan Istanbul-based Federation of Humanitarian Associations (IDDEF) yang berbasis di Istanbul, juga mengadakan buka puasa bersama dan membagikan paket makanan kepada orang-orang di Gaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.