Sukses

Rahasia Nil Maizar Jalani Puasa Sebulan Penuh

Nil Maizar mengharuskan makanan bergizi saat berbuka dan sahur.

Liputan6.com, Padang - Pelatih Semen Padang, Nil Maizar, harus menjalani ibadah puasa di tengah padatnya agenda Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Namun tanpa terasa, mantan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia tersebut sudah hampir sebulan penuh menjalaninya.

Bulan Ramadan memang tak membuat aktivitas Nil bekurang. Turnamen yang dioperatori PT Gelora Trisula Sentosa (GTS) itu tetap berjalan meski jadwal bermainnya diubah menjadi malam hari.

Artinya, seluruh tim tetap menjalani latihan demi mematangkan taktik dan skema permainan. Sebagian besar tim merevisi jadwal latihan menjadi 1 x sehari, yakni pada sore hingga azan magrib.

Sebagai pelatih, Nil tentu harus mendampingi para pemainnya. Namun hal itu tidak membuat ibadah puasa Nil terganggu. Ia pun membagikan rahasianya saat dihubungi Liputan6.com.

"Kita harus bisa menyikapi kelelahan berpuasa dengan istirahat dan olahraga. Makanan berbuka dan sahur juga harus cukup gizininya," kata Nil saat dihubungi Liputan6.com belum lama ini. 

"Namun terpenting adalah teguh pada pendirian berpuasa satu bulan penuh dalam kondisi apa pun."

Ujian lain yang harus dihadapi Nil adalah terkait performa pasukannya. Sebab nasib Semen Padang tidak terlalu baik selama bulan Ramadan. Dari empat pertandingan, hanya satu kemenangan yang diraih. Sedangkan sisanya, Semen Padang menderita dua kali kalah dan satu kali imbang. Akibatnya hingga pekan kesembilan, tim berjuluk Kabau Sirah itu tertahan di urutan kedelapan klasemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini