Sukses

Kisah Jokowi-Ahok dalam `Tom and Jerry`

Penertiban PKL di Tanah Abang menjadi salah satu tantangan bagi Jokowi-Ahok untuk menjadikan Ibukota menjadi lebih tertata.

Menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama terus menghadapi berbagai tantangan dan pekerjaan rumah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Ibukota.

Masalah penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jakarta menjadi salah satu tantangan bagi keduanya untuk menjadikan Ibukota menjadi lebih tertata. Salah satunya adalah penertiban PKL di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Upaya menertibkan PKL yang telah lama bercokol di kawasan tersebut juga mendapat pertentangan keras dari PKL. Keduanya bahkan sempat mendapatkan somasi dari asosiasi PKL.

Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi sempat kesal dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang lembek terhadap PKL, sehingga di beberaapa tempat, kembali bermunculan PKL, ibarat rumput liar.

Seperti apa kinerja mereka untuk membuat DKI Jakarta lebih baik lagi? Berikut flashback kinerja Jokowi-Ahok pada bulan kesepuluh dalam kurun waktu 15 Juli hingga 14 Agustus 2013, yang direkam Liputan6.com:

15/7/2013
Gubernur DKI Joko Widodo mencanangkan pembangunan 8 blok rumah susun sewa (Rusunawa) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Nantinya, Rusunawa tersebut akan menjadi tempat bagi relokasi warga Waduk Pluit sisi timur yang selama ini belum dipindahkan.

Para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, akan dipindahkan ke 3 sekolah. Gedung sekolah akan dialihfungsikan menjadi pasar penampungan para PKL. Ahok menyatakan, pemindahan ini dilakukan secara bertahap, dimulai pada tahun 2014.

16/7/2013
Pemprov DKI Jakarta berencana membangun logistik di beberapa daerah di luar Jakarta alias provinsi tetangga. Diharapkan dengan pembangunan ini, Harga Kebutuhan Pokok di Jakarta dapat terkontrol.

"Kita rencana mau bangun logistik nanti mau bangun di (Provinsi) Lampung, sama di Karawang, Bekasi (Provinsi Jawa Barat) supaya untuk kontrol. Nanti kita tugasi PD Pasar Jaya untuk mengontrol barang," katanya usai berbuka di Kantor Camat Kramat Jati, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Tom and Jerry

Pemprov DKI Jakarta tidak menghapus Operasi Yustisi (identitas kependudukan). Hanya sistem operasi tersebut diubah dengan lebih memfokuskan pembinaan kependudukan kepada masyarakat.

"Bukan dihapuskan. Operasi Yustisi itu kayak Tom and Jerry juga. Kita nggak mau lagi tangkap-tangkap. Pak Gubernur kan nggak mau kejar-kejar tangkap-tangkap gitu lho," ujar Ahok.

Jokowi menilai Operasi Yustisi kependudukan yang biasanya dilakukan setelah Lebaran setiap tahun dianggap tidak efektif. Operasi tersebut tidak memberikan hasil yang nyata. Malah urbanisasi terus melonjak. Jurus atau sistem yang dapat menekan bertambahnya penduduk DKI sedang terus dicari.

Jokowi menginginkan agar proses Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) harus 3 hari tuntas. Tenggat waktu 3 hari ini diinginkan Jokowi mengingat selama ini PTSP terlalu lama prosesnya, yaitu 5 hari penyelesaian.

Kota Administrasi Jakarta Timur merupakan pilot project Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Ibukota. Jokowi yang melakukan inspeksi mendadak di kantor Walikota Jakarta Timur menilai PTSP secara fasilitas dan infrastruktur sudah cukup baik.

Sampah ribuan ton menumpuk di kawasan Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Penyebabnya, para petugas kebersihan pintu air tersebut melakukan mogok kerja karena tidak diberi gaji selama 4 bulan.

Gubernur Jokowi pun mengaku telah mengoordinasikan hal tersebut kepada Kepala Dinas Kebersihan agar gaji para petugas segera diselesaikan. Sehingga tidak terjadi mogok kerja yang bisa merugikan masyarakat.

Mogok

17/7/2013
Jokowi digadang-gadang sebagai salah satu capres potensial pada Pilpres 2014. Citra Jokowi begitu kuat sampai-sampai  disandingkan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

"Fenomena Jokowi ini mirip dengan Obama, karena publik sudah bosan dengan figur-figur yang ada. Lagipula figur lain kan sudah pernah (menjadi presiden) dan belum memuaskan. Kalau Jokowi belum dan setidaknya masih ada harapan," kata pengamat politik Yudi Latif setelah menghadiri acara buka puasa bersama anggota DPR RI Komisi IX Poempida Hidayatulloh di Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa 16 Juli 2013 malam.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengultimatum warga yang akan menghuni rumah-rumah di kampung deret di Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat untuk tidak menjual atau pun menyewakan kepada orang lain.

Ahok menegaskan para petugas kebersihan di Pintu Air Manggarai bukanlah pegawai honorer Pemerintah Provinsi Jakarta. Para pekerja itu adalah pegawai yang dikontrak oleh kontraktor yang menjadi mitra Pemprov DKI.

Menurut Ahok, kewenangan pembayaran para petugas kebersihan tersebut merupakan kewenangan kontraktor. Dia menduga, masalah belum cairnya upah para pekerja tersebut ada pada pihak kontraktor. Sebab, dari laporan yang ia terima, Dinas Pekerjaan Umum telah membayar gaji pegawai pintu air tersebut.

Ahok naik pitam ketika ada kabar menyebut pemerintah provinsi DKI memotong anggaran dinas-dinas. Kabar itu menyeruak di saat petugas Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, melakukan aksi mogok karena tak digaji selama 4 bulan.

Dia curiga ada oknum Pegawai Negeri Sipil pada Dinas pekerjaan Umum (PU) DKI yang sengaja menebar fitnah. Sehingga petugas kebersihan di Pintu Air Manggarai yang tidak digaji selama 4 bulan melakukan aksi mogok. Ahok berjanji akan mencari oknum yang sengaja menebar fitnah itu.

Ahok berpendapat DPRD tidak dapat menolak kebijakan kenaikan tarif parkir di badan jalan sesuai zonasi parkir seperti yang diajukan Jokowi. Sebab kenaikan tarif parkir bukanlah masalah uang yang membebani warga. Tetapi, bagaimana  menangani arus lalu lintas di Ibukota yang semakin padat.

Pemprov DKI akan meminta berbagai kajian Bank Dunia tentang permasalahan di Jakarta dan salah satunya mengenai penataan Pedagang Kaki Lima.

Kurangnya jumlah truk pengangkut sampah dikeluhkan Ahok. Jumlah armada yang tak memadai ini dinilai sebagai salah satu penyebab tertumpuknya ribuan kubik sampah di kawasan Kali Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Untuk itu, sebanyak 80 truk sampah di Ibukota akan diremajakan.

18/7/2013

Jokowi dan Ahok sama-sama menegur petinggi PD Pasar Jaya. Mereka dinilai tidak fokus pada bagian pekerjaannya. Jokowi meminta BUMD DKI itu untuk tidak mengurusi bidang properti, melainkan fokus melakukan tugas pokoknya sebagai pengontrol dan pengendali pasar.

Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, meminta agar Pemprov DKI membangun jembatan penghubung antara Blok G dengan Blok F. Sebab akses masuk ke Blok G sangat buruk, yang membuat mereka masih menolak direlokasi.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun menyatakan akan segera melakukan pembangunan jembatan tersebut. "Jembatan iya, akan kita kerjain sebentar lagi. Nanti kalau sudah ada penghubung jembatan antara G dan F, mesti rame minta ke sana semua," ujar pria yang karib disapa Jokowi ini di Balaikota, Kamis (18/7/2013).

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak ke Kantor Lurah Pondok Bambu, Kecamatan Duren sawit, Jakarta Timur. Politisi PDIP yang akrab disapa Jokowi ini kemudian meninjau proses pelayanan umum di ruang pelayanan masyarakat tersebut, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Jokowi meninjau pelayanan umum di 2 kelurahan di Jakarta Timur yaitu Kelurahan Pondok Bambu dan Cipinang Cempedak. Ia mengaku, masih melihat kekurangan di 2 kelurahan itu.

Capres Favorit Ibu-ibu

Survei Pusat Data Bersatu (PDB) mencatat, Jokowi paling diminati sebagai calon presiden. Berdasarkan survei ini, sebagian besar pemilih Gubernur DKI Jakarta itu berasal dari kalangan perempuan, yakni kaum ibu.

Politisi PDIP Eva K Sundari mengatakan, sebaiknya para ibu-ibu melihat sosok  Jokowi dari kinerjanya. Bukan dari fisiknya semata.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembenahan pelayanan umum di kelurahan selesai dalam waktu 3 bulan.

Pemerintah pusat berencana melaksanakan seleksi dan promosi jabatan terbuka atau lelang jabatan di kementerian atau lembaga negara untuk pejabat eselon I dan II, khususnya untuk jabatan direktur jenderal, pada tahun depan. Jokowi pun mendukung rencana pemerintah pusat itu.

Joko Widodo melakukan sidak ke kantor Lurah Cipinang Cempedak, Jakarta Timur. Usai meninjau, pria yang akrab disapa jokowi itu diberitahu sebuah baliho di halaman kelurahan tersebut memampang foto dirinya dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Warga Fatmawati yang sebagian besar tergabung dalam masyarakat Peduli MRT mengunggah video sindiran terhadap Ahok berjudul "ahok: Emang Gue Pikirin mrt, Pusat aja gendeng bikin PT mrt...".

Joko Widodo tidak akan melewatkan kedatangan band cadas asal Amerika Serikat, Metallica, yang akan menggelar konser di Gelora Bung Karno pada 25 Agustus 2013. Politisi PDIP yang akrab disapa Jokowi pun sudah membeli tiket untuk menonton band kesayangannya itu. Jokowi membantah tiket yang dibelinya untuk kelas VIP.

Jokowi mengaku memang lebih menyukai menonton konser di kelas festival sehingga lebih bisa menikmati aksi para personel band yang terdiri dari Lars Ulrich, James Hetfield, Kirk Hammet, dan Robert Trujilo itu.

19/7/2013

Pemprov DKI Jakarta pun segera melakukan tindakan tegas terhadap penjualan barang bajakan. Untuk itulah, Ahok meminta agar surat aturan larangan penjualan barang bajakan di pusat belanja dikeluarkan oleh Gubernur Jokowi.

DPRD kini berencana membentuk Pansus Rumah Susun. Pembentukan pansus ini dinilai dapat memudahkan langkah Jokowi dan Ahok dalam merealisasikan pembangunan rusun di Ibukota.

Ahok mengaku telah beberapa kali berdialog dengan warga Fatmawati. Namun belum juga mencapai titik temu.

Basuki Tjahaja Purnama menghadiri acara buka puasa bersama dengan 1.500 petugas kebersihan DKI Jakarta. Dari jumlah itu, 70 persen adalah penyapu jalan dari 5 wilayah Jakarta. Politisi Partai Gerindra yang karib disapa ahok itu ikut menikmati sajian takjil berupa kolak biji salak, kolak pisang, dan jajanan pasar lainnya.

Ahok berjanji memberikan kesempatan kepada para petugas kebersihan DKI yang tidak memiliki hunian tetap untuk dapat menempati rumah susun (rusun). Pemprov DKI sudah mengeluarkan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk warga kurang mampu, maka sudah saatnya, Pemprov DKI juga menyediakan hunian yang layak.

Seorang petugas kebersihan yang bertugas di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, mengadu kepada Ahok bahwa honor yang ia terima hanya Rp 34 ribu per hari. Padahal ia bekerja selama 12 jam sehari.

20/7/2013
Usai acara, petugas yang berjumlah 1.500 itu kemudian bersiap-siap pulang. Namun, kejadian kurang mengenakkan terjadi. Saat salah seorang penyapu jalan yang bertugas di kawasan Kemayoran tengah diwawancara perihal kesannya akan kegiatan tersebut, tiba-tiba Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat Toga Torop datang dan menghardik si petugas kebersihan.

Bedah Rumah Kumuh

21/7/2013
Warga jakarta yang tinggal di rumah kumuh boleh berbahagia. Sebab Pemprov DKI Jakarta atas instruksi Jokowi dan Ahok akan melakukan bedah rumah kumuh di 5 kotamadya Jakarta 2013 ini.

Berdasarkan data Ikhtiar Hasil Pemeriksaan (IHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) pada semester 2 tahun 2012, Pemprov DKI Jakarta tercatat sebagai provinsi yang menyumbang kerugian negara terbesar ke-4 di Indonesia. Total kerugian itu mencapai Rp 191.112.690.000 dengan 967 jenis kasus.

"Bener emang. Tapi itu 2008-2012 ngitungnya. Jadi saya belum menjabat. Ya saya nggak tahu. Itu masih ribut aja. Kalau baca hal-hal itu, musti secara detail," ujar Jokowi di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2013).

Gubernur Jokowi berniat merevitalisasi Setu Babakan sebagai Cagar Budaya Betawi dengan anggaran sekitar Rp 160 miliar. Nantinya yang akan dibenahi adalah rumah-rumah khas Betawi seperti rumah gudang atau kandang, rumah Kebaya atau Bapang, dan rumah Joglo yang hampir mirip dengan rumah adat Yogyakarta.

Rencana pembangunan 6 ruas jalan tol yang akan diintegrasikan dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta sempat menuai pro dan kontra. Namun, hingga kini Gubernur Jokowi belum juga memutuskan apakah proyek tersebut dipastikan jalan atau tidak.

Ia mengatakan saat ini proyek tersebut masih dalam kalkulasi atau. Maka dari itu, ia lebih memilih fokus pada proyek transportasi massal makro seperti Monorail dan Mass Rapid Transit (MRT) yang akan mulai dibangun.

Jokowi membantah anggapan bahwa dana bantuan dari CSR perusahaan swasta untuk program-program Pemprov DKI sebagai dana siluman. Menurutnya, bantuan CSR yang diterima Pemprov DKI berupa barang atau pelaksanaan program secara langsung. Misalnya pengadaan bangku taman dan penataan PKL.

22/7/2013
2 rumah susun akan kembali dibangun di atas tanah Jakarta. Kali ini giliran lahan di Pasar Rumput dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang bakal digarap sebagai rusun bagi warga bantaran Kali Ciliwung. Gubernur DKI Joko Widodo sudah bertemu muka dengan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz untuk membicarakan rencana pembangunan 2 rusun ini.

Jokowi, mengaku tidak terpengaruh dengan adanya tudingan dari Forum Indonesia Transparansi Anggaran (Fitra) yang menyebutkan dana blusukan yang mencapai Rp 26,6 miliar per tahun merupakan bentuk pemborosan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Jokowi, apa yang dilakukan oleh Fitra salah kaprah, sebab selama ini blusukan yang dilakukannya tidaklah menggunakan anggaran operasional tersebut. Ia pun mengakui kebenaran dana Rp 26,6 miliar tersebut, namun tidak diperuntukkan mendanai kegiatan blusukannya selama ini.

Pemprov DKI sudah melakukan upaya seperti pemberian pin atau tanda pada Satpol PP untuk membantu kinerja Dishub. Namun masyarakat kurang menghargai dengan tidak mengindahkan petugas.

23/7/2013
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui, Jakarta belum layak didaulat sebagai kota layak anak. Karena itulah, pihaknya secara berproses membangun fasilitas-fasilitas umum yang ramah bagi para bocah. Sebagai langkah awal, jokowi akan menjadikan kawasan Jakarta Barat sebagai kawasan ramah Anak. Di sana akan dibangun berbagai fasilitas penunjang bagi Anak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mencium adanya muatan politik di balik membandelnya para PKL Pasar Tanah Abang.

Pria yang akrab disapa Ahok itu menilai, sejumlah pihak di balik PKL ini ingin menjatuhkan nama Gubernur Jokowi yang kian naik elektabilitasnya sebagai capres.

Dengan gaya blusukannya, sosok Jokowi memang berhasil menarik perhatian banyak pihak. Bagi Ahok, gaya Jokowi yang dapat dengan cepat menarik perhatian dan berbaur dengan masyarakat sulit untuk diikuti tokoh-tokoh politik yang berniat maju dalam pilpres 2014.

Gaya blusukan Joko Widodo sempat mendapat sorotan terkait anggaran yang digunakan. Terlepas dari itu, dukungan juga bermunculan untuk gaya blusukan termasuk lewat lagu yang beredar di situs berbagi video youtube.

Banjir kiriman dari Bogor bisa kapan saja menyambangi Jakarta. Saat ini beberapa titik di Jakarta yang dilalui Kali Ciliwung, seperti Kampung Pulo dan Jatinegara kembali dikepung banjir. Jokowi pun mempersilakan warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung untuk pindah secepatnya.

24/7/2013
Kemacetan parah di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara kerap terjadi akibat tingginya volume kendaraan yang tidak diimbangi dengan lebar jalan yang ada. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok yakin, kemacetan dapat teratasi apabila pembangunan tol dalam kota selesai.

Masih ada segelintir oknum pajak yang nakal membuat Jokowi dan Ahok berang. Ahok bahkan mengendus adanya permainan petugas pajak yang mengubah sistem pajak online menjadi manual. Kedua pemimpin Ibukota ini pun mengancam akan memutasi para petugas pajak yang nakal. Tidak tanggung-tanggung, mereka yang nakal akan dipindah ke Dinas Pemakaman DKI dan sejumlah dinas lain.

Gubernur Jokowi mengunjungi pasar murah di Kantor Walikota Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya itu, Jokowi memberikan paket sembako kepada warga yang membelinya dengan harga yang jauh di bawah rata-rata.

Di pasar murah yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta, Gubernur Jokowi membagi-bagikan bingkisan ramadan kepada para anak yatim dan lanjut usia.Di tengah pembagian bingkisan ramadan, Jokowi mengeluarkan tumpukan uang Rp 50 ribu.

Menurut mantan bupati Belitung Timur yang akrab disapa Ahok itu, sewaktu pembagian beban investasi MRT, Joko Widodo meminta pemerintah pusat menanggung lebih banyak. Tetapi pada akhirnya Pemprov DKI menanggung sebesar 51 persen dan pemerintah pusat 49 persen.

Hal tersebut, jelas Ahok, merupakan permintaan Jokowi secara tersirat agar proyek MRT dikerjakan pemerintah pusat jika beban investasi pusat lebih banyak.

Disomasi

Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) melakukan somasi terhadap Wagub DKI Ahok. Somasi dilayangkan karena Ahok mengancam akan memenjarakan pedagang Pasar Tanah Abang yang tetap menolak direlokasi. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun tidak mempermasalahkan ancaman itu.

Ahok tak mau menanggapi somasi atau teguran itu. Dalam somasi itu, APKLI menuntut Ahok dan Jokowi minta maaf karena telah mengancam akan memenjarakan PKL Pasar Tanah Abang yang menolak direlokasi ke Blok G dari pinggir jalan.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menceritakan, seorang rekannya pernah memberi peringatan kepada dia, agar tidak terlalu sering mengeluarkan ancaman. Sebab bisa saja hal itu balik mengancam nyawanya.

Ahok kecewa berat dengan prestasi klub sepakbola kebanggan warga Jakarta, Persija. Ahok menilai manajemen Persija tidak becus mengelola tim.

Jokowi dan Walikota Bandung terpilih Ridwan Kamil sepakat untuk menghentikan perseteruan pendukung Persija yang biasa disebut The Jak dan pendukung Persib, Viking.

Jokowi mengaku malu karena kericuhan tersebut terus terjadi berulang-ulang bila Persija dan Persib bertanding. Ia pun berharap dengan pertemuan yang digagas olehnya Ridwan, dua suporter yang selama ini menjadi musuh bebuyutan tersebut dapat berdamai.

Seorang siswa sekolah tewas tertabrak Metromini 47 rute Senen-Pondok Kopi yang masuk ke jalur Transjakarta di Jalan Raya Pemuda, Jakarta Timur. Penyebab kecelakaan itu diduga karena metro mini maut itu diketahui tidak memiliki rem dan kondisinya tak layak jalan.

Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Wododo atau Jokowi membantah kalau pihaknya membiarkan metro mini tak layak jalan tetap beroperasi. Menurutnya, kesalahan terletak pada masa kepemimpinan sebelumnya yang tak menegakkan aturan dengan tegas.

Ahok menilai perlu adanya penambahan bus-bus baru sebagai sarana angkutan publik. Wacana itu dilontarkan menyusul kecelakaan Metromini yang menewaskan 1 siswi di Rawamangun, Jakarta Timur.

Sebagai upaya untuk memberdayakan unit usaha kecil (UKM) dan PKL Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali membuat terobosan. Kali ini, Jokowi akan menggelar Jakarta Night Market atau Pasar Malam Jakarta di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, para PKL liar yang berdagang di sekitar Pasar Tanah Abang, nantinya akan direlokasi ke Pasar Tanah Abang Blok G setelah dilakukan renovasi di pasar tersebut. Bila para PKL bersedia direlokasi ke blok G, pihaknya akan membebaskan biaya sewa kios sampai batas waktu tertentu.

25/7/2013
Banyak budayawan dan sejarawan yang mengaitkan antara pemimpin di Indonesia dengan ramalan budaya Jawa. Seperti budayawan Rohmad Hadiwijoyo, ia meramal pemimpin atau presiden Indonesia mendatang akan dimenangkan keturunan Kerajaan Mataram.

Menurut Rohmad, Jokowi disinyalir berasal dari keturunan Mataram. Dia juga mengklaim, pemimpin Indonesia akan selalu berasal dari keturunan tiga kerjaaan besar yakni Mataram, Majapahit dan Demak. Karena tiga kerajaan ini sudah mengenal demokrasi sejak puluhan abad sehingga memahami sosok pemimpin yang diidamkan rakyatnya.

Komunitas Pengusaha Anti-Suap (Kupas) memberikan penghargaan kepada 7 tokoh nasional yang dinilai memenuhi karakter integritas bangsa seperti, jujur, penuh tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli. Salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi.

Kegeraman Ahok terhadap LSM Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) yang merilis data blusukan Gubernur Joko Widodo belum juga reda. Kali ini, pria yang karib disapa Ahok itu menantang Fitra untuk membeberkan harta para kepala daerah dan menteri.

26/7/2013
Wakil Ketua DPRD DKI Lulung Lunggana berang kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama yang menduga ada oknum DPRD yang 'bermain' dalam kisruh pedagang kaki lima (PKL) Pasar Tanah Abang. Tokoh Tanah Abang ini mengaku meminta Gubernur Jokowi menegur Ahok untuk tidak sembarangan berbicara. Lulung bahkan menyebut Ahok sakit jiwa.

Ketika dikonfirmasi, Jokowi mengakui hal tersebut. Kepada Lulung, Jokowi mengatakan dirinya tak bisa berbuat apa-apa karena memang sudah tipikal Ahok yang keras dan ceplas-ceplos.

Joko Widodo mengaku tak percaya dengan guratan-guratan pada garis tangan dapat meramal masa depan seseorang. Ia pun tak peduli apakah guratan garis tangan di dua telapak tangannya dapat memprediksi karir masa depan.

"Jangan percaya sama garis tangan. Percaya itu ya dengan takdir Tuhan," ujar Jokowi di kawasan Pluit, Jumat 26 Juli 2013.

28/7/2013

Belum genap setahun menunjukkan kerjanya untuk Ibukota, Jokowi sudah digadang-gadang sebagai calon presiden potensial untuk pilpres 2014. Nama Gubernur DKI Jakarta ini kerap keluar sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi pada beberapa survei.

Tak cuma dielu-elukan di Solo dan Jakarta, kini dukungan untuk menjadi presiden mengalir dari Kalimantan Tengah. Sebenarnya, warga ini menginginkan mantan Walikota Solo itu menjabat sebagai gubernur mereka.

Namun karena di saat bersamaan Jokowi menduduki kursi gubernur di DKI dan tidak mungkin untuk memimpin Kalimantan tengah, maka mereka pun merapat untuk mendukung pria berusia 52 tahun itu sebagai RI 1.

Jokowi dikenal dekat dengan para PKL dan selalu mengedepankan pendekatan persuasif dalam melakukan penataan PKL. Meski demikian, Jokowi juga pernah memenjarakan 4 PKL semasa menjabat Walikota Solo.

Jokowi pun menjelaskan sanksi kurungan tersebut diberikan karena para pedagang dianggap ngelunjak alias kurang ajar dengan melanggar aturan dan kesepakatan yang telah dibuat antara pedagang dan Pemerintah Kota Solo.

Sebanyak 5 perwakilan aksi unjuk rasa Rakyat Jakarta Jahit Mulut (Rajjam) Ahok, yang juga merupakan massa pendukung Wakil Ketua DPRD DKI Lulung Lunggana ditemui langsung oleh Basuki Tjahaja Purnama. Mereka disambut Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akrab disapa Ahok itu di ruang kerjanya di lantai 2, Balaikota DKI Jakarta.

Kepada Ahok, mereka sempat menuding mantan Bupati Belitung Timur itu telah menyebut Lulung tolol dan terlibat sewa-menyewa lapak di tanah abang. Ahok pun heran dan bertanya, pernyataannya yang mana yang dianggap menyinggung Lulung itu.

Marahi Satpol PP

30/7/2013
Seorang pengendara mobil Honda Jazz mengaku-ngaku sebagai anak jenderal agar bisa masuk ke dalam jalur Bus transjakarta rute Pulogadung- Harmoni pagi tadi.

Gubernur Joko Widodo mengaku kecewa melihat suasana di kawasan Pasar Minggu yang sampai saat ini masih semrawut. Terlebih kawasan itu dipenuhi lapak PKL liar yang memenuhi jalan di sekitar pasar dan terminal.

Jokowi semakin kesal karena dalam kunjungan mendadaknya tersebut, dengan mengitari kawasan Pasar Minggu dari dalam mobilnya, ia melihat jajaran Satpol PP yang seharusnya menertibkan para PKL tersebut justru malah santai-santai di atas mobil Patroli.

Kemarahan Jokowi saat melihat petugas Satpol PP membiarkan PKL berjualan di bahu jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dinilai sebagai hal yang wajar. Pasalnya berjualan di pinggir jalan memang dilarang Perda No.8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kerap mengeluarkan sejumlah pernyataan yang kontroversial. Bahkan, penggunaan kata-katanya kerap dinilai tidak sesuai etika.

Ia juga menolak menyebut kata 'Preman'. Menurut dia, kata tersebut kurang disukai masyarakat. Maka dari itu, mantan bupati Belitung Timur itu memilih memakai kata 'Freeman' yang lebih sopan. Sebab, ia tidak menginginkan ada lagi pihak yang tersinggung dengan sebutan tersebut.

Beredar kabar ada oknum yang membekingi PKL di Pasar Tanah Abang. Menanggapi hal ini, Jokowi menyatakan, bila benar ada yang berbuat seperti itu, pihaknya akan menyerahkan langsung ke kepolisian.

Sengkarut PKL Tanah Abang

Pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Nirwono Joga menilai selama ini sengkarut PKL Tanah Abang sudah terjadi sejak lama. Bahkan menurutnya, belum ada satupun Gubernur di Jakarta yang berhasil memindahkan dan menata para PKL di Pasar Tanah Abang.

31/7/2013
Jokowi meminta kepada para jajarannya agar tidak hanya memindahkan para PKL ke Pasar Blok G, namun juga memberikan pembekalan berupa ilmu pemasaran. Hal itu dilakukan agar para PKL betah di pasar yang sedang direnovasi itu.

Tahun 2014, Pemprov DKI akan men-service warga Ibukota yang tak sempat membuat karta tanda penduduk (KTP) elektronik. Sejumlah kendaraan telah disiapkan untuk memproses e-KTP langsung di tempat. Mereka yang sakit dan sibuk sekolah tak perlu ke kantor kelurahan. Justru petugaslah yang akan menjemput data-data warga untuk kebutuhan e-KTP.

Joko Widodo memenuhi janjinya untuk mengunjungi Pasar Tanah Abang. Dia tiba di Tanah Abang Blok G sekitar pukul 15.14 WIB.Sesampainya di lantai 2, tampak lantai kios telah dikeramik. Meski begitu, bau pesing masih menyengat dari sudut-sudut bangunan tersebut. Tak ayal, Jokowi pun beberapa kali menutup hidung.

1/8/2013
Demam Jokowi tak hanya melanda Indonesia. Popularitasnya yang melesat bak meteor juga menjadikan Gubernur DKI Jakarta itu perhatian di mancanegara.

Bahkan sampai dijuluki 'Obama-nya Jakarta'. Setelah 'Obama-nya Jakarta' yang terang-terangan mendambakan sosoknya, harapan yang sama juga disampaikan seorang warga India.

6/8/2013
Untuk kesekian kalinya, kiprah Jokowi dibahas di media luar. Setelah BBC menyebut 'Obamanya Jakarta', The Malay Mail 'Obamanya Jakarta', The Hindu 'Obamanya Jakarta', kini giliran The Star malaysia yang mengulasnya lewat artikel berjudul 'Lessons from tanah abang' edisi 6 Agustus 2013.

Dalam ulasan tersebut, kolumnis Karim Raslan menuliskan bagaimana Jokowi berhasil menangani ruwetnya memindahkan para PKL yang bercokol di Tanah Abang. Cara pamungkas Jokowi, lewat blusukan.

1/8/2013
Ahok mengaku akan mengambil cuti pada hari Jumat 2 Agustus 2013. Cuti sehari itu ia ambil menjelang libur lebaran yang akan jatuh pada 8 Agustus pekan depan.

Jokowi bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan, melepas keberangkatan para peserta mudik Gratis bersama PT Jasa Raharja di Parkir Timur Senayan, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat. Sebanyak 250 bus membawa sekitar 13.500 pemudik ke 44 kota tujuan.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menyempatkan diri naik ke dalam 2 bus untuk menemui para pemudik. Dalam kesempatan itu, ia mengimbau para pemudik agar ketika kembali ke Jakarta tidak membawa sanak-saudara. Sebab, Jakarta sendiri sudah cukup banyak penduduknya.

Jokowi melarang pejabat pemprov DKI Jakarta menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran. Dia telah mengeluarkan surat resmi larangan itu.

Pemrov DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Perhubungan DKI memberikan 3 opsi kepada sopir dan operator metro mini. Salah satunya, perbaikan manajemen internal PT metro mini. Jika tidak dilakukan, maka akan dibentuk manajemen baru.

Apabila tidak berhasil juga menyelesaikan permasalahan internal, maka mereka akan disatukan dalam 1 manajemen di bawah Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) yang sedang proses pengalihan menjadi BUMD.

Metro Mini Kena Tegur

2/8/2013
Bus metro mini di Jakarta, rata-rata sudah berumur 15 hingga 30 tahun, namun, masih saja dioperasikan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mengganti sejumlah bus, baik metro mini maupun Kopaja yang sudah sangat mengkhawatirkan keamanannya.

Sebanyak 40 metro mini akhirnya dikandangkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI. Namun, tidak hanya terfokus pada metro mini, Pemprov DKI Jakarta juga menetapkan kebijakan yang sama terhadap angkutan umum lainnya, seperti Kopaja. Dia pun akan membuat Peraturan Gubernur maupun Peraturan Daerah terkait batas usia angkutan tersebut.

4/8/2013
Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso, mengakui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluhkan kinerja Satpol PP yang kurang maksimal di Pasar Minggu. Saat datang ke Pasar Minggu 4 hari lalu, Jokowi terkejut Satpol PP hanya duduk santai di samping PKL yang berjualan hingga menyebabkan kemacetan.

Hari Minggu, Joko Widodo memilih membagi-bagikan paket sembako kepada warga di Jalan Muara Angke RT 06 RW 01, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Dia didampingi kedua anaknya, Kahiyang Putri dan Kaesang Pangarep

Rumah Susun Marunda di Jakarta Utara saat ini masih dalam tahap renovasi. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokiowi), mengungkapkan di tempat ini akan dibangun area publik bagi warga rusun layaknya kota-kota di luar negeri. Salah satunyan Kota Busan di Korea Selatan.

5/8/2013

Jokowi mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri laporan pengurus Badan Amil zakat Nasional (Baznas).  Laporan ini terkait pengelolaan zakat nasional yang terintegrasi melalui sistem pengelolaan berbasis internet yaitu sistem managemen informasi Baznas (SimBA).

Sebagai seorang muslim yang taat, Jokowi mengeluarkan sebagian harta yang dimilikinya untuk menunaikan zakat. Sebagai kewajiban, pria yang akrab disapa Jokowi ini tak mau menunda pembayaran zakat tersebut.

Lebaran Pertama di Jakarta

Jokowi mengatakan, Pemprov tidak akan menggelar acara apapun pada malam takbiran Idul Fitri 1434 Hijriah. Jokowi pun menganjurkan agar warga tidak melakukan kegiatan takbir keliling. Menurut Jokowi, warga sebaiknya melakukan takbiran di masjid-masjid saja.  

6/8/2013
Lebaran tahun ini menjadi lebaran pertama Jokowi di Jakarta. Namun demikian, gubernur yang akrab disapa Jokowi ini tidak akan melakukan salat Id di Balaikota DKI Jakarta bersama dengan jajarannya.

Jokowi akan melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jokowi tidak menggelar open house di rumah dinasnya.

Usai Open house di Balaikota, Jokowi mendatangi warganya untuk bersilaturahmi dengan mereka. Jokowi akan berkeliling di 5 wilayah kota DKI Jakarta dan juga ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat.

7/8/2013
Ketua RT 14/01 Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Yahya mengaku sudah mendengar kabar Jokowi akan mengunjungi wilayahnya. Untuk itu beberapa persiapan telah dilakukan.

Karena semua sudah disiapkan, warga hanya menyiapkan beberapa makanan kecil yang bisa dicicipi Jokowi seperti kacang goreng dan biji ketapang.

Malam takbir Hari Raya Idul Fitri 1434 H yang ditetapkan Kamis 8 Agustus 2013 besok, dimanfaatkan Joko Widodo untuk mengunjungi kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kegiatan Jokowi di rumah mantan Presiden RI itu tidak ingin diliput media dan hanya bertemu untuk silaturahmi.
 
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung Lunggana menilai Jokowi lebih perhatian terhadap PKL di kawasan Pasar Tanah Abang ketimbang Ahok. Penilaian itu dilontarkan Lulung terkait rencana jokowi bertemu dengan PKL Tanah Abang setelah Lebaran.

8/8/2013
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono serta petinggi negara lainnya hingga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2013).  

Jokowi terlihat khusuk mendengarkan khotbah dari sang khotib Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, rektor IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jokowi terlihat mengenakan peci berwarna hitam dibalut dengan baju koko berwarna putih.

Hari Raya Idul Fitri 1434 H yang jatuh pada Kamis (8/8/2013), merupakan momen lebaran pertama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Ibukota. Jokowi mengaku, bulan Ramadan di ibukota terasa lebih berat dibandingkan di Solo.

Tak ada open house di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Sebaliknya, pria bernama lengkap Joko Widodo itu justru ganti berkunjung ke warga di 5 wilayah, yaitu di Daan Mogot, Pademangan Timur, Cipinang, Jagakarsa, dan Tanah Tinggi. Tetap blusukan saat Lebaran.

Jokowi berpendapat, sudah sepatutnya lah pemimpin yang menemui warga secara langsung untuk bersilaturahmi, terlebih saat momen Lebaran seperti ini. Sebab, sebenarnya pemimpin juga banyak melakukan kesalahan sehingga wajar jika meminta maaf kepada warganya.

Warga Kampung Tanah Tinggi menyambut Jokowi dengan antusias. Mereka berebut untuk bersalaman dengan mantan Walikota Solo, Jawa Tengah ini. Di tempat itu, Jokowi juga membagi-bagikan uang kepada masyarakat. Setelah melakukan 'salam tempel' itu, Jokowi mencicipi hidangan yang disediakan warga

Meski harus berdesak-desakan dan saling dorong, warga tetap saja berusaha mendapatkan THR dari Jokowi.Puluhan anak warga Kampung Utan Bahagia RT 01 RW 04 di Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat, pun langsung menyerbu ke arah mobil dinas Jokowi. Salah satunya seorang bocah 5 tahun yang mencoba masuk ke dalam mobil mantan Walikota Surakarta itu.

Joko Widodo beserta istrinya, Iriana dan kedua anaknya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep mengikuti halal bihalal di Balaikota DKI Jakarta, selepas melaksanakan salat Id di Masjid Istilal.

Bila Jokowi memilih bersilaturahmi bersama warga dengan blusukan saat lebaran, tak demikian dengan wakilnya Ahok. Ia justru memilih Open House di balaikota, menyambut warga yang akan bersilaturahmi dengannya.

Apakah hidangan lebaran kesukaannya Jokowi? "Air putih. Hehehe," ujar Jokowi sambil bercanda.

9/8/2013
Ratusan orang mendatangi Istana Negara. Sang tuan rumah berdiri di singgasananya' menyalami para tamu. Di wilayah lain, justru warga menjadi tuan rumah, disalami oleh pemimpinnya.

Itulah cara berbeda yang dilakukan Presiden sby dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias jokowi merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama rakyatnya. SBY menggelar open house, Jokowi blusukan.

Pada hari ke-2 lebaran, Jokowi mengunjungi Ulujami, Jakarta Selatan, yang menjadi salah satu daerah terendam banjir. Ulujami menjadi salah satu daerah yang terendam banjir karena meluapnya Kali Pesanggrahan.

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan program bedah rumah kumuh di 27 titik di 5 kotamadya Jakarta selama tahun 2013. Gubernur Jokowi menilai program itu akan menguntungkan warga.

10/8/2013
Jokowi menghabiskan waktu untuk menemui sanak saudara dan kerabat saat mudik ke Solo. Dia pun disambut meriah oleh warga yang bertemu dengannya.

Setelah menerima tamu di rumah ibundanya di Jalan Plered Raya, Sumber, Solo, Jokowi melanjutkan agenda keliling Solo dengan mengunjungi sanak saudara dan kerabat. Salah satunya rumah mertuanya sekaligus orang tua sang isteri, Iriana. Di tempat ini, dia pun disambut dengan ucapan selamat lebaran oleh kerabat besar isterinya.

12/8/2013
Senin ini merupakan hari pertama kerja bagi PNS setelah beberapa hari menikmati libur lebaran. Namun para PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta tak akan menemui inspeksi mendadak yang dilakukan Jokowi-Ahok untuk mengecek tingkat kehadiran mereka pada hari pertama bekerja. Momen hari pertama bekerja ini dijadikan ajang bermaaf-maafan.

Jokowi mengungkap persamaan mengatasi PKL Solo dan Tanah Abang. Bagi dia, semua PKL pada dasarnya sama. Hanya saja pendekatannya perlu dilakukan dengan sebaik mungkin, seperti dengan dialog terus-menerus.

Hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, alih-alih melakukan inspeksi mendadak (sidak) kehadiran PNS, Jokowi memilih 'blusukan' ke Jalan Kebon Jati, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pemprov DKI menyiapkan tim sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Kantor Kelurahan Kebon Kacang guna mengantisipasi masih adanya PKL yang menolak relokasi.

Ahok mengatakan, kebijakan tersebut berdasarkan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Sebab selama ini Pemprov DKI kurang tegas dalam menegakkan Perda tersebut. Sehingga selama bertahun-tahun, pemerintah Jakarta hanya seperti 'pagar ayu' yang menunggui para PKL.

13/8/2013
Joko Widodo mengatakan, Pemprov DKI siap melakukan promosi besar-besaran untuk Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Jokowi kembali menyambangi Pasar Tanah Abang Blok G. Kali ini kedatangannya untuk melakukan pengecekan ulang terhadap lokasi tempat relokasi pkl itu.

Dalam kunjungan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, ia juga mengecek lokasi gerbang utama Blok G, pengecatan kios, dan selokan-selokan yang masih tergenang air.

Ahok pun meminta agar pihak-pihak yang memberi tanggapan dan opini terkait relokasi PKL Tanah Abang ini, tidak memberi kesan Pemprov DKI pilih kasih. Sebab, hal itu dapat memicu kesalahpahaman warga terhadap kebijakan pemerintah DKI yang kemudian memperkeruh hubungan keduanya.

14/8/2013
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoperasikan bus tingkat (double decker) pada akhir November 2013 yang diperuntukkan bagi para turis di Ibu Kota. Gubernur Jokowi, bahkan mengaku tak hanya 5 armada bus, bila diminati jumlah bus akan ditambah. Bus yang sedang dalam tender itu ditargetkan tiba di jakarta pada Oktober atau November 2013.

Jokowi bersama KSAD Jenderal TNI Moeldoko mengikuti kegiatan Karya Bakti Skala Besar pembersihan Sungai Ciliwung. Jokowi akan menyiagakan petugas dari Dinas Kebersihan DKI di sepanjang Sungai Ciliwung yang mengaliri Ibukota.

Para petugas itu akan berpatroli mencegah warga yang membuang sampah sembarangan ke badan air. Bagi mereka yang tertangkap basah tengah membuang sampah ke sungai, petugas akan memberikan sanksi tindak pidana ringan (tipiring).

Ahok menyadari PKL menunjang perekonomian di Jakarta. Untuk itu, pihaknya akan berupaya mencari jalan keluar agar PKL dapat tetap mencari nafkah di tempat yang lebih layak. Selain sejumlah pasar, taman-taman kota dipilih sebagai lahan relokasi PKL. Salah satunya yakni taman di Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Ahok meminta pengalihfungsian trotoar itu dihentikan. Demi menertibkan setiap pedagang yang berjualan di pinggiran jalan atau di badan jalan itu. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.