Sukses

Aksi Giman Sindir Amien Rais Jadi Terpopuler

Sindir Amien Rais, Giman berjalan kaki dari Malang-Jakarta. Berita itu menjadi terpopuler selain informasi persiapan pelantikan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Jokowi, Giman tiba di kantor DPP PAN Jakarta. Ia berjalan kaki dari Malang sejak 21 September 2014 untuk menyindir Amien Rais yang dianggap ingkar janji.

Aksi Giman tersebut menjadi salah satu berita terpopuler sepanjang Senin 13 Oktober 2014. Selain itu, ada berita lainnya tentang persiapan pelantikan Jokowi-JK pada 20 Oktober 2014 mendatang.

Berikut kelima berita terpopuler tersebut:

1. Prabowo Diundang ke Pelantikan Jokowi-Jk.

Pimpinan MPR berencana kembali menemui Presiden terpilih Jokowi. Pertemuan itu untuk membicarakan pelantikan Jokowi sebagai presiden pada 20 Oktober mendatang.

Menurut Ketua MPR Zulkifli Hasan, pimpinan MPR juga akan berkunjung ke Presiden SBY dan Wapres Boediono untuk menyampaikan undangann sekaligus silaturahmi pada Rabu 15 Oktober 2014.

Zulkifli menyebutkan pihaknya juga akan mengundang Prabowo Subianto yang menjadi kompetitor Jokowi saat Pilpres 9 Juli lalu. Menurutnya, hal tersebut bisa berdampak positif terhadap penilaian masyarakat, di mana satu sama lain saling berkunjung.

Selengkapnya: Temui Jokowi, MPR Sampaikan Akan Undang Prabowo ke Pelantikan

2. SBY Panggil Panglima TNI dan Kapolri

- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memanggil Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kapolri Jenderal Sutarman ke Kantor Presiden, Jakarta. Selain keduanya, SBY juga memanggil seluruh Kepala Staf Angkatan.

Menurut informasi, pemanggilan ini terkait dengan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK)

Saat dikonfirmasi, kedua petinggi militer dan kepolisian itu belum mau mengatakan ihwal kedatangan mereka ke Kantor Presiden. Namun, baik Panglima TNI maupun Kapolri menegaskan bahwa kondisi keamanan pelantikan Jokowi-JK di DPR akan dalam keadaan kondusif.

Selengkapnya: SBY Panggil Panglima TNI-Kapolri, Bahas Pelantikan Jokowi-JK?

3. Eks Presiden Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi?

Pelantikan Jokowi dan Jusuf Kalla sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2014, dikabarkan akan dihadiri oleh sejumlah mantan presiden Republik Indonesia. Hal tersebut dinilai akan membangun rekonsiliasi di antara tokoh-tokoh politik yang sempat bersitegang.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, para mantan presiden itu sudah diberikan surat undangan untuk menghadiri pelantikan tersebut. Namun menurut dia, hal itu tidak menjamin semua mantan presiden atau tokoh politik itu akan hadir dalam acara pelantikan pada 20 Oktober nanti.

Selengkapnya di sini.

4. Aksi Giman Sindir Amien Rais

Aksi relawan Jokowi, Giman akhirnya berakhir di Kantor DPP PAN Jakarta. Setelah ia berjalan kaki dari Malang menuju Jakarta sejak 21 September 2014 untuk menyindir Amien Rais yang dianggap ingkar janji.

Selain memenuhi nazarnya, pria kelahiran 1976 asal Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang, juga ingin meminta kepada Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais untuk tidak mengumbar janji.

"Saya cuma ingin mengingatkan kepada Pak Amien Rais agar tidak mengumbar suara yang tidak bisa dipenuhinya," ujar Giman di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (13/10/2014).

Rencananya, pria yang biasa berjualan kue putu itu akan bertemu dengan presiden terpilih Jokowi untuk menyampaikan harapannya.

Selengkapnya: Sindir Amien Rais, Giman Si Pejalan Kaki dari Malang Tiba di PAN

5. Abang Megawati Temui Jokowi

Rumah dinas Jokowi di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, disambangi abang dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Guntur Soekarnoputra.

Guntur datang bersama istri menggunakan Marcedez Benz berwarna putih dengan pelat B 59 GS. Dia tiba di kediaman presiden terpilih Jokowi sekitar pukul 18.45 WIB.

Hanya 1 jam saja dia berada di rumah dinas gubernur untuk Jokowi itu. Setelah sekitar 1 jam kemudian, Guntur terlihat beranjak meninggalkan rumah dinas Jokowi. Namun, Guntur enggan memberi tahu tujuannya bertemu Jokowi. Dia berdalih hanya ingin bertemu Jokowi untuk memberikan masukan.

Selengkapnya: Abang Megawati Temui Jokowi di Rumah Dinas Jelang Pelantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.