Sukses

Yogyakarta Gelar Kirab Budaya dan Deklarasi Dukung Jokowi-JK

Liputan6.com, Jakarta Ribuan masyarakat Yogyakarta akan memenuhi Malioboro dengan menggelar Kirab Budaya dan Deklarasi Yogyakarta Istimewa untuk capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla. Tokoh budayawan Kota Gudeg, Butet Kertarajasa, mengatakan kirab budaya tersebut akan digelar hari ini, Selasa siang (24/06/2014), pukul 14.00 WIB.

Peserta akan berjalan mulai dari DPRD DIY sampai Titik Nol KM. Menurut Butet, acara kirab dan deklarasi tersebut untuk membuktikan kekuatan masyarakat non partai yang akan mendukung Jokowi-JK. Berbagai tokoh seperti Gunawan Muhammad juga akan hadir dalam acara tersebut. Termasuk berbagai elemen masyarakat mulai dari akademisi, seniman, tukang becak hingga pedagang.

"Dukungan Jokowi-JK tidak berasal dari partai tapi juga dari seluruh masyarakat luas, di situ mereka mengaktualisasikan diri. Di Titik Nol moga lancar. Gagasan ini sejak awal menunjukkan bahwa ada kekuatan masyarakat sipil non partai yang support Jokowi-JK," kata Butet di Kedai Kebun Senin (23/06/2014).

Butet menjelaskan, selama penyelenggaraan Kirab Budaya dan Deklarasi Yogya Istimewa untuk Jokowi-JK, tidak akan menggunakan atribut partai. Sebab gerakan ini murni dari masyarakat Yogya yang peduli dengan Jokowi-JK.

"Kami tidak membawa atribut partai. Karena kami bukan anggota partai. Sudah ada tempatnya sendiri-sendiri. Ini membuktikan kekuatan sipil. Murni dari gerakan sipil yang baik dan berada pada demokrasi dengan gembira," ujar Butet.

Sementara vokalis Yogya Hip Hop Foundation Marjuki atau Juki mengatakan, kirab budaya dan deklarasi akan diisi Prajurit Bregodho, Angguk, Hadroh, Jathilan, pawai becak dan pentas kesenian di Titik Nol KM. "Kita ulangi lagi menggerakan lapisan akar rumput yang setuju dengan keistimewaan. Jokowi dukung keistimewaan. Kirab Bregodho ada kesenian, termasuk Yogya Hip Hop di akhir acara," ujar Juki. (Mut)