Sukses

Masyarakat Toraja Dukung Jokowi-JK dengan Upacara Adat

Dukungan itu langsung disampaikan kepada Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mendapat dukungan dari Forum Masyarakat Toraja. Dukungan itu langsung disampaikan kepada Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo.

Dalam deklarasi yang digelar di GOR Pulogadung, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (11/6/2014), berbagai acara adat Toraja disuguhkan. Tjahjo sebagai tamu kehormatan diarak dari belakang aula menuju kursi terdepan.

Sekjen PDIP itu lalu diberikan kain khas Toraja sebagai tanda penghormatan dari adat Toraja. Ratusan hadirin yang datang dalam acara ini juga disuguhi Tari Toraja.

Serangkaian acara ada belum berakhir. Sebelum dibacakan deklarasi dukungan, 2 sesepuh Forum Masyarakat Toraja menyampaikan prolog dalam bahasa Toraja Tinggi.

Sesepuh Forum Masayarakat Toraja, Samuel Parantean dalam sambutannya mengatakan, kedekatan dengan sosok Jusuf Kalla menjadi salah satu pertimbangan utama masyarakat Toraja mendukung pasangan nomor urut 2 ini. Selain itu, sosok Jokowi yang merakyat sangat mengena bagi masyarakat Toraja.

"Visi misi Jokowi-JK jelas, prospektif, kostruktif, solutif, progresif, dan kredibel. Selain itu, Vvsi misi bertekad melakukan kebaruan karena dalam sistem lama tidak bisa menyejahterakan Indonesia secata merata," katanya.

"Kerajaan Goa, Bone, Toraja, Makassar memiliki hubungan darah, kekeluargaan, dan berkomitmen. Pak Jusuf Kalla pada 28 Oktober 2006 telah dianugrahi gelar kehormatan oleh tokoh dan pemuda Toraja. Tokoh arif, bijaksana di dalam dan luar negeri," ungkap Samuel.

Karena itu, masyarakat Toraja secara bulat mendukung pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.