Sukses

Jubir Jokowi-JK: Kecil Bukan Berarti Terkucil

Penyampaian ‘Revolusi Mental’ merupakan hal yang akan terus disampaikan pasangan Jokowi–JK pada setiap kunjungan politiknya.

Liputan6.com, Jakarta - Capres Joko Widodo dan Cawapres Jusuf Kalla memulai kampanye politiknya dari ujung timur dan barat Indonesia. Jokowi memulai dari Jayapura, sementara Jusuf Kalla memulai dari Aceh.

Juru bicara Jokowi–JK, Anies Baswedan mengatakan walau keduanya melakukan safari politik secara terpisah, semuanya tetap dilakukan dengan tujuan yang sama. Yakni untuk menyebarkan optimisme agar Indonesia lebih baik.

"Dan juga sebagai upaya untuk merajut kembali tenun kebangsaan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Karena negara ini dibangun tidak hanya untuk menyejahterakan mayoritas, tetapi juga minoritas. Kecil bukan berarti terkucil," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/6/2014).

Mantan Ketua Komite Etik KPK ini juga menyampaikan bahwa penyampaian ‘Revolusi Mental’ merupakan hal yang akan terus disampaikan  pasangan Jokowi–JK pada setiap kunjungan politiknya.

"Kesejahteraan dan peningkatan kualitas manusia adalah fokus utama Pak Jokowi dan Pak JK, semua ini terangkum dalam ‘Revolusi Mental’, inilah yang kita terus sampaikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat melihat jelas bahwa ada pemimpin yang bekerja secara tulus untuk Rakyat," jelas Anies.

Saat mengunjungi Bumi Cendrawasih, Jokowi yang ditemani Ketua Umum PDIP mengatakan alasannya dirinya memilih Jayapura sebagai kota pertama dalam kegiatan safari politiknya. Yakni untuk menunjukkan bentuk perhatiannya sebagai calon presiden Indonesia.

"Indonesia itu terbentang dari Sabang sampai Merauke, bukan hanya pulau Jawa saja, tetapi juga Papua. Saya datang kesini karena saya peduli." jelas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan dirinya adalah calon presiden Indonesia pertama yang melakukan kampanye di Papua.

Dalam kunjungan dua hari ini, mantan Walikota Solo itu menyampaikan fokus utamanya dari Revolusi Mental yaitu meliputi infrastruktur dan pendidikan.

"Papua menyimpan banyak potensi yang dapat digali. Kekayaan alam kita pusatnya di sana (Papua) dan sudah saatnya kita menaruh lebih banyak perhatian kepada mereka," jelas Jokowi.

"Kita bisa mulai dari pembangunan akses dan infrastruktur dan kesetaraan pendidikan untuk anak-anak disana. Mereka yang tinggal di desa juga harus mendapat perlakuan yang sama seperti yang tinggal di kota," imbuhnya.

Sementara cawapres Jusuf Kalla mengunjungi Aceh didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Sebagai salah satu sosok yang dinilai berjasa untuk Aceh, pria yang akrab disapa JK itu mengunjungi Pidie.

"Tempat ini merupakan sumber spirit perjuangan masyarakat Aceh dan Indonesia," jelas JK.

Kunjungan JK kali ini pun mendapatkan dukungan dari Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.