Sukses

Perkuat Koalisi, Hatta Rajasa Temui Akbar Tandjung

Liputan6.com, Jakarta Cawapres Hatta Rajasa sowan ke kediaman Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung di Kebayoran Baru, Jakarta.

Akbar mengakui, kehadiran Hatta untuk mempererat konsolidasi dari pertemuan sebelumnya dengan Prabowo dan mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Hasyim Muzadi.

"Sebelumnya juga sudah datang Prabowo Subianto dan Hasyim Muzadi, dan juga tadi malam hadir juga Pak Mahfud MD. Pertemuan-pertemuan ini tidak lain dalam konsolidasi hubungan," ucap Akbar di kediamannya, Jakarta, Minggu (25/5/2014).

Seperti pantauan Liputan6.com, pertemuan terbuka itu belangsung cair, diwarnai guyonan dari para elite parpol tersebut.

Akbar ditemani kader Golkar lain, di antaranya Mahadi Sinambela, Sri Rejeki, Muspin Dahlan, Dolly Kurniawan Tanjung, dan Afni Ahmad. Tak ketinggalan, Akbar juga didampingi sang istri, Krisnina Maharani.

Sementara Hatta yang tiba sekitar pukul 16.00 WIB itu, datang sendiri, tanpa ditemani pasangan capresnya, Prabowo Subianto dan timsesnya. Hatta hanya ditemani Ketua Asosiasi Pedang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Ali Maksum.

Partai Golkar yang sebelumnya menunjukkan sinyal akan merapat dengan PDIP, ternyata berlabuh ke blok Partai Gerindra. Namun suara Golkar bersayap. Sebagian mendukung Gerindra, sebagian lainnya mendukung Jusuf Kalla, yang kini mendampingi Jokowi dalam Pilpres 9 Juli mendatang.

Golkar yang memperoleh suara tertinggi kedua pada Pileg 9 April lalu yakni 14,75%, tak mampu membentuk poros baru menandingi poros PDIP dan Gerindra.

Rencana berkoalisi dengan Partai Demokrat juga akhirnya pupus. Sebab, kedua partai itu selain tak memiliki calon pasangan yang mampu menandingi capres Jokowi atau Prabowo. (Yus)